oleh

Gunung Pulosari

Ucapan Terimakasih atas suksesnya HPN dan HUT PWI Sumsel ke 75
Bentuk Gunung Pulosari
Gunung Pulosari terletak di daerah Pandeglang, gunung ini paling populer di Daerah Provinsi Banten. Kepopuleran gunung ini juga sampai ke para peneliti sejarah, karena sempat ditemukan Arca yang berkaitan dengan sejarah Banten dan Kerajaan Sunda. 
Gunung ini memiliki ketinggian 1346 Mdpl, dan memiliki track pendakian yang cukup curam. Butuh latihan yang cukup untuk mencapai puncak gunung, karena pendaki akan menemukan tanjakan yang tidak ada habisnya. Sepanjang track awal akan dihadapkan dengan tanjakan yang cukup panjang, sampai melewati Air Tejun (curug Putri) setelah itu track menanjak yang panjang akan menanti sampai Pos Kawah.
Punti Masuk Curug Putri dan Gunung Pulosari
Kawah Gunung Pulosari adalah spot camping yang paling nyaman, karena memiliki area yang luas dan aman. Pilihan camp lain adalah di Puncak Gunung Pulosari, walau sering penuh karena hanya memiliki area yang kecil. Masalah sumber mata air, perlu kalian ketahui bahwa di Gunung Pulosari tidak ada sumber mata air yang bisa digunakan. Satu-satunya sumber air adalah dari Curug Putri, yang jaraknya 1-2 jam dari Camp Kawah, dan ini butuh perjuangan karena track yang aduhai.
Gunung ini terkait atau ada hubunganya dengan sejarah Banten dan Kerajaan Sunda, karena sempat ditemukan Arca Caringin di dekat Kawah Gunung Pulosari. Banyak mitos yang berkembang di Gunung ini, karena ditemukanya Arca Caringin ini, walau mitos tersebut belum dipastikan kebenaranya.
Camp Kawah di Gunung Pulosari
Biaya retribusi Gunung ini saat itu sebesar Rp.10.000,-, biaya yang cukup murah karena memang tidak banyak fasilitas yang bisa di dapatkan dari pengelola Gunung ini. Terdapat warung-warung yang bisa dijumpai di pintu masuk Gunung, karena memang ini adalah tempat wisata Curug Putri. Jadi tidak masalah kalau kalian belanja logistik di Warung-Warung setempat.
Track di mulai dari Pintu Gerbang, track menanjak sampai kalian menemukan Curug Putri. Setelah Curug Putri kalian akan dihadapkan dengan track yang lebih menanjak sampai lokasi Camp Kawah Gunung Pulosari, disini kalian boleh memilih apakah mau camp di Kawah atau memilih camp di Puncak Gunung Pulosari. Dari Kawah menuju puncak membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam, dengan track menanjak lagi yang tidak ada bonusnya. Setelah sampai puncak pemandangan akan terbuka, ada beberapa alat penghitung gempa dan cuaca.
Pemandangan dari Gunung Pulosari
Dari puncak Gunung Pulosari kalian bisa melihat pemandangan yang cantik, ada terdapat gunung juga tepat di depan Gunung Pulosariyaitu Gunung Karang dan barisan bukit disekitarnya. Pemandangan terbuka karena tidak ada pohon tinggi yang tumbuh di Puncak Gunung Pulosari, suhu tidak terlalu dingin karena masih terletak dibawah 2000 Mdpl.
Tips Mendaki Pulo Sari:
  • Mendaki di Musim Kemarau, Jangan saat musim hujan karena track akan menjadi berlumpur dan licin.
  • Penuhi cadangan air di Curug Putri, karena itu satu-satunya sumber mata air bersih yang bisa diperoleh di Gunung ini
  • Lokasi terbaik ada di Kawah Gunung Pulosari.
  • Persiapan latihan fisik yang mumpuni, karena track cukup berat apalagi bagi pemula.
  • Angkot lebih baik carter dari terminal sampai Basecamp Gunung Pulosari.
Sekian informasi tentang Gunung Pulosari, semoga bermanfaat. Selamat Mendaki.

Sedikit Dokumentasi 
Plang arah
Kawah Gunung Pulosari, Jangan terlalu dekat dan terlalu lama dengan asap belerangnya.

Pemandangan dari Puncak Gunung.

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya