oleh

Selamat Datang Kembali Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri  MM di Sumatera Selatan

Ucapan Terimakasih atas suksesnya HPN dan HUT PWI Sumsel ke 75

Korupsi,Kriminalitas dan Narkoba Menjadi Prioritas Pencegahan

 Palembang,ExtranewsSelamat datang Kapolda Sumsel yang baru Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri  MM, Irjen Eko menggantikan Irjen Pol Priyo Widyanto. Mutasi Kapolda Sumsel tertuang dalam Surat TR benomor : ST/1377/V/KEP/2020 tertanggal 1 Mei 2020. Irjen Pol Priyo sendiri diangkat dalam jabatan baru sebagai Sahlisosbud Kapolri menggantikan Irjen Pol Dr Mohammad Fadil Imran MSi yang menduduki jabatan baru sebagai Kapolda Jawa Timur.

Mutasi besar-besaran perwira tinggi dan perwira menengah  sebanyak 271 perwira oleh Kapolri Jenderal Idham Aziz. Selain Kapolda Sumsel ada sejumlah Kapolda dan perwira tinggi di tanah air yang ikut dimutasi. Diantaranya Kapolda Jatim, Kapolda Banten, Kapolda Bengkulu, Kapolda Jateng dan termasuk sejumlah Wakapolda.

Bagaimana harapan para tokoh,pengamat,praktisi dan masyarakat di Sumatera Selatan. Wartawan Extranews.id – Suprapto Ramadhan menyajikan liputan  khusus yang berhasil dihimpun pada,  Minggu (3/5) di Palembang melalui wawancara daring dan seluler. Berbagai ungkapan optimis, kecewa dan harapan tergambar dari komentar mereka.

“ Saya kecewa tapi tetap optimis ”

H Kurnati Abdullah, Ketua DKP PWI Sumsel  (FOTO:FACEBOOK)

Saya ingin  Kapolda Sumsel yang baru Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri  MM tegas! Dan Pak Eko ini membawa angin segar baru untuk Sumsel. Banyak kasus-kasus di Sumsel ini yang belum terselesaikan tentu dengan aturan dan koridor hukum yang berlaku. Tahun 2012 saya dan kawan-kawan pernah melapor ke Polda Sumsel tentang penipuan salah satu perusahaan yang melarikan uang masyarakat miliaran rupiah termasuk di dalamnya ada uang saya. Tapi saya kecewa karena sudah 7 Kapolda kasus ini belum juga terungkap. Semoga dibawah Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri  MM kasus ini bisa diselesaikan.

Kemudian hal lain yang perlu mendapat prioritas penegakan hukum adalah masalah narkoba. Di Sumsel ini narkoba sangat memprihatinkan. Kita tahu narkoba sangat membahayakan generasi kita Sumatera Selatan. Dan kita sebagai masyarakat harus membantu manakala mengetahui informasi penting untuk kepolisian,kita harus segera laporkan. Selamat bertugas pak kapolda, dibawah Irjen Pol Eko masyarakat menaruh harapan !

“ Masyarakat merasa dilindungi ”

  Dr Tarech Rasyid, Pengamat Politik (FOTO: FACEBOOK)

Langkah pertama Kapolda Sumsel baru pertama harus melakukan evaluasi. Kedepan Kapolda baru harus berupaya meminimalisir praktek korupsi seperti pungli dan mengoptimalkan peran tim Saber Pungli, termasuk berani mengawasi secara internal praktek-praktek pungli di institusi kepolisian sendiri . Saya kira selama ini kinerja Polda Sumsel sudah baik misalnya kita mendengar Polda Sumsel beberapa kali  berhasil mengungkap kasus-kasus besar narkoba. Nah ini harus dipertahankan oleh Kapolda baru, meski disisi lain juga belum seluruhnya tertangani.

Kemudian masalah kriminalitas,ini juga perlu menjadi prioritas dan agenda penting bagi Polda Sumsel. Meski selama ini kepolisian dirasa cukup berhasil meminimalisir kebiasaan masyarakat membawa senjata tajam ( pisau dipinggang). Mengoptimalkan wajib patroli kamtibmas hingga tingkat RT dan RW serta menggalakkan kembali siskamling di masyarakat. Bila semua hal tersebut mampu dilakukan polda Sumsel masyarakat sangat berasa terlindungi dan terayomi. Selamat bekerja Pak Kapolda.

“ Selamat Bertugas Polisi Intelektual ”

Lilik Bagus Setiawan SH, Advocat (FOTO : ISTIMEWA)

Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri  MM adalah salah satu polisi intelektual yang dimiliki Indonesia. Memiliki gelar profesor ini diharapkan menjadi pembeda ketika mengambil keputusan. Saya yakin Pak Kapolda yang baru mengedepankan  penegakan hukum dan supremasi hukum demi kepentingan rakyat Sumsel.

Ada sedikit saran yang mungkin bisa dijadikan acuan. Tindak pidana korupsi dan pungli di Sumsel juga masih marak. Kemudian tindak pidana Narkoba yang menyangkut mafia ini harus diberantas. Saya yakin Pak Eko membawa semangat dan harapan baru bagi penegakan hukum di Sumsel. Selamat bertugas menjadi Kapolda Sumsel yang baru di tanah kelahiran semoga amanah.

“ Tertibkan Pekat dan Maksimalkan Pencegahan ”

Dr Yenrizal,SSos,MSi , Dosen UIN RF Palembang (FOTO : FACEBOOK)

Soal penyakit masyarakat seperti kekerasan,begal, pencurian dan lain-lain ini harus menjadi prioritaslah tiap tahun. Kriminal dalam masa covid-19 ini juga rawan dan polisi mesti ekstra keras bekerja. Cuma yang menonjol di Sumsel ini yang tak kalah penting juga masalah lingkungan seperti kebakaran hutan, kebanjiran dan bencana alam disitu polisi kan juga terlibat, jadi menurut saya polisi harus melakukan langkah-langkah pencegahan (preventif) dan perencanaan.

Secara umum kinerja Polda Sumsel disatu sisi sudah baik namun disisi lain mesti ada pembenahan. Sistem keamanan lingkungan ( Siskamling) perlu ditingkatkan kembali meski selama ini relative aman namun perlu ditingkatkan. Selamat bertugas  Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri  MM, semoga amanah. **

 

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya