oleh

Tips Olahraga Saat Puasa

-Berita-315 views
Yuk jadi Muslim-Muslimah yang sehat
Ramadhan telah datang, dimana semua umat muslim akan melakukan ibadah puasa 1 bulan penuh selama kurang lebih 12-13 jam /hari. Tidak makan dan minum, tidak melakukan aktifitas fisik yang  berlebih, sangat suka tidur disiang hari dan kebiasan lainnya yang tidak biasa dilakukan pada hari-hari biasa. Olahraga adalah kegiatan yang mungkin ditinggalkan pada saat bulan puasa, karena alasanya adalah takut kelelahan dan tidak bisa melanjutkan ibadah puasa karena rasa haus yang amat sangat atau karena tubuh akan menjadi sangat lemah karena tidak adanya asupan makanan yang cukup pada saat berpuasa. Padahal banyak sekali manfaat olahraga yang dilakukan di bulan puasa antara lain:
  • Kebugaran tubuh yang terjaga
  • Lemak yang terbakar dengan maksimal
  • Tidur yang lebih berkualitas
  • Menjaga daya tahan tubuh
  • Membuat ibadah puasa lebih kuat

Tapi kebanyakan masyarakat tidak paham bagaimana baiknya olahraga dilakukan saat puasa, berikut adalah tips olahraga disaat puasa:

Olahraga sesaat akan berbuka puasa.
Waktu yang paling tepat untuk melakukan olahraga disaat puasa adalah disaat sebelum berbuka puasa, sekitar 30 menit sampai 1 jam sebelum berbuka puasa. Hal ini menjadi pertimbangan karena waktu olahraga tidak terlalu jauh dari waktu berbuka jadi reload glukosa dan cairan yang dipakai untuk olahraga bisa digantikan dengan makanan buka puasa tanpa harus menunggu dalam waktu lama. lakukanlah minimal 3x/minggu.

Memanah sangat cocok untuk olahraga di saat puasa
Pilih olahraga jenis aerobik
Sepeda, Senam, Treadmeal dan Yoga adalah olahraga yang dianjurkan disaat puasa, pertama karena olahraga ini adalah olahraga yang cukup ringan tidak terlalu lelah dan bisa dilakukan dalam jangka waktu lama. Olahraga ini juga membuat pembakaran lemak lebih maksimal dan lebih efektif jika anda sedang dalam program penurunan berat badan.

Pakaian Olahraga yang cukup baik
Gunakan pakaian olahraga dengan sirkulasi udara yang baik
Yang paling penting dari olahraga di saat puasa adalah terjaganya cairan keluar dari dalam tubuh, kita harus benar-benar perhatian terhadap keringat kita yang keluar dari tubuh. Harus dikendalikan karena ini berkaitan dengan kemampuan otot dalam berkerja, jika cairan habis keluar karena baju yang rapat dan pengap atau menggunakan jaket parasut otot kita akan mengalami kejang, kesadaran menurun, dan kemampuan organ berkerja tidak maksimal.

Peduli terhadap ritme jantung
Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, jantung adalah organ yang penting. Ia butuh air, oksigen, darah (air) dan respon saraf dalam berkerja jika tubuh mengalami masalah seperti kerja jantung yang terlalu tinggi akan berdampak pada disfungsi jantung, jadi yang harus kalian lakukan adalah menjaga agar ritme jantung tetap stabil. Jika anda merasakan jantung berdetak sangat cepat dan kepala anda mulai pusing maka istirahatlah sejenak dari olahraga kalian dan kondisikan jantung menjadi stabil kembali. Intinya jangan memaksakan kondisi tubuh.

Lakukan Bersama Keluarga dan Kerabat Lebih Menyenangkan
Lakukanlah bersama teman atau keluarga
Kegiatan yang paling menyenangkan dilakukan bersama keluarga adalah olahraga, hal ini akan berdampak pada kondisi psikologis yang lebih baik dalam diri kita. Hormone endoprin yang dihasilkan akan membuat kita lebih bahagia dan lebih positif dalam menjalani hidup.

Makanan Sehat Bergizi Seimbang
Buah, Sayur, harus lebih diperhatikan dalam makanan kita pada saat waktu berpuasa, hindari makanan manis dan berlemak. Berbukalah terlebih dahulu dengan airputih, dan Kurma dan buah-buahan lalu istirahat sejenak shalat magrib terlebih dahulu dan baru boleh makanan dengan menu gizi seimbang.

Kurma, berbuka dengan kurma sangat sangat dianjurkan.
Itulah kira-kira tips yang bisa saya berikan untuk kalian semua tentang olahraga Saat Puasa, semoga ibadah kalian lancar dan barokah dunia akhirat. Semoga bermanfaat.
Berita Terkait!:   Jembatan dan Jalan Usaha Tani Dijajal Dansatgas

Komentar