oleh

Bulan – Bulan Terbaik untuk Naik Gunung di Indonesia

Selamat Datang di Indonesia, negara yang banyak memiliki gunung-gunung yang luar biasa cantik untuk didaki. Ketika kita berbicara tentang gunung di Indonesia maka kita akan berbicara tentang kapan waktu terbaik untuk melakukan pendakian di Indonesia.Terlebih musim di Indonesia hanya terdiri dari dua musim, yaitu musim Hujan dan musim Panas, hal inilah yang paling mendasar untuk menentukan kapan bulan terbaik untuk kita melakukan pendakian.

Biasanya musim hujan di Indonesia di mulai dari September-Oktober-November-Desember-Januari-Februari, selebihnya kemungkinan besar akan masuk musim Panas (Kemarau).

So jika kalian sudah memutuskan untuk mendaki dengan sahabat dan teman kalian, pilihlah bulan yang paling baik untuk melakukan pendakian karena bulan-bulan ini cukup menentukan apa yang bisa kalian dapat dari perjalanan kalian.
Tentu cuaca yang baik membuat beberapa keuntungan, antara lain bersihnya pemandangan saat kalian mencapai puncak gunung karena tidak tertutup awan atau kabut yang cukup sering muncul saat musim hujan. Disamping itu menghindari musim hujan saat naik gunung membuat kalian lebih kecil bertemu badai saat mendaki, hal ini membuat perjalanan kalian cukup nyaman walaupun cuaca tentu akan sangat panas menyengat saat siang hari. Kalian akan mendapatkan kesempatan melihat sunrise terbaik ketika mendaki di musim kemarau (panas), karena pemandangan akan cenderung bersih dan matahari yang muncul dari peraduan akan terlihat jelas dengan garis lembayungnya.
Bulan Terburuk untuk Naik Gunung

Bulan Januari sampai Maret adalah waktu yang tidak direkomendasikan untuk naik Gunung, karena di bulan ini adalah waktu dimana curah hujan cukup tinggi. Disamping itu cukup banyak gunung yang tutup untuk kegiatan pendakian di Bulan ini, karena cuaca saat ini memang cukup berbahaya untuk para pendaki. 

Bulan Januari-Maret sering terjadi Hujan Lebat yang cukup lama, di tambah potensi petir yang sangat tinggi. Cuaca seperti ini sangat beresiko terjadinya longsor, Pohon yang tumbang, dan Banjir. 

Sebenarnya selain bulan tersebut, Bulan November-Desember pun tidak direkomendasikan untuk melakukan pendakian. Bulan ini adalah waktu dimana mulai masuknya musim penghujan, kerugian yang cukup sering dialami pendaki adalah pemandangan yang tertutup oleh awan, dan medan yang basah serta berlumpur.
Memang dibulan ini adalah bertepatan dengan liburan akhir tahun yang cukup memiliki euforia tersendiri, tapi saran yang baik adalah jika kalian tidak berpengalaman naik Gunung atau ini adalah pendakian pertama kalian, lebih baik urungkan karena akan sangat beresiko bagi pemula untuk naik Gunung di bulan-bulan ini.
Bulan Terbaik untuk Naik Gunung
Bulan terbaik adalah saat dimana musim panas atau kemarau sudah mulai masuk, yaitu antara akhir Bulan April sampai Bulan Oktober. Inilah waktu terbaik kalian melakukan pendakian, disamping cuaca yang sangat bersahabat dan lebih relatif aman dari bahaya cuaca yang ekstrim.
Kalian akan memiliki kesempatan yang lebih besar menyaksikan pemandangan yang bersih dan indah dari puncak gunung, karena saat itu awan dan kabut akan relatif menyingkir dan membuat pemandangan terlihat seutuhnya dari puncak Gunung.

Bulan-Bulan ini biasanya langit akan sangat biru dan menyajikan pemandangan yang luar biasa indahnya, disamping itu bagi kalian yang ingin menyaksikan matahari terbit dengan sempurna kalian akan mendapatkan kesempatan yang lebih besar jika mendaki di bulan ini.

Kekuranganya di musim panas, cuaca akan sangat panas pada siang hari. Kulit kalian akan cenderung terbakar karena matahari yang lebih menyengat lebih dari biasanya, dan biasanya gunung-gunung yang sedikit cadangan air akan mengering dan sedikit sekali memiliki cadangan air. Paling mencolok di bulan-bulan ini adalah pendaki biasanya akan lebih ramai dibanding bulan-bulan lain, mungkin kalian akan sulit menemukan area camp yang nyaman jika mendaki di Bulan ini.
Tapi tentu hal ini bisa diminimalisir dengan manajemen perjalanan yang baik, seperti menyiapkan peralatan yang mumpuni, manajemen waktu yang baik, dan kerja sama tim yang kompak. Pendapat saya tentu lebih baik mendaki di Bulan-bulan ini dibandingkan waktu lain.
Itulah kira-kira saran yang bisa diberikan untuk Bulan-Bulan terbaik naik Gunung. Semoga bermanfaat, salam Lestari.
Berita Terkait!:   Mahasiswa DIY Yogyakarta ini Bangga Bisa KKN di Muba

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya