Rakerda Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumsel

IMG 20231028 WA0017

 

Palembang, ExtraNews – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumel) Agus Fatoni selaku Kepala Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Gerakan Pramuka Sumsel menilai kehadiran pramuka sangat penting dalam dunia pendidikan. Hal ini diungkapkannya dalam pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumsel di Ballroom Hotel Swarna Dwipa, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (28/10/2023).

“Pramuka ini sangat istimewa, kehadirannya sangat penting dalam dunia pendidikan (dalam) membentuk generasi muda yang bermental kuat, memiliki keterampilan, serta kesehatan jasmani dan rohani,” kata Fatoni.

Menurutnya, seharusnya pengurus gerakan pramuka bekerja sama dengan pihak sekolah hingga perguruan tinggi dalam memberikan pendidikan terbaik. Terutama nilai-nilai yang terdapat dalam pramuka, seperti Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka.

BACA JUGA INI:   Buka Webinar Tapak Songket, Pj Gubernur Sumsel Ingatkan Orang Tua Agar Mendidik Anak Secara Optimal

“Pengurus gerakan pramuka  harus berupaya komitmen memberikan pendidikan terbaik bagi anggotanya dengan mengedepankan kecerdasan spiritual, intelektual, emosional dan sosial, seperti yang terdapat dalam Tri Satya dan Dasa Dharma pramuka,” ucap Fatoni.

Melalui kesempatan ini, Fatoni berbagi tips untuk menjadi orang sukses. Menurutnya, ada tiga hal yang perlu dilakukan, yaitu menjadi orang terbaik di bidang masing – masing, menjadi orang baik dan terakhir berusaha menjadi orang bernasib baik.

“Ini merupakan kunci agar seseorang mampu dalam meraih kesuksesan. Melalui pramuka anak-anak kita karakternya dibentuk agar pintar, cerdas, kreatif dan inovatif,” kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Kwarda Sumsel Riza Fahlevi mengatakan Rakerda ini bertujuan untuk mengevaluasi kerja yang telah dilaksanakan pada Tahun 2023 dan melakukan penetapan rencana kerja di Tahun 2024.

BACA JUGA INI:   Launching GSMP Goes to School dan Goes to Office se-Provinsi Sumsel

“Peserta terdiri dari 85 orang yang masing-masing perwakilan rekan Pramuka se Sumsel, kegiatan ini akan berlangsung dari tanggal 27 sampai 29 Oktober 2023,” tandasnya.

Melalui kegiatan ini, Fatoni juga menyaksikan penandatanganan kerjasama antara Kwarda Gerakan Pramuka Sumsel dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumsel, Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Kota Palembang dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat melalui Gerakan Pramuka. (rel)

 

 

BACA JUGA INI:   Pemprov Matangkan Persiapan Launching Program Bedah Rumah Serentak di Sumsel