oleh

Tips Memilih Sepatu Gunung

-Berita-310 views
Sepatu adalah peralatan yang cukup fatal dalam melakukan olahraga pendakian, terlebih organ tubuh yang paling penting yaitu kaki adalah mahkota kita dalam kegiatan daki gunung. Oleh karena itu kita sebagai pendaki harus sangat menjaga kondisi kaki kita supaya pendakian bisa dengan aman kita lakukan. Faktanya banyak yang beranggapan bahwa sepatu apapun bisa digunakan untuk mendaki gunung, padahal banyak pertimbangan yang harus dilakukan pendaki dalam memilih sepatunya tergantung dari kondisi fisik dan alam yang akan kita tempuh medanya. Sepatu adalah salah satu perlatan penting untuk menjaga diri kita dari keadaan berbahaya yang akan menerjang siapapun yang ada di Gunung, Cerdas dalam memilih sepatu maka kalian akan lebih aman mendaki gunung #safetyhiking.
Berikut adalah tips dan trik bagaimana caranya memilih sepatu yang aman dan bijak untuk kegiatan kita mendaki gunung:
Pilihlah Sepatu Khusus untuk Pendakian.

Sepatu Gunung adalah jenis sepatu yang memiliki kekhususan tersendiri, biasanya di cirikan dengan sol yang tebal dan memiliki cengkraman sepatu yang cukup kuat dalam medan licin. Ada beberapa jenis sepatu yang memiliki teknologi-teknologi menarik seperti “fastdry” yaitu teknologi yang memungkinkan untuk sepatu lebih cepat kering jika dijemur dan ada yang memiliki bahan “breathable” yaitu sepatu yang memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga kaki tidak mudah lembab yang berdampak pada meningkatnya resiko lecet pada kaki. Banyak sekali di era saat ini teknologi diberikan untuk menunjang olahraga pendakian lebih aman dan nyaman, tapi pada dasarnya sepatu gunung adalah sepatu yang benar-benar diperuntukan untuk mendaki gunung, dan tidak cocok digunakan untuk sehari-hari  walaupun masih bisa si sebenernya. Yang harus kalian perhatikan dan cukup penting untuk dilihat adalah sol sepatu dan jahitan sepatu, kedua hal ini menjadikan hal utama bagi saya sendiri untuk memilih sepatu sol harus kuat dan cenderung lunak tidak licin dalam medan berair dan jahitan yang kuat dan rapih di seluruh badan sepatu.

Pertimbangkan Bahan Sepatu.
Saat ini sepatu gunung sudah berbagai macam bentuknya, ada yang terbuat dari polyester, karet, kulit dan lainya. Masing – masing bahan tersebut memiliki keunggulan tersendiri, untuk yang berbahan karet plastik memiliki berat yang cukup ringan dan memiliki ketahanan terhadap kondisi track basah atau hujan, sepatu jenis ini saya rekomendasikan untuk perjalanan yang tidak terlalu lama karena cukup gerah jika digunakan dalam  jangka waktu lama mengakibatkan kelembaban kaki cukup tinggi, disamping itu sepatu jenis ini lebih pendek usianya dibandingkan sepatu dari bahan kulit atau kain.

Sepatu berbahan kulit adalah sepatu yang paling banyak beredar di pasaran, hal ini dikarenakan model yang dimiliki keren dan memiliki ketahanan yang cukup kuat baik dalam panas dan basah. Tapi rata-rata sepatu jenis ini adalah sepatu dengan harga yang cukup mahal karena material yang digunakan adalah bahan yang mahal yaitu kulit, entah itu kulit sintesis atau kulit asli sudah dipastikan harga yang dimiliki cukup tinggi tergantung teknologi yang digunakan.

Sedangkan sepatu berbahan kain adalah sepatu yang paling saya rekomendasikan, karena beban yang dimiliki cukup ringan dan lebih nyaman dikaki, tapi ada kelemahanya yaitu bahan yang cukup lama kering dan rentan basah jika kondisi hujan atau becek.
Pilih Sepatu dengan Pelindung.
Saat ini teknologi safety shoes juga disematkan dalam sepatu gunung, ada beberapa merek yang sudah mengadopsi teknologi ini dalam sepatu gunung supaya pendakian lebih aman dan nyaman. Plat pelindung pada sepatu bisa membuat kaki kaki kita lebih aman jika terjadi kecelakaan, entah itu tertimpa batu, tertusuk duri, tergigit hewan buas bahkan sampai terkena benda tajam. Keunggulanya sepatu ini bisa digunakan dalam medan berbatu sehingga lebih aman dalam melakukan pendakian, kelemahanya banyak kasus sepatu jenis ini memiliki beban yang lebih dibandingkan dengan sepatu yang biasa.
Pilih yang paling Nyaman di Kaki.
Sepatu nyaman di medan berbatu
Kenyamanan adalah faktor utama dari pemilihan sepatu,sepatu paling nyaman adalah yang paling enak dipakai. Kalau kalian mau beli sepatu jangan hanya lihat bentuk sepatunya tapi dicoba dipakai lalu dicoba jalan, nyaman atau enggak. Jika nyaman dan cenderung enak dipakai ya sudah jangan dilihat harganya atau mereknya, langsung aja beli. Tapi banyak kasus pada saat membeli sepatu terasa sangat nyaman tapi saat dipakai berjam-jam terasa pedihnya di jari atau telapak kaki, kasus ini terjadi pada saya sendiri. Tergiur dengan harga murah dan kondisi fisik sepatu yang gahar saya membeli sepatu tanpa memperhitungkan kenyamanan jangka panjang kaki saya, awal dicoba cukup nyaman dan solnya pun cukup baik. Tapi sesudah dicoba naik gunung satu kali, kaki saya tersiksa, kain telapa kaki sangat keras terasa pada saat menginjak medan berbatu dan jari-jari saya sakit menahan beban pada saat turunan karena telapak sangat licin pada kemiringan sekitar 55 derajat. Jadi saran saya adalah belilah sepatu yang sudah dibeli teman kalian dengan menanyakan bagaimana kondisi sepatu pada saat di pendakian, apakah recommended atau enggak atau bisa dengan meminjam dulu sepatu teman kalian itu dan coba sendiri di kaki sendiri selama beberapa waktu.
Pilihlah Sepatu sesuai Jenis Pendakian.
Mempertimbangkan jenis pendakian adalah hal penting dalam memilih sepatu, misal kalian hanya akan mendaki dalam jangka waktu sebentar misalkan tracking ke curug/grojogan/coban gunakan sepatu yang ringan dan empuk dan memiliki cengkraman yang kuat. Berbeda jika kalian ingin menembus hutan belantara membuka jalur atau melakukan ekspedisi gunakanlah sepatu kulit dengan pergelangan yang tinggi dengan plat pelindung di ujung sepatu. Jika kalian ingin mendaki gunung dalam jangka waktu lama 2-3 hari gunakanlah sepatu yang nyaman dan empuk di pijakan juga memiliki cengkraman sepatu yang kuat, sertakan teknologi “breathable” pada sepatu supaya kelembapan kaki bisa dijaga.






Perhatikan Berat dan Fisik Sol Sepatu.
Sol Sepatu
Sepatu yang berat, bukan selalu sepatu yang tidak bagus. Sepatu berat memilik perlindungan maksimal tapi memiliki kelemahan yaitu mempercepat kelelahan kaki terlebih bagi pendaki yang kurang melatih daya tahan (endurance) tubuhnya, secara pribadi saya lebih merekomendasikan sepatu yang ringan, empuk tapi cukup kuat cengkramanya. Hal ini akan membuat pendakian lebih nyaman dan aman terlebih pada medan yang cukup ekstrim yang tidak membebani kinerja kaki kita.

Sol sepatu adalah hal mutlak paling diperhatikan dalam memilih sepatu, pilihlah sol yang cukup kuat dan tidak mudah tergelincir pada kaki. Cengkraman sol harus dari berbagai macam sudut pijakan supaya pijakan lebih aman dan tidak tergelincir pada pijakan dengan medan yang licin, dan jangan lupa untuk mempertimbangkan keempukan bantalan kaki di sepatu karena hal ini akan membuat pendakian kalian juga lebih nyaman.
Merek sebagai Salah Satu Pertimbangan.
Lebih bijak memilih Merek
Merek adalah salah satu rekomendasi saya, pilihlahlah merek yang memang benar sudah teruji dari masa ke masa. Kalian bisa menanyakan ke senior kalian sebagai saran untuk memilih sepatu, banyak produsen dan merek tertentu yang benar-benar konsisten terhadap produk sepatu gunung yang mereka hasilkan. Harga memperlihatkan kualitas adalah hal yang benar, karena pada dasarnya mereka memproduksi suatu produk pasti memiliki penelitian yang tidak sebentar dan butuh keakuratan untuk menciptakan suatu produk. Oleh karena itu merek adalah jadi pertimbangan juga dalam memilih sepatu, saran saya tanyakan ke orang-orang yang memang pengalaman mendaki seperti senior kalian ataupun teman kalian.
Pertimbangkan Warna Sepatu.        
Berbagai Macam Warna
Warna favorit adalah kepuasan tersindiri, tapi untuk sepatu gunung saya lebih merekomendasikan warna coklat, karena medan pendakian lebih di dominasi tanah dan berdebu. Warna coklat lebih membaur dengan alam pendakian sehingga tidak terkesan cepat lusuh dan kotor, jika menggunakan warna hitam bisa dipastikan akan lebih terlihat kotor dibandingkan dengan warna coklat. Tapi saat ini pendaki cewek mulai meningkat dibandingkan era sebelumnya, jadi sudah muncul warna-warna yang imut dan menarik untuk para wanita dalam memilih sepatu. Sekali lagi pilihlah warna sepatu yang benar-benar kamu sukai supaya sepatu itu senantiasa kami rawat dan awet dalam jangka waktu lama.
Sandal Gunung
Note :
  1. Sandal Gunung tidak direkomendasikan untuk kegiatan pendakian karena minimnya pelindung jika kita memakai sandal,tetapi sandal gunung bisa dijadikan cadangan alat jika sepatu yang kita gunakan mengalami masalah di perjalan misal robek, jebol, basah, atau karena kondisi kaki kita ada yang terluka dan akan bertambah parah jika memakai sepatu.
  2. Sandal Gunung juga bisa digunakan pada saat sepatu tidak digunakan untuk lebih mudah mobile di camp
  3. Gunakan Kaos kaki yang nyaman dan lembut supaya gesekan kaki lebih minimal.
  4. Sepatu yang baik adalah sepatu yang paling nyaman, jangan melihat dari harga pilihlah sepatu yang paling nyaman dikakimu dan jangan terlalu sempit karena berbahaya. Jadi intinya adalah cobalah sepatu sebelum membelinya.
Berita Terkait!:   Sedot Air yang Genangi Lubang Pembangunan Jamban

Semoga Bermanfaat

Komentar