oleh

Aplikasi SISTER Support Integrasi Satu Data

Aplikasi SISTER Dukung Integrasi Satu Data
Muara Enim -Extranews
Pemerintah Kabupaten Muara Enim berkomitmen membangun ekosistem data yang terintegrasi lewat penerapan aplikasi SISTER (Statistik Sektoral Terintegrasi).

Komitmen tersebut dituangkan dengan mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Aplikasi SISTER Tahun 2021 Kabupaten Muara Enim yang berlangsung di Ruang Rapat Pangripta Nusantara Kantor Bappeda Muara Enim, Kamis (8/4).
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Muara Enim (Diskominfo), Ardian Arifanardi, mengatakan Bimtek Pengelolaan Aplikasi SISTER ini dilaksanakan guna mendukung Pembangunan Sistem Data Statistik Sektoral yang baik dan terintergrasi untuk terwujudnya Satu Data Indonesia. “Tujuan utamanya dalam rangka mendukung Pembangunan Sistem Data Statistik Sektoral yang baik dan terintergrasi untuk terwujudnya Satu Data Indonesia,”tuturnya.

Bagus DiBaca Juga:   Resep Bebek Special Ala Rumah Makan

 

Dijelaskannya, pemerintah Daerah selaku penyelenggara Statistik Sektoral harus berperan serta dalam mewujudkan data Statistik Sektoral yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggung jawabkan, serta mudah diakses dan dibagi pakaikan melalui Aplikasi SISTER.

 

Lebih lanjut dirinya menerangkan, sesuai dengan amanat UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, keberadaan Aplikasi SISTER sebagai sarana Satu Data Kabupaten Muara Enim.
“Tentunya masyarakat yang akan lebih mudah memperoleh informasi berupa data yang dibutuhkan serta menjadi pedoman pengelolaan dan pelayanan informasi dan dokumentasi,”ungkapnya.

 

Untuk itu, mengingat pentingnya Aplikasi SISTER ini sebagai sarana keterbukaan informasi satu data dan sebagai wadah penyimpanan dokumentasi data dari masing-masing instansi diharapkan kerjasama yang baik antar Pejabat Pengelola Kabupaten Muara Enim yang dalam hal ini tanggungjawabnya berada di Dinas Komunikasi dan Informatika dan seluruh Pejabat Penghubung / Administrator / Operator Aplikasi SISTER yang ada di Perangkat Daerah.

Bagus DiBaca Juga:   Resep Tahu Crispy Yang Kriuk Kress

 

“Mereka diharap mampuh dalam mengelola data statistik sektoral dari masing-masing instansi secara sederhana, cepat, tepat, tuntas dan terkoordinasi guna memberikan pelayanan yang lebih baik untuk masyarakat sesuai dengan visi Kabupaten Muara Enim #MERAKYAT Muara Enim untuk Rakyat yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera,”jelasnya.NH

 

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya