Pasang Iklan Murah Meriah

Dua Ribu Paket Beras Murah Diserbu Warga

Dua Ribu Paket Beras Murah Diserbu Warga

PALEMBANG, ExtraNews – Ratusan warga di wilayah Kecamatan Sako Palembang, Senin (12/12/2022) pagi memenuhi halaman kantor camat setempat.

“Mereka mengantri dengan tertib sejak pukul 07.00 Wib guna mendapatkan pembelian beras murah operasi pasar yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Perdagangan yang secara langsung dibagikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Ratu Dewa.

Ratu Dewa mengatakan, penjualan beras murah ini, merujuk dari  Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 140/PMK.07/2022 tentang Dana Insentif Daerah (DID).

” Ya kegiatan ini didasari oleh peraturan menteri yang bertujuan sebagai sebagai upaya pengendalian inflasi khususnya di Kota Palembang. Selain itu juga Dana Insentif Daerah (DID),” kata Ratu Dewa.

BACA JUGA INI:   Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Sumsel Tahun 2023 Tertinggi Kedua di Pulau Sumatera

DID sendiri, ungkap Ratu Dewa sebagai bemtuk penghargaan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah, guna mendukung  percepatan pemulihan ekonomi daerah dalam upaya penurunan inflasi.

“Sebagai tindak lanjut atas arahan Presiden Republik Indonesia yang mengajak semua pihak untuk bersatu dalam menangani inflasi, karena saat ini inflasi merupakan momok setiap negara,”katanya.

Dewa merincikan, berdasarkan data BPS, komoditas penyebab inflasi adalah bensin, beras dan tarif ojol, maka dari itu, maka dari itu Pemerintah Kota Palembang dipandang perlu melakukan percepatan penanganan dampak Inflasi melalui operasi beras murah.

“Dengan tujuan membantu masyarakat yang terkena dampak dari kenaikan BBM yang diharapkan dapat menstabilkan harga beras dalam upaya menekan kenaikan inflasi Kota Palembang,” tegasnya.

BACA JUGA INI:   PWI Sumsel Peduli Bagikan Paket Sembako

Ditempat yang sama,Kepala Dinas Perdagangan Pemerintah Kota Palembang Raimon Lauri menambahkan jika kegiatan ini akan dilaksanakan di 18 Kecamatan.

“Untuk Kecamatan  Saki sendiri quota beras yang disediakan sekitar 20 ton atau 2 ribu paket kemasan dan ini harus didistribusikan habis dalam satu hari,” katanya.

Hari berikutnya, operasi pasar murah, akan menyasar Kecamatan Ilir Barat 1.

“Mengenai total beras yang disediakan akan disesuaikan dengan kebutuhan,”tambahnya.

Bagaiamana cara untuk mendapatakan beras murah ini, warga katanya hanya menunjukan  KTP dan KK saja. (Tomy)

BACA JUGA INI:   Pertama di Indonesia, Pj Gubernur Sumsel Hadiri Rakor Kominda, KPU dan Bawaslu Bahas Kesiapan Pemilu 2024