oleh

Uji Coba Beli BBM Pakai Aplikasi Dimulai 1 Juli, Bagaimana Dengan yang Tak Punya Smartphone?

-Nasional-119 Dilihat

JAKARTA, ExtraNews – Pemerintah mulai akan menerapkan uji coba beli BBM pakai aplikasi MyPertamina pada 5 Juli 2022 mendatang. Lantas bagaimana dengan warga yang tak punya fasilitas mengakses aplikasi yang sudah tersedia di PlayStore ini?

Meski baru ada 5 provinsi yang akan berlakukan uji penggunaan MyPertamina ini, tapi tak sedikit kemungkinan kendala yang akan dihadapi oleh warga dan konsumen bahan bakar Pertalite dan Solar. Hal ini pun diakui Kepala BPH Migas, Erika Retnowati.

“Kira-kira kendala masalah di jaringan, kemudian di pelosok, orang enggak punya HP, nanti itu kami juga cari jalan keluarnya,” kata Erika dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR, Kamis (23/6/2022).

Tak menutup kemungkinan, bagi konsumen yang mengalami kendala tersebut akan diberlakukan aturan pembelian BBM secara manual lewat metode pencatutan nomor polisi.

“Mungkin kembali ke jalur manual dengan memasukkan nomor polisi jadi upaya dari kami untuk terus meningkatkan pengawasan agar lebih tepat sasaran,” lanjut Erika Retnowati.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution pada Senin (27/6/2022), mengatakan, pihaknya berinisiatif dan berinovasi untuk melakukan uji coba penyaluran Pertalite dan Solar bagi pengguna berhak yang sudah terdaftar di dalam sistem MyPertamina mulai 1 Juli 2022.

Uji coba awal segera dilakukan di beberapa kota maupun kabupaten yang tersebar di lima provinsi yakni Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Jawa Barat, dan Yogyakarta.

“Kami menyiapkan website MyPertamina, yakni https://subsiditepat.mypertamina.id/ yang dibuka pada 1 Juli 2022,” kata Alfian.

Masyarakat yang berhak atas BBM subsidi dapat mendaftarkan datanya melalui laman tersebut untuk kemudian menunggu apakah kendaraan dan identitasnya terkonfirmasi sebagai pengguna yang terdaftar.

Cara Daftar MyPertamina

Berikut ini informasi seputar cara daftar MyPertamina untuk membeli BBM bersubsidi:

  • Pertama, instal aplikasi MyPertamina melalui Google Play Store atau App Store
  • Setelah aplikasi terinstal, buka aplikasi MyPertamina dan muncul laman setup dan klik ‘Lanjutkan’
  • Setelah itu pilih ‘mulai’ dan isi nomor telepon dan PIN 6 digit. Jika sudah klik ‘Daftar’
  • Pada laman registrasi isi Nama Lengkap, Nomor Telepon, PIN 6 Digit dan ketik ulang PIN 6 digit dan klik ‘Daftar’
  • MyPertamina akan mengirimkan kode SMS OTP ke nomor yang didaftarkan
  • Masukkan kode OTP pada kolom yang disediakan dan klik ‘Verifikasi’
  • Jika verifikasi berhasil, tekan ‘Ok’ dan kamu akan otomatis akan login ke aplikasi MyPertamina
  • Jika ada perintah izin perangkat untuk mengakses lokasi, mengambil gambar dan mengakses foto, media dan file maka pilih ‘Izinkan’
  • Jangan lupa untuk hubungkan aplikasi MyPertamina dengan akun LinkAja milik kamu sebagai metode pembayaran. Caranya dengan mengunduh aplikasi LinkAja yang sudah tersedia di Google Play Store dan App Store
  • Aplikasi MyPertamina kamu sudah dapat digunakan sebagai pembelian BBM di SPBU
    [*suara]

 

Komentar