Wow ! Realisasi Investasi Hulu Migas Awal 2021 873,2 Juta Dolar AS

670832AA EA26 4DA1 93B0 C013E4614BC7

Jakarta, Extranews —Investasi hulu migas di bulanJanuari 2021 mencatatkan kinerja yang menggembirakan,  dengan realisasi investasi mencapai USD 873,2 juta atau7,05 persen dari target USD 12,38 miliar. Capaianrealisasi investasi ini lebih baik dibandingkan capaianinvestasi pada periode yang sama tahun 2020 yang sebesar USD 767,5 juta atau 5,55 persen dari target.

Realisasi investasi sepanjang bulan Januari 2021 digunakan untuk mendukung kegiatan eksplorasi, antaralain yang dilakukan oleh Pertamina EP, Pertamina Hulu Mahakam, ENI East Sepinggan, Pertamina Hulu Kalimantan Timur dan PHE OSES. Investasi jugadigunakan untuk membiayai kegiatan pengembangan, utamanya untuk membiayai kegiatan pemboran sumurpengembangan seperti yang dilakukan oleh Pertamina Hulu Mahakam, Pertamina Hulu Sanga-Sanga, PHE ONWJ, ENI East Sepinggan, Pertamina Hulu Mahakam, Pertamina EP, Petronas Carigali Ketapang II, Exxon Mobile Cepu Ltd dan BP Tanguh.

Plt. Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Susana Kurniasih di Jakarta, senin 22/2 menyambut baikcapaian ini. Menurutnya, capaian ini merupakan buah dariberbagai persiapan yang dilakukan SKK Migas dan KKKS untuk mengawal agar rencana kegiatan tahun 2021 sejakakhir tahun 2020.

BACA JUGA INI:   Target Produksi 1 Juta Barrel Per Hari Optimis Tercapai

Sejak pembahasan WP&B, SKK Migas terus melakukankoordinasi dengan Kontraktor KKS dengan melakukanpengawasan dan asistensi terhadap rencana-rencanaprogram kerja yang telah disetujui dalam work, program dan budget (W,PnB) 2021. “Kami melihat upayamempercepat pelaksanaan program kerja di KKKS dengan mengupayakan penyelesaian dokumenpendukung pelaksanaan program tahun ini di akhir tahun2020 telah menampakan hasil yang baik, sehinggarealisasi investasi bulan Januari 2021 lebih tinggi secarajumlah maupun prosentasi dibandingkan periode yang sama tahun lalu,” kata Susana.

Kerja keras SKK Migas dan KKKS menyelesaikanprocurement list tahun 2021 di akhir tahun 2020 memberikan dampak positif bagi upaya percepatan proses pengadaan barang dan jasa di tahun ini. Selain itu, jumlahpaket pengadaan terbanyak ada di bulan Januari 2021, sehingga KKKS akan memiliki waktu yang lebih panjanguntuk melaksanakan operasional pengelolaan hulumigas”, ujar Susana.

BACA JUGA INI:   PDAM Lematang Enim Ditagih Kontribusi PAD

Dia menambahkan upaya mengawal investasi hulu migasterus dilakukan dari berbagai aspek termasuk didalamnyaperizinan dan pengadaan barang serta jasa. “Kami berharap dengan tidak ada kendalanya pada proses pengadaan akan memberikan kontribuasi bagipenyerapan investasi yang optimal. Karena investasimembutuhkan dukungan dari berbagai instansi terkait, SKK Migas terus melakukan koordinasi intensif, termasukdengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) agar program kerja 2021 dapat dijalankan sesuai dengantarget yang telah ditetapkan”.

SKK Migas optimis realisasi investasi di tahun 2021 akanlebih baik dibandingkan tahun 2020, seiring terusmembaiknya harga minyak dunia dan optimisme para pelaku usaha terhadap usaha pencegahan Covid-19 sertapelaksanana vaksinasi yang masif diberbagai negaratermasuk di Indonesia, maka iklim usaha hulu migas tahunini akan jauh lebih baik dibandingkan tahun 2020”, pungkas Susan.

Realisasi investasi yang menggembirakan tersebut, berdampak pula pada kelancaran proyek-proyek hulumigas. Dari target proyek hulu migas onstream sebanyak12 (dua belas) proyek di tahun , pada bulan Januari 2021 telah onstream 2 (dua) proyek yaitu proyek KLD ONWJ dengan nilai investasi USD 34 juta dan proyek supply gas ke kilang Pertamina refinery unit 5 Balikpapan dengannilai investasi USD 27 juta. Pada bulan Februari 2021 direncanakan akan onstream proyek West Pangkahdengan nilai investasi USD 46 juta. Rel/fk

BACA JUGA INI:   Herman Deru: Sriwijaya Great Sales, Ajang Pemulihan Ekonomi