oleh

TMMD Bojonegoro, Bersama Dinas Kesehatan Uji Kelayakan Fisik Air Minum

-Berita-85 views
Ucapan Terimakasih atas suksesnya HPN dan HUT PWI Sumsel ke 75

Bojonegoro – Wujud Sinergi membangun Negeri dalam TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke-110 Oleh Kodim 0813/Bojonegoro tahun anggaran 2021, terus berupaya memberikan kontribusi bagi masyarakat melalui Kegiatan Program TMMD ke- 110 baik kegiatan fisik maupun non fisik, seperti yang dilakukan oleh Tim Dari Dinas Kesehatan Pemkab Bojongoro melalui Puskesmas Tambakrejo yang melakukan uji kualitas air bersih.

Kegiatan yang dilakukan di Desa Ngrancang, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur yaitu Uji Kualitas Fisik Air pada Sarana Air Bersih Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat di Desa Jatimulyo, Selasa (23/03/2021).

Dikonfirmasi, Kepala Dinkes (Dinas Kesehatan) Bojonegoro, Ani Pudjaningrum, mengatakan bahwa dalam menunjang kegiatan TMMD ke-110 ini pihak Dinkes melakukan pemeriksaan air bersih dengan mengambil sample di 10 titik yaitu tempat umum di Desa Desa Jatimulyo.

“Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas fisik air Program Pamsimas berdasarkan bau, warna, rasa, suhu, TDS, dan kekeruhan di Desa Jatimulyo,” Kata Ani Pudjaningrum.

Dikonfirmasi, Kepala Dinkes (Dinas Kesehatan) Bojonegoro, Ani Pudjaningrum, mengatakan bahwa dalam menunjang kegiatan TMMD ke-110 ini pihak Dinkes melakukan pemeriksaan air bersih dengan mengambil sample di 10 titik yaitu tempat umum di dua Desa yaitu Desa Ngrancang dan Desa Jatimulyo.

Adapun 5 titik di Desa Ngrancang, yang sample airnya diambil untuk diuji kualitas air bersihnya diantaranya adalah di SD Negeri Ngrancang I, Balai Desa, Poskesdes, Masjid, dan Sab Komunal. Adapun di Desa Jatimulyo adalah di SD Negeri Jatimulyo, Masjid, Poskesdes, Pamsimas 1, dan Pamsimas 2.

“Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas fisik air Program Pamsimas berdasarkan bau, warna, rasa, suhu, TDS, dan kekeruhan di Desa Ngrancang dan Jatimulyo,” Kata Ani Pudjaningrum.
Dikatakan juga bahwa, penelitian ini menggunakan metode observasional deskriptif untuk memperoleh gambaran kualitas fisik air sarana air bersih Program Pamsimas di Desa dua Desa tersebut.

“Dari sampel ini nanti akan dilakukan pemeriksaan di Labkesda yaitu laboratorium Ksehatan Daerah, dan nantinakan kita sampaikan hasilnya,” Pungkas Kepala Dinkes Bojonegoro.

Sementara itu, Lettu Ckm Suroto, selaku Komandan SSK Satgas TMMD ke-110 mengatakan bahwa kegiatn ini untuk memberikan kepastian terkait keberadaan air bersih yang digunakan sehati hari untuk masyarakat di Dua Desa yang menjadi sasaran TMMD ke-110.

“Harapan kami Uji Kualitas air bersih ini tidak akan menjadi kendala dan hasilnya juga baik untuk di gunakan kebutuhan sehari hari masyarakat baik untuk masak maupun kebutuhan lainnya,” Tegas Lettu Ckm Suroto,(Pendim 0813).

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya