Pasang Iklan Murah Meriah

Pj Gubernur Sumsel Kunjungi Sentra Pempek 26 Ilir, Ajak Masyarakat Beli Pempek untuk Oleh-oleh Mudik ke Kampung

Pj Gubernur Sumsel Kunjungi Sentra Pempek 26 Ilir, Ajak Masyarakat Beli Pempek untuk Oleh-oleh Mudik ke Kampung

Palembang, ExtraNews – Menjelang waktu berbuka puasa, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengunjungi Sentra Kampung Pempek 26 Ilir yang berlokasi di Jl Mujahidin Palembang, Senin (1/4/2024).

Fatoni berkesempatan melihat dari dekat aktivitas para pedagang menawarkan dagangan pempek mereka. Terlihat berbagai varian pempek pun dijual, mulai dari pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek adaan, pempek keriting, pempek kulit, dan pendamping lainnya, seperti tekwan, model, lenggang serta mi celor.

Setelah puas berkeliling di sentra pempek, Fatoni mampir ke kedai Pempek Lala. Di sini, Fatoni menyaksikan langung proses pembuatan pempek. Bahkan dirinya juga mencoba membuat sendiri pempek telok kecik.

BACA JUGA INI:   Pemprov Sumsel Lepas Keberangkatan 1.040 Pemudik Gratis Gunakan Kereta Api

Fatoni mengatakan, jika ke Provinsi Sumsel atau Kota Palembang tak akan lengkap jika tidak membawa oleh-oleh pempek. Apalagi menjelang lebaran seperti ini, pempek menjadi pilihan utama pemudik untuk dibawa ke kampung halamannya.

“Kalau ke Sumsel belum lengkap jika belum makan atau bawa oleh-oleh pempek. Maka yang mau mudik kalau mau keluar Palembang atau balik kampung dia pasti akan belanja pempek. Begitu juga tadi masyarakat dari luar tadi, ada dari Kalimantan Barat ada yang dari Jakarta sudah kita lihat sendiri mereka membeli oleh-oleh pempek di sentra pempek ini,” kata Fatoni.

Fatoni mengakui makanan khas Palembang, pempek semakin dikenal baik di pasar kuliner nasional maupun internasional. Oleh sebab itu, dia mengimbau makanan dengan bahan dasar tepung sagu dan ikan ini harus dijaga kelestariannya. Terlebih, pempek ini dapat dinikmati semua kalangan.

BACA JUGA INI:   Pemkab Muba Kirim Tujuh Peserta Untuk Mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator

“Jadi pempek ini kan makanan khas Palembang, khas Sumatera Selatan ini perlu kita lestarikan dan kita jaga Oleh karena itu produksinya terus kita perbaiki. Ini akan terus meningkat permintaannya bukan hanya di dalam negeri saja, tapi juga dari luar,” tandasnya

Selain mengunjungi sentra pempek, Fatoni juga  berkesempatan mengunjungi lokasi penjualan kasur khas  Palembang atau yang sering dikenal masyarakat dengan nama lihab. Tak jauh dari lokasi ini juga terdapat Mi Celor legendaris yang sudah berdiri sejak tahun 1953.

“Nah ini Mi Celor pertama di Kota Palembang, bisa dilihat slogannya ‘Spageti Wong Palembang’,” kata Fatoni. (rel)

BACA JUGA INI:   Gelar Salat Istisqa, Pj Gubernur Sumsel: Kita Berdoa Agar Diturunkan Hujan yang Berkah