Pasang Iklan Murah Meriah

Tom Lembong Tantang Pemerintah Buka Satu per Satu Investasi IKN, Bahlil: Tidak Boleh Saya Bongkar

Tom Lembong Tantang Pemerintah Buka Satu per Satu Investasi IKN, Bahlil: Tidak Boleh Saya Bongkar
kolase foto/istimewa

JAKARTA, ExtraNews – Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menyebut Co-captain Tim Nasional Pemenangan (TPN) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Anies-Cak Imin atau AMIN), Tom Lembong, jangan asal bunyi soal investasi Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara. Hal ini setelah Tom Lembong mengatakan investasi di IKN tidak realitis. Tom Lembong juga menantang pemerintah menjabarkan nilai investasi setiap investor.

“Sahabat saya ini kadang-kadang halusinasi tingkat tinggi,” kata Bahlil ketika ditemui di Kantor Kementerian Investasi, Rabu, 24 Januari 2024.

Bahlil mengatakan, investasi swasta sudah terealisasi. Ia lantas mengambil contoh Konsorsium Nusantara yang telah menggelontorkan dana sekitar Rp 20-25 triliun. Namun, Bahlil mengatakan, rincian investasi dari masing-masing perusahaan dalam konsorsium tersebut tidak bisa dipublikasikan.

BACA JUGA INI:   Ketimbang Pakai APBN, MS Kaban Minta Ijazah Jokowi Jadi Jaminan Utang Kereta Cepat, Said Didu: Ide Bagus!

“Nggak boleh dong saya bongkar (investasi setiap pemilik saham). Sudah gila kali,” ujar Bahlil. “Tapi angka akumulasi ada, dong Rp 25 triliun.”

Bahlil juga mengatakan, investasi yang masuk bisa dicek dari progres pembangunannya. Ia mengklaim sudah ada beberapa hotel yang mau jadi pada Juli 2024. Pembangunan IKN, kata dia, juga dikebut untuk persiapan perpindahan mulai Juli-Agustus mendatang.

“Hotel, rumah sakit, kan bukan dibangun pemerintah. Fasilitas olahraga, taman, juga dibangun swasta semua,” kata Bahlil.

Sebelumnya, Tom Lembong memang mempertanyakan investasi di IKN. Ia juga menantang pemerintah membuka rincian investasi dari masing-masing investor.

“Saya tantang kalau memang benar Agung Sedayu, Marriot, Mayapada, dan lain-lain (investasi), mana angkanya?,” kata Tom Lembong dalam unggahan video pendek di akun X @PakarINTElek, Selasa, 23 Januari 2024. Dalam potongan video itu, terlihat Tom Lembong sedang di acara salah satu televisi swasta nasional. (*)

BACA JUGA INI:   Alex Noerdin : PTBA Tetap Bertanggung Jawab, Tiap Semester Dilaporkan ke Dinas ESDM