oleh

Tiga Trik Menjadi “Lebih Kaya” di Tahun 2021, dan Tahun Mendatang…?

HPN XLVII Dan HUT PWI Ke 75 Provinsi Sumsel di Kabupaten Banyuasin

ExtraNews – Menjadi kaya tentu bukaan perkara mudah. Selain harus bekerja dengan giat, kita juga harus melakukan beberapa hal yang mendukung keuangan agar tetap stabil.

Apalagi, selama tahun 2020, pandemi Covid-19 mungkin mengacaukan sebagian besar anggaran. Sehingga, kita perlu berhati-hati untuk mengatur ulang keuangan di tahun berikutnya.

Nah, berikut ini terdapat tiga tips atau trik yang dapat dicoba untuk dapat mengatur kembali keuangan dan membuat kita aman, atau bahkan “lebih kaya” di tahun 2021.

1. Membuat anggaran dan konsisten

Anggaran keuangan adalah alat penting untuk menjaga pengeluaran tetap sejalan dan meningkatkan seberapa banyak yang bisa kita simpan untuk tujuan pribadi.

Ini adalah ide yang baik untuk menandai sejumlah uang yang kita nikmati, dan membuat kita konsisten berpegang pada anggaran tersebut.

Langkah pertama dalam membuat anggaran yang sehat adalah dengan mencatat semua pengeluaran penting.

Bagus DiBaca Juga:   Pasar Perjuangan Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin Akan di Revitalisasi

Tagihan bulanan cukup mudah untuk mencari tahu, tetapi lihat kembali laporan bank dan kartu kredit tahun lalu untuk pembayaran triwulanan atau tahunan yang akan datang lagi.

Kemudian, buat daftar tujuan tabungan dan tenggat waktu pada tujuan tersebut. Ini akan membantu kita mencari tahu berapa banyak uang yang harus dihemat per bulan.
Kurangi masing-masing pengeluaran ini dari penghasilan bulanan, dimulai dengan biaya penting.

Jika kita tidak dapat membayar semua tagihan dengan penghasilan saat ini, pertimbangkan untuk mengurangi pengeluaran, memeriksa program bantuan keuangan, atau memulai pekerjaan sampingan.

Apabila berpegang pada anggaran terdengar membosankan, cobalah untuk menggunakan aplikasi yang mengatur dan melacak anggaran kita secara otomatis.

Dengan menggunakan aplikasi seperti ini, kita juga dapat mengatur pembayaran tagihan otomatis dan transfer tabungan dari rekening bank kita untuk menghemat lebih banyak waktu.

2. Menetapkan dana darurat

Jika kita belum memiliki dana darurat atau selama pandemi dana darurat telah terkuras, maka membangunnya kembali harus menjadi tujuan keuangan utama.

Bagus DiBaca Juga:   Cara Mudah Memulai Digital Marketing Secara Lengkap untuk Pemula

Berapa pun uang yang ingin kita simpan di sana, kita harus memiliki dana darurat setidaknya untuk biaya hidup selama tiga bulan ke depan, atau lebih banyak lagi jika memungkinkan.

Lalu, apabila kita memiliki rencana membuat asuransi kesehatan, pastikan dana darurat harus cukup untuk menutupi pengurangan.

Kecuali, kita memang menabung untuk itu di rekening tabungan kesehatan.

Mulailah menabung secara teratur di rekening tabungan dengan hasil yang tinggi setelah kita tahu berapa banyak yang kita butuhkan.

Ide yang buruk untuk menginvestasikan dana darurat karena kita tidak pernah tahu kapan akan membutuhkannya.

Kita bisa dipaksa untuk menjual investasi pada waktu yang buruk dan akhirnya menghabiskan uang sendiri.

Ingatlah untuk mengisi kembali dana darurat setiap kali menggunakannya. Hitung ulang dana darurat setiap tahun atau setiap kali mengalami perubahan hidup besar.

Bagus DiBaca Juga:   Babinsa Jatimulyo Koramil Tambakrejo, Hadiri Penyuluhan Rokok Ilegal TMMD Bojonegoro

3. Memulai pekerjaan sampingan

Pekerjaan sampingan menjadi cara yang bagus untuk membawa uang tambahan, mengembangkan keterampilan, mendapatkan relasi baru, dan mungkin mengubah hobi menjadi bisnis.

Jika khawatir tentang pandemi, carilah pekerjaan sampingan yang dapat dilakukan dari rumah. Ada banyak peluang online hari ini, terutama bagi yang paham teknologi.

Selain itu, pekerjaan sampingan juga memungkinkan kita bekerja dengan waktu dan kondisi yang lebih fleksibel.

Meski demikian, yang terbaik adalah tetap memiliki pekerjaan dengan jadwal reguler dan gaji yang masuk akal atau sesuai dengan tingkat pengalaman kita.

Kemudian, ingatlah untuk menyisihkan sebagian penghasilan dari pekerjaan sampingan guna membayar pajak.

Trik di atas bisa membuat kita bergerak ke arah yang benar, tetapi jangan berhenti di situ. Tetaplah waspada terhadap cara-cara untuk menghemat pengeluaran kita saat ini. [red/*]

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya