Pj Gubernur Agus Fatoni Optimis Kontingen Sumsel Raih Juara PORWIL Sumatera Tahun 2023

 

Palembang, ExtraNews – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni optimis kontingen Sumsel mampu meraih juara pada ajang Pekan Olahraga Wilayah (POrwiL) XI Tahun 2023 di Provinsi Riau. Hal ini diungkapkan saat pelepasan kontingen Sumsel di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sumsel, Kamis (2/11/2023).

“Saya berharap tahun ini Sumsel bisa berada pada peringkat kedua. Dengan semangat dan kekompakan kita bisa menjadi juara,” harap Fatoni.

Terlebih, saat pelepasan kontingan Sumsel diiringi dengan hujan. Menurutnya, hal ini pertanda baik dan dianggap berkah bagi kontingen Sumsel ketika nantinya bertanding pada ajang PORWIL XI.

Fatoni mengajak seluruh atlet untuk tetap menjaga kekompakan dan saling menguatkan satu sama lain. Kemudian, dia juga mengingatkan mereka untuk menjaga kesehatan juga bertanding dengan hari senang dan membawa kemenangan dalam setiap cabang olahraga (cabor) yang diikuti.

BACA JUGA INI:   Silaturahmi Kebangsaan Polri Presisi di Kota Palembang

“Skill dan kemampuan memang diperlukan. Namun mental dan daya juang serta kekompakan juga sangat penting,” kata Fatoni.

“Nama baik Sumsel dipertaruhkan dalam ajang ini. Begitu juga dengan nama baik diri sendiri, dan nama baik keluarga. Selamat bertanding,” sambungnya.

Selanjutnya, Fatoni juga mengutip pernyataan dari Profesor Yohanes Surya yang menjelaskan terdapat tiga kunci untuk meraih kesuksesan.

“Yang pertama adalah kondisi kritis (target). Apabila dalam kondisi kritis atau ada target yang ditentukan maka energi dan seluruh kemampuan bisa dikerahkan dan bisa menjadi pemicu untuk meraih prestasi. Yang kedua yaitu kesungguhan (sungguh-sungguh). Dengan bersungguh-sungguh target pun bisa dicapai. Kemudian yang ketiga adalah kesinambungan (konsistensi),” jelas Fatoni.

BACA JUGA INI:   Pj Gubernur Sumsel Bangga Capaian IETPD di Provinsi Sumatera Selatan Lampaui Angka Rata-rata Nasional

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sumsel Rudi Irawan dalam laporannya menyebut PORWIL XI Sumatera tahun 2023 berlangsung mulai tanggal 4 November hingga 14 November 2023 di Pekanbaru, Riau.

“Kontingen Sumsel terdiri dari atlet dan pelatih berjumlah 176 orang, disertai 24 orang pendamping dari pengurus KONI Sumsel, sehingga total peserta berjumlah 200 orang,” jelasnya.

Dia menambahkan pada PORWIL X tahun 2021 di Bengkulu,  kontingen Sumsel berada pada peringkat ke-9 dari 10 provinsi yang mengikuti. Jumlah medali yang diraih 7 emas, 14 perak dan 22 perunggu. Karena itu pihaknya berharap pada PORWIL XI  kontingen Sumsel bisa meraih prestasi yang lebih baik lagi.

“Kontingen Sumsel mengirimkan atlet untuk cabor atletik, bola tangan, wushu, bola voli, catur, sepak takraw, sepak bola, renang, dan e-sport,” tandasnya. (rel)

BACA JUGA INI:   Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Terima Gelar Kehormatan Kanjeng Raden Tumenggung dari Keraton Surakarta