oleh

PT KAI Diminta Tanggung Jawab

Desak PT KAI Segera Bangun Flyover Perlintasan KA
Muara Enim -Extranews Pembangunan flyover atau underpass di perlintasan Kereta Api (KA) kembali disuarakan Pemerintah Kabupaten Muara Enim. Pelaksana Harian (Plh) Bupati Muara Enim, H Nasrun Umar (HNU) meminta PT Kereta Api Indonesia (KAI) segera membangun infrastruktur tersebut demi meminimalisir kecelakaan lalulintas diperlintasan.
Hal ini disampaikan HNU saat pertemuan rapat sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Muara Enim dengan PT KAI di Ballroom Hotel Grand Zuri kota Muara Enim, Senin (1/3). Dalam rapat tersebut, HNU menyoroti keamanan masyarakat khususnya pengendara dibeberapa titik perlintasan kereta api yang mebelah jalan utama di Kabupaten Muara Enim.
Menurutnya dibeberapa titik perlintasan rawan terjadi kecelakaan lalulintas bahkan sampai memakan korban jiwa. “Untuk itu, saya mengharapkan agar pembangunan Fyover/underpass dapat dipercepat mengingat hal tersebut sangat diperlukan demi keamanan masyarakat minimal dapat meminimalisir hal-hal yang tidak kita inginkan,”kata HNU.
Pria yang merangkap jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Selatan meminta PT KAI harus memperhatikan masyarakat baik itu dari aspek kenyamanan, keamanan serta aspek lingkungan.
“Termasuk aspek yang paling penting yakni kesehatan masyarakat di sepanjang jalur kereta api akibat intensitas dari pembangunan dan transportasi angkutan batubara yang melintas hampir di setiap jamnya diwilayah Kabupaten Muara Enim,”ungkapnya.
Dalam kesempatan itu, HNU bersama PT KAI juga membahas tentang sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Muara Enim dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengenai perencanaan pembangunan jalur ganda (double track) mulai dari Kota Muara Enim hingga Desa Muara Lawai dan Kota Muara Enim sampai Desa Tanjung Enim Baru (Tanjung Raja).
Dikatakan HNU, Pemkab siap memberikan dukungan terhadap program pembangunan dan pengembangan prasarana perkeretaapian di wilayah Kabupaten Muara Enim, karena hal ini juga merupakan PSN (Program Strategis Nasional).
“Apapun program kerja PT KAI Kami dukung, tapi harus memperhatikan segala halnya terutama aspek kenyamanan, kemananan serta kesehatan masyarakat termasuk kesehatan lingkungan,”ucapnya.
Sebelumnnya, Pemerintah Kabupaten Muara Enim telah berulang kali meminta PT KAI untuk membangun infrastruktur Flyover ataupun underpass di wilayah Kabupaten Muara Enim.
Hal ini cukup mendesak karena kecelakaan lalulintas di perlintasan KA cukup rawan terjadi khususnya di KOta Muara Enim. Kecelakaan tersebut juga dipacu akibat banyaknya perlintasan KA tanpa dilengkapi palang pintu otomatis serta tidak adanya petugas yang berjaga diperlintasan.nh

Bagus DiBaca Juga:   Sahkan Kepengurusan IKA-Muba 2020-2024, Dodi Reza Disebut Catatkan Sejarah

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya