oleh

Pol PP Harus Tegas dan Profesional dalam Penegakan Perda

 

Muara Enim, Extranews – Menjadi garda tedepan dalam menegakan Peraturan Daerah (Perda) serta menyelenggarakan ketertiban umum, ketentraman maupun pelindungan terhadap masyarakat, merupakan tugas pokok dan tanggung jawab yang harus dijalankan dari setiap Angota Polisi Pamong Praja (Pol PP).
Untuk itu personil Angota Polisi Pamong Praja (Pol PP) dituntut harus mampu bersikap tegas dan profesional dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Penegasan itu disampaikan Pj Bupati Muara Enim Kurniawan AP MSi, usai memimpin upacara bendera dilaksanakan di Halaman kantor Pol PP Kabupaten Muara Enim, Senin (1/8/2022).

Dalam upacara tersebut turut hadir Kepala Satuan Pol PP Musadek SIP MSi, Kepala Badan BKPSDM Harson Sunardi SAP MSi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ir Kurmin MSi, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Ardian Arifanardi AP MSi, Kepala Kantor Inspektorat kabupaten Muara Enim Suhermansyah ST MEng.

“Maka dari itu, Satpol PP harus terus melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Lakukan tugas dengan tegas dan profesional,” pesan Kurniawan.

Lanjutnya, Satpol PP memang harus tegas dalam menghadapi masyarakat untuk menegakkan perda. Namun, Kurniwan menggarisbawahi, tegas tidak boleh diartikan bersuara keras atau bahkan bertindak kasar. Tegas bisa dilakukan dengan santun dalam bersuara dan bersikap.

“Maka terapkanlah pendekatan kultural agar lebih simpatik. Artinya, pendekatan humanisme itu mesti dilakukan agar pelayanan kepada masyarakat betul-betul dapat dirasakan secara baik dan terasa sangat kekeluargaan,”jelasnya.

Orang nomor satu di Bumi Serasan Sekundang ini, menerangkan selain untuk memperkuat persatuan dan kesatuan, bahwa upacara bendera yang rutin dilakukan pada setiap hari Senin tersebut, merupakan upaya pendisiplinan kepada seluruh personel agar memiliki rasa kekompakan dan kebersamaan yang kuat antar anggota.

Selain itu juga, Kurniawan juga menilai bahwa upacara yang juga menghadirkan Anggota Pol PP pada masing-masing kecamatan diharapkan mampu menjadi ajang silahturahmi bersama pimpinan dan momentum untuk memberikan laporan situasi dan perkembangan pada masing-masing tempat ditugaskan.

Lebih lanjut, Pj Bupati berharap Anggota Pol PP dapat terus memperbaiki sikap mental dan kesigapan dalam menjalankan tugas, sehingga dapat menghasilkan praja wibawa yang profesional dan berkarakter dalam mengawal dan melakukan penegakan Perda serta mampu menjadi pengayom masyarakat. (nur)

 

Komentar