Tiga Tahun Terakhir Bersama Baznas OI

Indralaya,Extranews– Sudah tiga tahun terakhir, tepatnya sejak Oktober 2017 yang lalu tidak kurang dari 5000 Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir (OI) diminta untuk mengeluarkan zakat profesi, infaq dan sedaqoh, hal ini diperkuat dengan surat Bupati OI no 221/SE/VI/2017 tentang pemungutan zakat profesi dilingkungan Pemkab OI.

Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir banyak sudah yang diperbuat untuk kemaslahatan masyarakat di Kabupaten OI. Terbukti Baznas OI sudah menyalurkan bantuan kepada 2000 anak yatim, pada tahun 2018 bantuan BPJS sebanyak 600orang, memberikan bantuan kepada guru ngaji pada tahun 2018, sebanyak 349orang , pada tahun 2019 sebanyak 222 guru ngaji, tahun 2020 sebanyak100 orang.

Hal ini dikatakan Ketuo l bagian pengumpulan atau komisioner BAZNAS Ol H. Fikri Yahusin mewakili ketua umum Baznas OI.H.Muhyidin kepada media ini.

BACA JUGA INI:   Siang ini PWI 'Ngopi' di Graha Pena

Tak hanya itu lanjutnya, pada tahun 2018 pemberian bea siswa 1500org. Pada tahun 2019 sebanyak 1500siswa dan siswa SMP sebanyak 300siswa.
Sementara untuk Rehab rumah Baznas OI sudah merehab sebanyak 30 rumah dan untuk program bedah rumah pihaknya baru melakukan 3 rumah.

Tak hanya itu, juga membantu permodalan pada usaha kecil dan menengah, Baznas juga sudah menyalurkan dana bergulir kepada 220 orang pengusaha kecil. Tak ketinggalan bantuan paket sembako kepada masyarakat OI sejak tahun 2018 hingga tahun 2020 sebanyak 4400 paket sembako yang diperuntukkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Lanjut H.Fikri Yahusin, ada beberapa program Baznas, diantaranya
Bidang keagamaan (OI Taqwa) , tebar Dai desa, bina santri tahfiz kabupaten OI, bantuan PHBI, bantuan pembinaan guru ngaji,
Bidang pendidikan (OI cerdas) bea siswa dari tingkat MI-MA,bea siswa perlengkapan siswa, bea siswa kuliah mahasiswa kurang mampu

BACA JUGA INI:   Masih Langka, Harnojoyo Datangi Pabrik Migor

Bidang kesehatan (OI sehat) berupa bantuan biaya iuran peserta badan penyelenggara jaminan sosila (BPJS), santunan orang sakit, bantuan alat kesehatan
Bidang ekonomi (OI Sejahtera),berupa pemberian bantuan modal usaha kecil dan menengah, bantuan alat kerja.
Bidang kemakmuran (OI Makmur),pemberian paket sembako kepada masyarakat OI yang membetuhkan dan terakhir
OI Peduli , memberikan bantuan kepada orang terlantar, fakir miskin,mu’allaf,ghorimin, bedah rumah, rehab rumah, santunan anak yatim piatu, juga pemberian bantuan kepada masyarakat OI yang tertimpa musibah bencana alam. Yan

Komentar