Pasang Iklan Murah Meriah

Website Tentang Sejarah Palembag segera Terwujud

WhatsApp Image 2020 07 07 at 18.37.00
Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam yang berada di Jalan Sultan Muhammad Mansyur nomor 776, 32 Ilir Palembang, Selasa (7/7) kedatangan dari pihak Universitas Sriwijaya (Unsri).

Palembang,Extranews-Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam yang berada di Jalan Sultan Muhammad Mansyur nomor 776, 32 Ilir Palembang, Selasa (7/7) kedatangan dari pihak Universitas Sriwijaya (Unsri).Kedatangan pihak Unsri di wakili Adhit selaku Dosen Pendidikan Sejarah Unsri bersama Helen (Mahasiswa S2 Sejarah UGM), Dea (Mahasiswa S2 Pend. Sejarah UNJ) dan Sandra (Guru Sejarah SMA Srijaya Negara).

Dan disambut oleh Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Djayo Wikramo R.M. Fauwaz Diradja S.H. M.Kn. dan jajaran Kesultanan Palembang Darussalam yaitu Raden Zainal Abidin Rahman Dato’ Pangeran Puspo Kesumo dan R.M.Rasyid Tohir,S.H Dato’ Pangeran Nato Tasyid Tohir.

BACA JUGA INI:   Mengenang Jasa BJ Habibie ‘Bapak Kemerdekaan Pers’ PWI Sumsel Berdoa dan FGD

Menurut Adhit selaku Dosen Pendidikan Sejarah Unsri mengatakan, yang datang hari ini adalah beberapa perwakilan dari: Helen (Mahasiswa S2 Sejarah UGM), Dea (Mahasiswa S2 Pend. Sejarah UNJ) dan Sandra (Guru Sejarah SMA Srijaya Negara).

“Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk menjalin silaturrahmi dengan Kesultanan Palembang Darussalam serta untuk mempelajari dan meneliti sejarah, budaya, adat istiadat dan tradisi Palembang yang dinilainya sangat bagus untuk mengenalkan sejarah Palembang agar diketahui para generansi saat ini,” katanya.

Adhit menambahkan, bahwa rencana hasil dari pertemuan ini nantinya akan dibuat sebuah web tentang sejarah Palembang dan nantinya akan selalu menggali informasi lagi mengenai Kesultanan Palembang. Dalam kesempatan tersebut Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Djayo Wikramo R.M. Fauwaz Diradja S.H. M.Kn juga menjelaskan sejarah Kesultanan Palembang Darussalam, dari sebelum pendirian hingga saat ini. Selain itu dalam pertemuan ini berbicara mengenai tentang identitas palembang.

BACA JUGA INI:   Persis Dukung dan Apresiasi Kedekatan Jenderal Dudung dengan Pesantren Tebuireng

“Kita harus menghidupkan budaya Palembang dengan mengenalkan budaya Palembang kepada generasi muda agar bisa mengenal identitas kita,” katanya.

SMB IV juga sempat menunjukan beberapa benda pusaka peninggalan Sultan Mahmud Badaruddin II. Diantara benda peninggalannya yaitu: Al-Quran berlapis emas yang berusia ratusan tahun peninggalan Sultan Mahmud Badaruddin II, Silsilah Sultan Palembang, Stempel Kesultanan Palembang, Sketsa Perkampungan SMB II di Ternate, keris Palembang dan beberapa literatur lainnya.mdo