oleh

Wisata Pare Kediri Kampung Inggris

-Berita-336 views
Ucapan Terimakasih atas suksesnya HPN dan HUT PWI Sumsel ke 75
Kampung Inggris adalah tempat yang cukup familiar oleh para pelajar, terlebih pelajar dan mahasiswa dari Jawa Timur. Kampung Inggris adalah tempat belajar untuk kemampuan bahasa, sebenarnya bukan hanya bahasa Inggris tapi bahasa lain juga ada: Bahasa Arab, Jepang, Korea, Jerman dll. Bahasa Inggris adalah bahasa yang populer dipelajari disini, tidak aneh lagi jika di jalan-jalan desa semua pelajar dan masyarakat biasa berbahasa Inggris dalam segala situasi percakapan.
Berpose di Monumen Simpang Lima Gumul
Disamping belajar kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah jalan-jalan ke tempat wisata, karena memang di Kota Kediri ini cukup banyak destinasi wisata terlebih Kediri dekat dengan kota-kota wisata lainya. Berikut adalah beberapa tempat wisata
1.       Taman Kilisuci
Taman Kilisuci adalah taman kota yang terletak dekat dengan wilayah Kampung Inggris disamping masjid An Nur Pare, cukup naik sepeda 10-15 menit kalian akan sampai di Taman Kota ini. Fasilitasnya ada area parkir kendaraan, mushola dan masih banyak lagi, taman ini cocok untuk menghabiskan waktu sore hari saat libur, terlebih untuk anak-anak karena ada beberapa fasilitas permainan anak-anak disini.
2.       Simpang Lima Gumul
Tempat ini sebenarnya adalah persimpangan besar yang ada di Kota Kediri, simpang ini adalah pertemuan lima daerah Kediri: Gampengrejo, Pagu, Pare, Pesantren dan Posoklaten. Monumen ini memiliki luas 804 meter, terdiri dari 6 laintai dan memiliki jalan bawah tanah yang menghubungkan antara tempat parkir kendaraan dengan wilayah area Monumen Simpang Lima Gumul. Monumen ini menjadi simbol kebanggaan masyarakat Kediri dan menjadi destinasi favorit pelancong dari Kota-Kota Lain.
Gua Selomangleng
3.       Gua Selomangleng.
Salah satu tempat paling banyak dan ramai dikunjungi oleh para pelancong, karena tidak terlalu jauh dari Kota Kediri dan syarat akan sejarah. Gua ini dipercaya sebagai tempat mengasingkan diri untuk bertapa Dewi Kilisuci yang merupakan putri dari Raja Erlangga yang menolak tahta kerajaan yang diwariskan kepadanya. Beberapa relief terukir di sekitar gua dan di dalam gua, aura mistis sangat terasa di dalam gua.
Pintu Masuk Gua Surowono
4.       Gua Surowono
Tempat ini bisa diakses dari Pare dengan sepeda atau dengan kendaraan bermotor, tidak terlalu jauh hanya sekitar 30 menit dengan sepeda dan kurang dari 10 menit dengan kendaraan bermotor. Gua Surowono merupakan lorong bawah tanah dengan sungai yang mengalir jernih dibawahnya, konon ini adalah kanal bagian dari Candi Surowono. Pengunjung bisa menelusuri gua sejauh 50 – 60 meter, membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Kalian akan merasakan dinginya air sambil merasakan sensasi menelusuri gua  yang sempit dan gelap, diujung gua kalian akan dipaksa untuk merangkak dan berenang untuk melewati gua.
5.       Jalan Yos Sudarso
Mengunjungi Kediri tidak lengkap kalau tidak mencoba kulinernya, salah satu tempat memperolehnya ada di jalan Yos Sudarso Kota Kediri. Ada satu olahan kedelai yang sangat terkenal disini yaitu Tahu Takwa, tahu berwarna kuning yang bisa dibawa untuk oleh-oleh dari Kediri. Tempat kuliner lain yang ada di kota Kediri antara lain, Soto Depot Podjok, Nasi Pecel Tumang Kediri, Soto Bok Ijo, Gethuk Pisang Kediri, Sate Emprit, dan Sate Bekicot Kediri.
6.       Candi Surawana (Surowono)
Candi ini terletak di Desa Canggu, 25 km dari kota Kediri, dari Kampung Inggris kalian bisa naik sepeda 30 menit kalau dengan kendaraan bermotor sekitar 15 menitan. Candi ini tidak terlalu besar, 8 x8 m2 , dikelilingi tanaman yang asri dan adem. Disamping belajar sejarah, kalian juga bisa berfoto dengan relief-relief yang unik disekitar Candi Surowono.
Berfoto dengan Candi Tegowangi
7.       Candi Tegowangi
Candi yang lumayan jauh dari Kampung Inggris, kalian bisa mengendarai sepeda 40 menit atau 15 menit dengan kendaraan bermotor. Candi ini memiliki area yang lebih besar dibanding Candi Surowono dan memiliki tempat yang lebih asri dan lebih rapih. Tidak hanya satu candi, tapi ada sekitar 3 candi ada candi Utama yang besar, ada candi-candi yang kecil dan arca disekitar Candi.
8.       Kediri Water Park
Sebenarnya ini adalah wisata yang terbilang baru, saat ini menjadi favorit para pelancong karena wahana air buatan ini memiliki Water Slide terpanjang di Asia dengan panjang 206 meter. Selain itu adalah Wahana lain antara lain Sepeda Udara, Gajah Terbang dan lain-lain.
Monumen di Puncak Gunung Klotok (Puncak Klop)
9.       Gunung Klotok
Tingginnya 536 MDPL, adalah bukit kecil kaki gunung Gunung Wilis. Uniknya gunung ini disebut perempuan yang tertidur (Si Cantik Tidur) karena bentuknya mirip wajah wanita yang sedang melihat ke atas, jadi sayang sekali kalau melewatkan lokasi ini. Di Gunung ini terdapat satu sumber mata air yaitu mata air Sumber Lo, yang cukup jernih untuk wisata air. Gunung ini memiliki dua puncak, puncak Klop dan puncak Watu Bengkah. Perjalanan ke puncak cukup terjal dan jauh tapi memiliki pemandangan yang indah, di masing-masing ada tanda seperti prasasti yang menandakan pelancong sampai ke Puncak.
10.   Air Terjun Dolo
Ini merupakan tempat wisata alam Kediri paing tepat untuk liburan bagi anda pecinta wisata alam air, berada di ketinggian 1800 mdpl ini sangat memiliki pemandangan yang sangat indah dengan udara yang sejuk. Berada pada lereng Gunung Wilis, Air terjun setinggi 12 meter menjadikan Air Terjun Dolo menjadi salah satu tempat Wisata Alam Paling Populer di Kediri.
Pemandangan Gunung Kelud
11.   Gunung Kelud
Lokasi wisata yang sangat terkenal di daerah Kediri, terkenal karena pemandanganya yang menakjubkan. Tidak jauh dari Pare, menggunakan sepeda motor sekitar 1,5 jam sampai 2 jam. Suhu yang dingin dan pemandangan yang cantik menjadikan jalan-jalan kesini menjadi agenda wajib bagi para pejalar dari Pare. Setelah kejadian meletusnya kawah Gunung Kelud, pemandangan kaldera dari Gunung Kelud menjadi lebih cantik dan terbentuk kawah yang lebih tinggi dibandingkan kawah sebelumnya. Sambil menikmati makanan dan minuman hangat kita bisa menikmati kaldera, pohon-pohon dan padang pasar dari tepat kita melihat menjadikan kegiatan yang sangat menyenangkan.

Itulah Kira-kira tempat wisata yang bisa dikunjungi dekat dengan Pare, jadi jangan takut wisata sambil belajar disini. Dijamin tidak akan pernah menyesal dan kenanganya tidak akan di lupakan.
Selamat Berwisata, #VisitIndonesia #PesonaIndonesia

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya