oleh

Tips memilih Tenda Camping

-Berita-180 views
Membangun tenda berkelompok lebih aman dan nyaman

Home sweet home, tenda adalah rumah kita paling manis di alam bebas. Tempat bernaung, tempat melepas lelah dan tempat kita berteduh dari angina dingin yang menusuk. Di Gunung tenda adalah hal mutlak yang harus dibawa oleh para pendaki, tidak membawa tenda atau kondisi tenda yang tidak dalam kondisi baik akan berdampak pada keselamatan kalian. Tenda berfungsi sebagai rumah kita, rumah berfungsi sebagai tempat berteduh dari hujan, sinar matahari, hewan buas, dan dingin yang menusuk tulang.





Tenda yang berjarak aman dari aliran air,

Berbagai macam bentuk dan unik tenda-tenda di era saat ini, kalian akan dengan mudah memenukan berbagai macam bentuk yang memiliki bentuk yang menarik dan memiliki fitur-fitur lebih dibandingkan tenda biasa yang dimiliki secara umum. Tenda paling favorit di Indonesia adalah jenis tenda doom yang dapat menampung sekitar 3-4 orang dalam satu tenda, hal ini dikarenakan lebih praktis pemasanganya dan cenderung lebih murah harganya.


Berikut adalah tips and trick apa yang harus kita pertimbangkan dalam membeli tenda, supaya lebih cerdas dalam memilih dan memiliki kepuasa tersendiri memiliki tenda yang benar kita idam-idamkan.

Bahan Tenda
Bahan yang paling baik digunakan dalam tenda adalah bahan yang dapat mengisolasi panas, bahan nylon yang paling banyak digunakan saat ini adalah yang paling baik karena memiliki kemampuan untuk mengisolasi panas secara maksimal. Jangalah pilih bahan katun karena akan sangat dingin jika terpapar hembusan angin dingin gunung, tenda kalian akan seperti lemari pendingin kalau kaya gitu.
Bahan nylon dan kontruksi yang baik, bisa menghalau angin dan
tiupan hawa dingin
Frame (Kontruksi) Tenda
Kontruksi tenda atau biasa disebut rangka tenda adalah hal yang penting untuk diperhatikan, banyak kasus frem yang digunakan sangat rapuh dan mudah patah, entah karena tertekan di dalam carrier atau patah karena hembusan badai gunung. Pilihlah frem yang cukup elastis jika terjadi penerimaan beban berat dan tidak mudah pecah atau karat, frem yang bermasalah akan menjadikan tenda rentan rubuh dan tidak berdiri secara kuat. Saran saya, pilih tenda berangka aluminium karena selain enteng juga lebih kuat menyangga tenda. 
Pilihlah tenda dengan tinggi dibawah 2 meter karena semakin tenda resiko penerimaan angin akan lebih besar dan beresiko tenda rubuh bahkan terhempas berpindah posisi. Jadi tinggi tenda juga penting untuk diperhatikan walau pada faktanya memang saat ini mayoritas tenda memiliki tenda yang cenderung rendah.
Jenis Tenda.
Tenda warna-warni
Berita Terkait!:   Diatur Rapi dalam Bekerja Cepat Selesaikan Tugas

Tenda Dome adalah tendah paling populer yang digunakan di Indonesia, Tenda dome untuk aktivitas outdoor memiliki beragam bentuk, diantaranya bola terpotong setengah, tunnel ( terowongan ), bentuk geodesic, kubah ( A-Frame ). Biasanya diberikan sedikit ruang untuk teras, bisa digunakan untuk memasak atau hal lainya.


