oleh

Program Iwapi Muba agar Bantu Pulihkan Ekonomi

HPN XLVII Dan HUT PWI Ke 75 Provinsi Sumsel di Kabupaten Banyuasin
Bupati DRA Sambut Baik Program IWAPI Muba
Pulihkan Ekonomi Pasca Pandemi COVID-19, IWAPI Muba Usung Program Kuliner Bersama
Sekayu, Extranews —-  Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Kabupaten Musi Banyuasin menginisiasi Program Kuliner Bersama. Program ini merupakan  langkah inovasi  meningkatkan ekonomi dengan melibatkan para UMKM terutama pemberdayaan perempuan.
“Konsepnya seperti foodcourt.  Kami memilih lokasi program kuliner bersama ini di pelataran gedung Petro Muba Building Sekayu. Rencananya program yang bersifat wisata kuliner ini akan dibuka sampai jam 22:00 WIB, dengan nuansa lampu-lampu gantung biar lebih menarik para pembeli,” ujar Ketua IWAPI Muba, Eka Rahmah SE SH saat beraudiensi dengan Bupati Muba, Rabu (31/3/2021).
Dikatakan Eka,  program ini diharapkan bisa mengakomodir para UMKM dan pedagang sekitar yang berjualan makanan dan minuman.  Sehingga mereka leluasa menjajakan jualan  kreatif.
“Kondisi sekarang, pasca pandemi COVID-19, para UMKM lagi kendor pendapatan. Lewat program ini diharapkan mampu pulihkan  perekonomian. Kami berharap penjual punya varian produk yang berbeda. Konsepnya sederhana tapi bisa menarik pengunjung untuk datang dan membeli,”paparnya.
IWAPI Muba menyampaikan keinginan untuk bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Muba. Dengan tujuan koperasi IWAPI bisa mendapatkan pembinaan dan pelatihan, sehingga dapat lebih maju dan bermanfaat.
“Kami juga minta bantuan terkait izin Pangan Rumah Tangga (IPRT), karena selama ini kami sudah punya banyak produk makanan namun tidak punya sertifikasi IPRT. Yang sangat penting agar bisa menembus pasar edar, “ucap Eka.
Menanggapi kendala ini ,Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin menyambut baik dan siap suport program-program yang diinisiasi oleh IWAPI Muba.
“Semua program kerja sudah bagus dan baik, apalagi di tengah lesunya ekonomi sekarang pasca pandemi COVID-19. Kami Pemkab Muba akan suport program ini. Karena saya optimis.  UMKM dapat terakomodir dengan baik, apalagi lokasi yang dipilih sangat strategis di Kota Sekayu,”ujarnya
Ketua KADIN Sumsel ini juga menyebutkan, dirinya sangat antusias untuk menggerakan ekonomi dari bawah, sehingga manfaatnya dapat terasa langsung bagi usaha kecil dan menengah.
“Silahkan IWAPI jalin kemitraan dengan dinas terkait, sehingga semua program yang diusung dapat terealisasi. Perbesar lagi program IWAPI ini, sehingga apa yang jadi program IWAPI Muba bisa dicontoh IWAPI daerah lain.  Pemerintah dan IWAPI akan terus bersinergi, sama seperti KADIN,”pungkas Dodi. fk
Bagus DiBaca Juga:   TAHU BAKSO TERI NASI

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya