oleh

Ratusan Rumah Warga di OKUT Terendam Banjir

Ratusan Rumah Warga di OKUT Terendam Banjir

Martapura, ExtraNews – Intensitas curah hujan yang tinggi yang terjadi dibeberapa hari belakang ini, membuat debit air Sungai Komering kian meluap. Akibatkannya, ratusan rumah di dua Kecamatan yang berada di kawasan Kabupaten OKU Timur terendam banjir dan memaksa warga harus mengungsi ketempat yang lebih tinggi, Minggu (10/5/2020).

Menurut Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, MGS Habibullah, mengatakan banjir saat ini terus meluas serta merendam ratusan unit rumah warga di Kecamatan Martapura dan Kecamatan Bunga Mayang.

“Menurut warga banjir kali ini bisa dibilang yang terbesar sejak 50 tahun belakangan, tim BPBD OKU Timur sendiri sudah bergerak cepat,” ujarnya.

Berita Terkait!:   HUT KE VIII CAT OKUT, Sebanyak 650 Ofroader Ikuti Jalur Lebas Ngiram

Banjir di Kecamatan Martapura melanda Desa Tanjung Kemala, Kebun Jati Barat, dan Kebun Nangka. Saat ini sebagian warga yang terdampak banjir mengungsi ke Masjid serta mengungsi ke kawasan yang lebih tinggi.

Sedangkan di Kecamatan Bunga Mayang banjir melanda turut merendam permukiman yang berada di tepian aliran Sungai Komering dan meredam lahan persawahan siap tanam ataupun siap panen milik warga. “Untuk warga yang berada di Kecamatan Bunga Mayang juga saat ini mengungsi ke permukiman warga yang datarannya tinggi,” tambahnya.

Sementara salah satu warga Kebun Nangka, Kelurahan Pakusengkunyit, Kecamatan Martapura, Kabupaten OKU Timur Udin Tamong (47) mengatakan , semalam debit air sempat surut tapi pagi ini naik lagi. Hal itu dikarenakan semalam curah hujan yang turun cukup tinggi.

Berita Terkait!:   Novi Taruna.ST Siap Melanjutkan Pembangunan Desa Peninjauan

“Sudah beberapa hari banjir menggenangi rumah kami, warga yang berada di Kebun Nangka. Semoga bencana ini cepat berlalu, dan pemerintah terkait dapat membantu warga-warga yang saat ini Terdampak banjir,” katanya.

Dikatakan, untuk saat ini belum ada pertolongan ataupun bantuan yang datang, tetapi kabarnya hari ini menurut Udin Tamong, pemerintah akan mendistribusikan bantuan kepada warga yang Terdampak banjir.

“Tidak banyak yang kami harapkan, yang kami harapkan sedikit saja perhatian pemerintah terhadap kami, warga masyarakat sekitar sini, dengan hadirnya pemerintah di tengah tengah kami, kami sudah merasa bangga , kami juga merasa senang , karna bagai manapun juga kami merupakan bagian dari OKU Timur,” Imbuhnya.

Berita Terkait!:   Bupati OKU Sampaikan Maaf ke Warga

Berdasarkan pantauan aliran Sungai Komering yang melintasi Kabupaten OKU Timur berasal dari sungai-sungai dari Kabupaten OKU Selatan seperti Sungai Selabung dan Saka, sehingga hujan deras di OKU Selatan dapat berimbas meningkatkan debit Sungai Komering. (Boy)

Komentar