Di Indonesia jenis tenda paling popular adalah “tenda tiga musim” jika dibandingkan dengan “tenda empat musim” dikeahui bahwa perbedaan dari kedua tipe tenda ini terletak pada bahan yang dipakai dan bentuk rangka tendanya. Tenda 3 musim dicirikan dengan lebih banyak menggunakan material jaring pada bagian dalam tendanya dan rangka tendanya tidak lebih dari 3 frame. Sedangkan untuk tenda yang 4 musim atau dikenal juga dengan tenda ekspedisi materiaknya lebih baik dan memiliki sirkulasi udara yang lebih baik, tapi dijamin bobot yang dimiliki tenda ini lebih berat dari tenda biasa. 
Tenda dengan teras yang cukup untuk masak dan menaruh benda
benda urgent atau benda tidak terpakai
Berita Terkait!:   Video Viral Pesepeda Ngadem di Minimarket, Aksinya Banjir Kritik Warganet

Fitur Khusus Tenda

Fasilitas tenda saat ini cukup beragam, bisa dilihat dari kelengkapan accesoris tenda yang lebih banyak dibanding yang biasa. Misalnya tiang penyangga yang terbuat dari almunium sehingga tidak mudah berkarat ataupun pecah, teknologi ventalasi udara yang maksimal di dalam tenda (Breathable), teknologi penggunaan silicone impregnated nylon sehingga beban tenda lebih ringan. Begitu banyak teknologi yang berkembang di tenda sampai saat ini, tapi jika kembali ke fungsi awalnya yaitu untuk tempat bernanung, pilihlah tenda yang benar-benar membuat nyaman baik di tubuh ataupun dikantong.

Ventalasi udara adalah salah satu hal penting, jangan memilih tenda yang pengap, karena akan membuat tenda mengembun karena kondensasi di dalam tenda sehingga tenda cenderung basah walaupun sudah di pasangi flysheet
Praktis dan simpel tidak memiliki packing yang besar

Size Packing dan Berat Tenda

Ya ukuran packing menjadi salah satu yang harus dipertimbangkan, ada beberapa bahan tenda yang bisa dilipat sampai ukuran cukup kecil, tapi ada juga yang dilipat dalam ukuran yang besar-besar misalnya tenda yang memiliki elemen terpal. Biasanya tenda jenis ini memiliki bobot yang lebih berat tetapi memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan jenis tenda yang lain.

Berat tenda biasanya dipengaruhi oleh berat frame tenda, tergantung terbuat dari apa frame tenda. Bahan alumunium lebih memiliki beban yang lebih ringan jika menggunakan bahan yang lain, dan tentu membuat perjalanan lebih nyaman karena tidak kelebihan beban,
Berguna dan sangat membuat tenda nyaman dan aman,
pasang flysheet external di atas tenda sebagai atap.
Berita Terkait!:   Lihat Disini! Apa Saja Hal Produktif yang Dilakukan Orang Sukses Saat Liburan Panjang

FlySheet

Hujan dan angin  adalah dua hal yang menjadi musuh tenda, karena ini akan berdampak pada kondisi kenyamanan tenda, air yang rembes membuat basah dan angin yang terhembus kencang akan membuat tenda beresiko rubuh atau terbang. Jadi gunakanlah rain cover pada tenda, lalu tambahan flysheet yang terpasang sekitar 10-15 cm di atas permukaan tenda, supaya embun air tidak merembes ke badan tenda. Flysheet juga berguna untuk menghalau angin yang berhembus kencang, dan tidak terlalu kuat mengenai badan tenda.





Note:
  • Gunakan tali pengait dan pasak, supaya tenda tidak mudah terlempar angin dan lebih kuat terpasang.
  • Pastikan ketegangan tenda baik, supaya air tidak mudah terkumpul dalam satu titik dan masuk ke dalam tenda.
  • Cover dan flysheet adalah kedua hal yang tidak bisa dipisahkan, gunakanlah maka tenda kalian akan sangat nyaman.
  • Sebelum digulung (di Packing) tenda harus dikeluarkan sampah-sampah dan pasir-pasir yang masuk ke dalam tenda supaya lebih bersih
  • Jangan memasak di dalam tenda, berbahaya, masaklah di teras tenda jika kondisi hujan.
  • Jangan membangun tenda di dekat pohon-pohon karena berbahaya dahan patah dan pohon tumbang, jika ingin menghalau dingin pilihlah tanaman pendek, seperti rumput-rumputan, berdu dan yang lainya yang bisa menutupi terpaan angin.

Komentar