Pasang Iklan Murah Disini
Pasang Iklan Murah Disini

Wabub OKU Hadiri Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan Kecamatan Lubuk Batang

Wabub OKU Hadiri Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan Kecamatan Lubuk Batang

Baturaja.Extranews.id Wakil Bupati OKU Drs. Johan Anuar, SH, MM., Menghadiri Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Kecamatan Lubuk Batang Bertempat di Gedung Serbaguna Kantor Camat Lubuk Batang, Senin (21/09/2020).

Acara dihadiri, OPD dan Kabag Terkait, Muspika, Para Kades&BPD, Tim Satgas dan Relawan serta Tim Pendamping Karhutla.

Menghadapi musim kemarau, berbagai macam upaya dan persiapan dilakukan oleh Kecamatan Lubuk Batang dalam melakukan pencegahan dan penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Camat Lubuk Batang Helni Purnanengsih, S.E., melaporkan upaya yang dilakukan dalam mengatasi Karhutla ini antara lain sudah dibentuk tim Satgas tingkat Kecamatan dan Satgas Desa. Dan dibantu juga oleh Koramil serta Polsek bersama masyarakat terus berusaha mendeteksi titik api serta memadamkan kebakaran tersebut agar tidak meluas ke daerah lain.

BACA JUGA INI:   LKPJ Gubernur Sumsel Mulus Diterima

Pada tahun 2020 ini kejadian Karhutla di Kecamatan Lubuk Batang tidak sebanyak pada tahun 2019 yang lalu hanya terjadi di dua titik, semuanya sudah diatasi.
Pada tahun 2020 ini kejadian Karhutla sangat kecil karena dibantu dengan adanya hujan.

Sementara itu Kepala BPBD OKU Amzar Kristofa, mengatakan pada tahun 2019 yang lalu Provinsi Sumsel penyumbang asap nomor dua, setelah Kalimantan.
Seperti diketahui dampak yang ditimbulkan dari Karhutla ini adalah berpengaruh dalam bidang ekonomi yang berimbas juga pada bidang kesehatan. Dampak yang dirasakan dalam bidang ekonomi antara lain pembatasan operasional penerbangan, angkutan darat, dan laut. Sedangkan dalam bidang kesehatan dampak yang ditimbulkan adalah merebaknya penyakit ISPA.

Wakil Bupati OKU Drs. Johan Anuar, SH, MM., pada awal sambutannya mengatakan untuk mengingatkan kepada masyarakat tentang bahaya Covid-19 yang sampai saat ini masih melanda bangsa Indonesia termasuk Kabupaten OKU, untuk itulah kita selalu waspada dan mengikuti protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini.

BACA JUGA INI:   Santuni Rumah Yatim dan Aksi Sosial Jadi Rangkaian Pelaksanaan HUT HBA dan IAD di Kejari Muba

Selanjutnya, Wabup menjelaskan kebakaran hutan dan lahan yang sering terjadi adalah akibat kebiasaan lama masyarakat untuk membuka lahan dengan melakukan pembakaran lahan, kebiasaan ini masih terjadi sampai sekarang ini.
Untuk itulah, Satgas Karhutla harus dapat memberikan pemahaman dampak yang ditimbulkan dengan pembakaran hutan dan lahan tersebut.

Lebih lanjut, Wabup mengapresiasi atas kesiap siagaan seluruh Satgas di Kecamatan Lubuk Batang, karena Karhutla yang terjadi dapat diatasi dengan cepat, sehingga dampak yang dirasakan oleh masyarakat tidak terlalu mengkhawatirkan, dan Kabupaten OKU tidak banyak menyumbang asap untuk Provinsi Sumsel yang berdampak pada tingkat Nasional.

Tambahan wabub masalah pembangunan, Wabup mengatakan pemerintah daerah dibawah kepemimpinan Kuryana Azis dan Johan Anuar terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program pembangunan.

BACA JUGA INI:   Meriahkan Kemerdekaan, UPTB Samsat OI Bagi-bagi Coklat Kepada WP

Namun mengingat APBD OKU sangat terbatas, pembangunan di setiap desa tetap diprioritaskan, tetapi secara bertahap antara satu desa dengan desa yang lainnya.

Pada kesempatan ini, Wabup menginstruksikan kepada Camat dan Kades untuk mengajak masyarakat dapat menciptakan suasana yang kondusif pada pelaksanaan Pilkada OKU tahun 2020 ini serta mengingatkan masyarakat datang ke TPS untuk memberikan hak pillihnya pada tanggal 9 Desember nanti. (Yos)