oleh

Cirebon – Kota Permata di Semenanjung Pantai Utara (1) #AgungTravelBlog

Cirebon adalah salah satu kota besar yang berada di propinsi jawa barat, ia mempunyai wilayah yang terbentang dari wilayah pantai utara sampai wilayah bagian kaki gunung Ciremai berbatasan dengan kota kuningan dan majalengka. Sebagian besar wilayah Cirebon terdiri dari pesisir pantai, karena hal tersebutlah menyebabkan suhu udara di wilayah kota Cirebon menjadi panas (lumayan buat itemin kulit). Banyak ragam yang menarik di kota ini, dari kultur keunikan budayanya, masyarakat-masyarakatnya yang ramah dan menarik, keaneka ragaman kuliner yang khas dan tentunya kekhasan lanskap kotanya yang menarik.
Lanskap Gunung Ciremai pada saat senja dari kota Cirebon

Kalian para pelancong yang suka hal-hal tertentu ada disini semuanya. Kalian yang tertarik dengan ragam budaya, wisata belanja, wisata kuliner, wisata alam dan tentunya bagi kalian para pencinta fotografi menjadi agenda wajib untuk berkunjung ke kota ini.

Cirebon adalah salah satu kota yang menganut sistem kerajaan jadi tentu saja mereka memiliki seorang Sultan.Walaupun Begitu kepala daerah kota ini bukanlah seorang sultan, tapi sultan menjadi tokoh yang centraloleh masyarakat Cirebon sebagai pemimpin, contoh serta menjadi panutan mereka. Ada beberapa keraton yang terdapat dikota ini, yang paling terkenal adalah Keraton Kasepuhan dan Keraton Kanomanan. Keraton yang terbesar adalah Keraton Kanomanan, terdiri dari keraton lama dan keraton baru. Keraton lama dibangun oleh Sunan Kali Jaga lalu diperluas dan diperbaiki oleh Sultan Kasepuhan Cirebon sendiri, tapi bangunan lama tidak rubah dan dilestarikan sampai saat ini hingga Keraton lama dan Keraton baru bersandingan dalam komplek wilayah yang sama.
 

   Patung Dua Singa peninggalan Keraton Kasepuhan Cirebon

Didalam komplek Keraton Kasepuhan terdapat berbagai macam peninggalan Keraton Kasepuhan Cirebon diantaranya Kereta Singa Barong, Meriam Lama  ataupun tekstur bangunan yang unik peninggalan zaman dulu dan masih banyak barang-barang unik yang lain.  Didalam istana terdapat singgana dan ruang pertemuan sultan dengan pejabat-pejabatnya yang lain, berjejer rapid an terawat baik diruangan tersebut.
Kereta Singa Barong, Keraton Kasepuhan Cirebon




Dihalaman Keraton Kasepuhan terdapat alun-alun yang berhubungan langsung dengan Masjid Agung Cirebon, peninggalan Sunan Kali Jaga. Dalam acara tertentu alun-alun keraton tersebut diisi oleh acara festival misalnya pada saat 1 muharram  akan diadakan festival di alun-alun keraton, dan  tempat tersebut akan sangat ramai oleh masyarakat disana. Dan juga pada hari besar islam lainya tempat tersebut juga ramai dikunjungi misalnya maulud nabi (maulid Nabi Muhammad SAW) , Isra Mi’raj dll.
  


Sangat menyenangkan menjelajahi kota ini seharian, walaupun tidak cukup karena wilayah kota yang begitu luas. Saya berkunjung ke daerah kerajinan Batik Trusmi yang bertempat di jalan Trusmi, disana berjejer pengrajin batik yang sangat khas dari daerah Cirebon. Jika anda beruntung anda juga bisa melihat proses pembuatan batik tersebut, anda juga bisa membeli dari pengrajin ataupun dari toko-toko yang berada disekitaran Jalan Trusmi. Soal harga dan kualitas anda bisa bertanya langsung dengan sipengrajin atau si penjual (saya lemah akan hal ini haha..)
Pembatik Cirebon

Secara sejarah Cirebon masih satu silisah dengan kerajaan di Jogja, Cirebon adalah pecahan dari kerajaan Yogyakarta, di Cirebon sendiri kerjaan ini terpecah menjadi beberapa keraajaan di wilayah kota Cirebon.

Komentar