oleh

Cirebon – Permata di Semenanjung Pantai Utara (2) #AgungTravelBlog

  Buroq salah satu keunikan ragam budaya Cirebon
Cirebon memiliki ragam budaya yang sangat menarik diantaranya sangat kental akan kisah nabi Muhammad SAW pada zaman dulu, yaitu kisah Isra’ dan Mi’rajnya nabi Muhammad SAW. Dalam kisahnya nabi Muhammad melakukan Isra’ dan Mi’raj mengendari suatu kendaraan (makhluk) yang dalam riwayat disebut Buroq. Hewan yang bergerak secepat kilat dan mampu untuk terbang sangat cepat, mengantarkan nabi hingga mampu berkomunikasi dengan ALLAH SWT walaupun masih ada hisab diantaraNya. Masyarakat Cirebon menggambarkan hewan tersebut sebagai wujud yang unik, berkepala manusia(atau mungkin bidadari karena cantik parasnya.hehe..), berbadan kuda berkaki harimau dan bersayap. Buroq ditampilkan pada acara-acara tertentu, misalnya Khitanan, Nikahan, Pesta Rakyat atau acara-acara besar Islam (Idul Fitri, Idul Adha, Maulid Nabi, Isra’ Mi’raj dll).
Buroq akan diiringi musik lalu digiring mengelilingi kampong, dengan bantuan orang yang ada didalamnya (seperti ondel-ondel), lalu bagi anak kecil yang ingin naik diatasnya akan dikenakan biaya sesuai yang diminta (enggak mahal banget kok paling buat beli rokok 2 batang.. hehehe) bisa juga gratis jika ditanggap (dicarter) oleh yang punya hajat.
Pawai Obor oleh anak-anak remaja saat malam takbiran (1 Syawal)
Salah satu uniknya masyarakat Cirebon, mereka menyambut 1 Syawal (Idul Fitri) dengan sangat suka ria. Kalau ingin tahu bagaimana ramenya kota Cirebon datanglah pada saat malam 1 Syawal, maka masyarakat akan tumpah ruah dijalanan. Bukan sekedar hanya takbirannya saja tapi akan digelar pawai-pawai dengan lampu-lampu lilin yang unik atau biasa disebut pawai obor, dan dihiasi dengan lampu jalanan yang berwarna-warni juga boneka-boneka serta hiasa-hiasan yang lucu dan tentunya sangat menarik untuk difoto dan dinikmati (tapi malam hari, agak susah untuk mengambil gambar karena kamera saya masih pemula, hehehe…)
Yah bukan hanya pawai-pawai tersebut, tentunya ada primadona kita sang Buroq yang ikut nimbrung, wah pokoknya akan sangat ramai dijalan-jalanan kampung-kampung, kota-kota bahkan dipelosok. Hal ini sangat menarik untuk disaksikan.
Masyarakat yang sedang menyaksikan 
Pawai Malam Takbiran di Kota Cirebon

Anda akan dibuat takjub budaya yang mereka punya dijaga dengan sangat konsisten, dan itu menjadi daya tarik yang luar biasa bagi mereka. Saya pun berdecak kagum betapa tempat ini luar biasa, seperti permata yang terdampat disemenanjung pantai utara Jawa Barat.
  Ke Cirebon enggak mencoba kulinernya maka anda akan menyesal sekali, karena begitu banyak makanan yang khas dari kota ini. Antaranya yang paling terkenal Empal Gentong berbahan dasar daging atau jeroan yang direbus dalam  kuah santan dan bumbu mempunyai aroma rempah-rempah yang kuat juga rasa yang gurih bisa ditemani oleh nasi ataupun ketupat. Ada juga Tahu Petis, tahu yang digoreng lalu ditaburi garam dan dicocol dengan saus petis udang yang rasa petisnya lumayan kuat. Juga ada Coel, sayuran yang dicampur adukdengan ulekan sambal kacang tanah, cabai, terasi goreng, garam yang rasanya sangat pedas (sumpah pedes banget, jangan pesen yang pedes kalau ga kuat pedes haha…).
Sate Beber
Dan satu lagi yang terkenal Nasi Jamblang dan Nasi Lengko. Nasi Jamblangadalah  nasi yang  dibungkus dengan kayu jati, lauknya silahkan pilih sendiri ada berbagai macam lauk seperti semur tempe, telur, ikan, sambal goreng dll. Sedangkan Nasi Lengkoadalah nasi yang dicampur dengan tempe goreng yang sudah diiris-iris, telur yang diiris-iris juga dan toge yang dicampur dengan kecap (kadang kalau ingin rasanya pedas, kecapnya diulek dulu pake cabe.. kebayang dah pedesnya… haha…). Jika anda sedikit mendekati Kota Kuningan maka anda sudi untuk mampir di Warung Sate Beber, terletak diantara raya Cirebon dan Kuningan, sate yang yang dibakar lalu dengan bumbu yang unik, kecap yang dicampur dengan kacang tanah yang diulek kasar.
Pesona Cirebon sangat amat menarik untuk dinikmati oleh para pelancong, dan pastinya anda tidak akan menyesal untuk menjelajah kota ini karena sangat sungguh sangat mengesankan untuk dinikmati. Bagaikan permata indah yang belum terjamah dengan baik, Banyak tempat menarik di Indonesia yang pastinya anda belum mengetahui, jadi kenalilah negara kita sendiri. Mengenal lebih jauh pesona negara kita, anda pasti akan mencintainya. Jangan berkutat hanya dengan mol metropolitan lainya anda enggak akan melihat dengan pendangan yang luas… Lets Travelling ^^v
Berita Terkait!:   4 Tren Traveling yang akan Booming di 2021, Apa saja Ya?

Komentar