oleh

Usai Buka Seguntang Fest 2021, Wagub Sumsel Terima Tanjak Palembang dan Lukisan SMB II dari SMB IV

PALEMBANG-SUMSEL, ExtraNews – Usai membuka acara Seguntang Fest 2021 di Taman Bukit Seguntang, Selasa (23/11) dengan didampingi Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama R.M.Fauwaz Diradja,S.H.M.Kn, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel, Aufa Syahrizal Sarkomi, Wakil Ketua Komisi V DPRD Sumsel Mgs Syaiful Padli, Ketua Umum Forum Pariwisata dan Kebudayaan (Forwida) ,Dr. Ir. Diah Kusuma Pratiwi, MT dan para undangan, Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Mawardi Yahya berkesempatan mengunjungi stand Kesultanan Palembang Darussalam serta stand lainnya.

Dalam stand Kesultanan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB ) IV Jayo Wikramo Raden Muhammad Fauwaz Diradja,S.H.,M.Kn menyerahkan cinderamata berupa Tanjak dan Lukisan Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II kepada Bapak H.Mawardi Yahya.

SMB IV berharap pemberian Tanjak Palembang dan lukisan SMB II kepada Wagub Sumsel H Mawardi Yahya agar Tanjak Palembang dan lukisan SMB II dipasang di ruangan Wagub Sumsel supaya dapat mengenang jasa-jasa kepahlawanan SMB II.

“ Seguntang Fest 2021, bagus juga dimana hal ini untuk meningkatkan pariwisata di kota Palembang supaya nama Bukit Seguntang terus naik dan dieluk-elukkan sehingga bisa menjadi tujuan destinasi wisata Sumsel kedepannya,” katanya.

Karena menurutnya Bukit Seguntang adalah ulu melayu yang menjadi cikal bakal melayu dan diyakini melayu dari Bukit Seguntang,Palembang.
Sedangkan Wagub Sumsel H Mawardi Yahya berterima kasih atas pemberian Tanjak Palembang dan lukisan SMB II dari SMB IV.

Dia berharap pembukaan Seguntang Festival 2021, diharapkan dapat mengingatkan dan lebih mengenalkan masyarakat tentang asli budaya lokal yang ada di Sumsel.

“Setiap tahun diadakan acara ini, tiada lain tujuannya untuk mengenalkan budaya lokal kita,” katanya.

Dikatakannya, saat ini masyarakat Sumsel sendiri banyak yang belum tahu tentang sejarah dan budaya yang ada di Sumsel. Untuk itu, diadakannya acara Seguntang Festival 2021, diharapkan dapat mengingatkan kembali kepada masyarakat tentang budaya lokal di Sumsel.

“Mungkin masyarakat banyak yang lupa tentang sejarah Sumsel, untuk itu kami ingatkan kembali melalui acara ini,” ujarnya.

Mawardi mengungkapkan, budaya kegiatan lokal masyarakat saat ini sedang di galakkan oleh pemerintah. Mengingat, tahun depan akan diadakannya Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) yang akan dibuka langsung oleh Presiden RI Ir Joko Widodo. Acara tersebut akan diikuti oleh seluruh provinsi di Indonesia. Termasuk, Sumsel yang rencananya akan menjadi tuan rumah untuk kegiatan tersebut.

Ini juga menruutnya merupakan persiapan Sumsel untuk menjadi tuan rumah KORMI di tahun depan.

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel, Aufa Syahrizal Sarkomi menambahkan, acara Seguntang Festival 2021 ini merupakan kali kedua yang diadakan oleh Disbudpar.
“Kegiatan ini sudah dua kali kita selenggarakan,” katanya.

Pada tahun ini, lanjut Aufa, pihaknya turut menggandeng Forum Wisata dan Budaya (Forwida) dan menggandeng stakeholder yang berhubungan dengan UMKM.
“Sengaja kami mengundang banyak UMKM. Hal ini guna membangkitkan pertumbuhan ekonomi dalam sektor pariwisata,” katanya.

Diakhir acara juga diserahkan penghargaan dari Forwida untuk katagori pejuang kebudayaan bidang jurnalis kepada Dudy Oskandar dan pejuang pariwisata yang membuat aplikasi Giwang , Dr Hj Megawati ST MT yang diserahkan langsung Ketua Umum Forum Pariwisata dan Kebudayaan (Forwida) ,Dr. Ir. Diah Kusuma Pratiwi, MT dan Team Gerak Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) bidang Kebudayaan Provinsi Sumsel H Hidayat Comsu. [rel]

 

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya