Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Hadiri Peringatan Maulid Nabi bersama Masyarakat Desa Tanjung Mas OKU Timur

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Hadiri Peringatan Maulid Nabi bersama Masyarakat Desa Tanjung Mas OKU Timur

OKU Timur-Sumsel, ExtraNews – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni didampingi Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumsel Tyas A. Fatoni menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Kedatangannya disambut antusias oleh masyarakat Desa Tanjung Mas, Kecamatan Buay Madang Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, Sabtu (4/11/2023).

Fatoni mengajak masyarakat setempat untuk terus belajar menjadi orang sukses. Menurutnya, kunci sukses seseorang tidak ditentukan dari tingkat ekonominya melainkan dari semangat masing-masing pribadi.

“Sukses itu tidak ditentukan dari banyaknya harta atau tidak, tapi sukses itu ditentukan oleh kemauan, kesungguhan dan keseriusan,” katanya.

Melalui kesempatan ini, Fatoni juga mengingatkan masyarakat yang berpatisipasi dalam merayakan pesta demokrasi serentak. Dia mengimbau agar masyarakat Kabupaten OKU Timur menggunakan hak pilihnya secara kondusif sehingga tidak memicu terjadinya konflik.

BACA JUGA INI:   Patung Pengantin di OKUT Menghilangkan Filosofis Historis Budaya Komering

“Sebentar lagi akan Pilkada dan Pemilu, silakan gunakan hak pilihnya datang ke TPS. Semuanya datang dan semuanya harus memilih,” himbaunya.

Selain itu, Fatoni juga meminta masyarakat Kabupaten OKU Timur untuk turut serta berpatisipasi dalam pengendalian inflasi yang berdampak pada kenaikan harga barang-barang pokok. Dia meminta mereka melaksanakan Gerakan  Sumsel Mandiri Pangan (GSMP), yakni menanam sendiri di pekarangan rumah seperti cabai merah, bawang, dan sayur-sayuran.

“Jika barang-barang atau bahan makanan pokok itu naik namanya inflasi, kalau barang-barang naik itu harus ada caranya. Untuk ibu-ibu dan bapak-bapak untuk yang di kampung itu bisa menghemat pangan, menanam di kebun, di pekarangan, menanam dengan tanaman-tanaman yang bisa dikonsumsi, sehingga tidak perlu beli jauh-jauh, dan jangan membuang-buang makanan,” ucap Fatoni.

BACA JUGA INI:   Terima Reses Komisi IX DPR RI, Sekda Sumsel Paparkan Program  Kesehatan dan Ketenagakerjaan di Sumatera Selatan

Fatoi berpesan kepada petani dan pedagang agar tidak buru-buru menjual hasil panen keluar daerah. Dia meminta untuk mengutamakan kebutuhan wilayah masing-masing terlebih dahulu, terutama Provinsi Sumatera Selatan.

“Sehingga nanti pada saat harga naik,  beras kita masih bisa mengkonsumsi itu. Contoh seperti stunting atau perkembangan anak yang terhambat, kalau perkembangan fisiknya terhambat maka perkembangan otaknya juga terhambat, itu kemudian yang membuat tidak maju,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati OKU Timur Lanosin berterima kasih atas kehadiran Pj Gubernur Provinsi Sumsel dan rombongan ke Desa Tanjung Mas. Dia juga menyampaikan aspirasi masyarakat yang menginginkan perbaikan infrastruktur jalan, khususnya dari Desa Sumedang Sari – BK 1 – BK 3 hingga perbatasan Lampung.

“Tadi memang benar Bapak Gubernur, kira-kira di tahun 2021 akhir, di situ para kepala desa berkumpul dan menyampaikan ingin sekali agar jalan dari Sumedang Sari sampai dengan BK 1 dan BK 3 tembus ke perbatasan Lampung,” ucap Lanosin. (rel)

BACA JUGA INI:   WUJUDKAN PERSAINGAN USAHA YANG SEHAT DI DAERAH, KETUA KPPU MELAKUKAN PERTEMUAN DENGAN Pj GUBERNUR SUMATERA SELATAN