oleh

Program Latihan Sebelum Naik Gunung

Selamat Pagi, Siang dan Sore teman-teman, kembali kita membahas persiapan sebelum naik gunung. Kali ini saya membagikan info tentang seperti apa sih program latihan yang baik sebelum naik gunung?

Tujuanya adalah untuk membuat kondisi fisik kita tetap prima dan mengurangi resiko cidera, disamping itu latihan fisik ini bisa membuat tubuh kita lebih sehat.

Latihan fisik sangat wajib untuk dilakukan karena medan pendakian akan sangat membebani tubuh, jika tubuh kalian tidak terbiasa dengan latihan fisik tubuh kalian akan drop dan tinggi mengalami resiko. Jika kondisi ini terjadi maka yang rugi adalah kalian sendiri dan juga teman-teman kalian akan direpotkan dengan cideranya kalian.

Jadi Saran saya adalah latihan fisik yang benar ya, supaya tubuh kalian memiliki daya tahan fisik dan akan lekas pulih setelah pulang mendaki.

Berita Terkait!:   Sasaran Program Aladin TMMD Bojonegoro, Semangati Warga Tingkatkan Kegotongroyongan

Berikut adalah latihan fisik yang direkomendasikan untuk kalian:


Treadmill / Joging Santai

Joging akan melatuh tubuh bagian bawah kalian, terlebih bagian kaki. Otot Paha, Betis, dan Engkel adalah bagian yang rentan cidera. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk menguatkab bagian tubuh ini.

Dilakukan selama 30 – 40 Menit / Latihan. 3-5 kali / Minggu. 


Pushup, Situp, Squat     
Sangat baik untuk bagian tubuh atas dan tengah, dengan latihan ini kalian akan menguatkan pundak, punggung, dan pinggang. Juga dengan Squat kalian menguatkan otot bokong dan paha, dan ini akan sangat baik untuk kekuatan kalian mengangkat beban yang berat

1- 3 Set / Hari.  1 Set ~ 10 kali.  

Sepeda
Sangat baik untuk jantung kalian, bersepeda membuat jantung kalian terlatih dan membuat tubuh kalian akan tercukupi oksigenya dengan baik. Disamping itu sendi-sendi kaki kalian akan terlatih dan membuat kalian kecil mengalami resiko cidera.

30 – 60 menit / Latihan. 2 – 3 kali / Minggu

Berenang
Kekuatan Nafas kalian juga harus dilatih karena naik gunung, juga tentang latihan kekuatan paru-paru. Berenang sangat cocok untuk meningkatkan kemampuan paru-paru kalian, membuat pasokan oksigen ditubuh lebih stabil dan energi digunakan dengan efektif.

20 – 30 Menit / Latihan. 1 – 2 Kali / Minggu

Senam Aerobic
Senam dianjurkan untuk kalian yang memiliki berat badan yang berlebih, senam dapat mengurangi cadangan asam laktat ditubuh dan mengurangi kadar lemak tubuh. Olahraga ini paling cocok untuk kalian yang belum terbiasa olahraga tapi ingin menurunkan berat badan dan meningkatkan kebugaran kalian. Hampir semua mamfaat akan di dapatkan, antara lain menguatkan paru-paru dan jantung, menguatkan otot hampir seluruh tubuh dan melumasi sendi-sendi yang jarang digunakan. Tapi Senam aerobik ini harus dilakukan jauh-jauh hari sebelum mendaki gunung, supaya efek positifnya bisa dirasakan saat mendaki nanti.

 

30 – 60 Menit / Latihan. 2 – 3 kali / Minggu

itulah kira-kira latihan yang bisa kalian lakukan, boleh kok fokus di satu latihan tapi sangat dianjurkan untuk minimal ambil 3 latihan dari beberapa latihan diatas.

Semoga pendakian kalian lancar ya, semangat.. Salam Lestari.

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya