Skill Jurnalistik Penting untuk Meningkatkan Peran Media Menyukseskan Pemilu

542277C1 9ED5 4BBF 9456 9BAEB46C1766

Puncak, Extranews —- Disela-sela pelaksanaan media Gathering dan apresiasi media Forum Jurnalis Migas wilayah Sumbagsel yang digelar di pesona Alam Puncak, Bogor, Jabar selama tiga hari, 24-26 Oktober 2023, diisi dengan materi berkaitan dnegan skill jurnalistik dan pemilu.D9AD71DC 789B 4CD2 9AB8 63FDF4508015 scaledu

Pemateri yaitu Slamet Ginting, dosen Unas Jakarta, yang menyampaikan berkaitan dengan peran media dalam menyukseskan pemilu.

Menurut Slamet, komitmen menyukseskan Pemilu sudah menjadi standar terkait dengan peran media.

Posisi media sangat penting, apalagi godaan dalam pemilu sangat luar biasa. Bahwa peran pers jangan sampai terjebak persaingan antar calon yang dapat menjebak tugas wartawan di lapangan.

Slamet yang juga berlatar belakang wartawan, dalam bertugas jangan terjebak antar calon yang bersaing. “Kuta khawatir memihak ke calon1calon tertentu terkait pemilu dan pilkada,” ujar Slamet.

BACA JUGA INI:   Dukung Ketahanan Pangan Nasional, PLN Siap Pasok Listrik ke Kawasan Food Estate Kalteng

Slamet juga menyinggung berkaitan dengan sistem demokrasi dan persaingan kekuasaan  politik melalui ekspos media massa.

Dalam praktiknya, pelaku pers harus jujur saat menampilkan iklan iklan politik. Jangan sampai ketidakjujuran dalam menyajikan berita apakah pembeda antara jika itu Adv atau kategori berita.

Menyajikan hasil liputan pers menjadi pendidik jangan memicuh terjadinya perbedaan.

Posisi pers harus bisa menjaga jangan memperkeruh suasana, justru mengawal pemilu yang juiur dan adil serta damai. Pada akhirnya pers tentu menghasilkan karya jurnalistik yang profesional dan beretika. Firko

BACA JUGA INI:   KEMITRAAN UMKM MASIH BERMASALAH, KPPU NILAI SINERGI DAN KOORDINASI KELEMBAGAAN DIBUTUHKAN