Pj  Bupati Ingin Pemerintah Desa di Kabupaten Muara Enim Anti Maladministrasi 

MUARA ENIM391 Dilihat

 

Muara Enim-Sumsel, ExtraNews – Puluhan aparatur pemerintah desa dari 246 Desa di 22 Kecamatan Kabupaten Muara Enim mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyelenggaraan Administrasi Pemerintah Desa yang dibuka langsung oleh Pj. Bupati Muara Enim, Dr. H. Ahmad Rizali, M.A., di Hotel Grand Dhika, Kota Semarang, Jawa Tengah, Minggu (12/11/2023).

Kegiatan diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Muara Enim dan mengundang narasumber dari Balai Pemdes Yogyakarta Kemendagri RI tersebut bertujuan menciptakan pemerintahan desa yang akuntabel serta terhindar dari praktik maladmistrasi yang berujung kasus hukum.

Dalam arahannya, Pj. Bupati didampingi Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Drs. H. Emran Tabrani, M.Si., Plt. Kepala Dinas PMD Kabupaten Muara Enim, Drs. Rahmat Noviar, M.Si., mengatakan para aparatur desa rentan terjerat kasus hukum yang disebabkan penyimpangan prosedur atau maladministrasi. Hal tersebut dapat dicegah bila Pemerintah Desa menyelenggarakan pemerintah yang akuntabel, bertanggung jawab serta disiplin dan tertib administrasi.

BACA JUGA INI:   Pria di Desa Lingga ini ditemukan Mengapung Tewas di dalam Sumur Tua

Untuk itu, dirinya akan gencar menyelenggarakan berbagai sosialisasi, edukasi, pendampingan maupun kegiatan bimtek dengan harapan para aparatur pemerintah desa dapat menjalankan tertib administrasi sesuai sesuai amanat Permendagri Nomor 47 Tahun 2016 tentang Administrasi Pemerintah Desa.

Lebih lanjut, Pj. Bupati juga menginstruksikan Camat untuk membina dan mengawasi Kepala Desa dalam menjalankan program-program dalam RPJM-Des, RKP-Des dan APB-Des maupun administrasi pemerintah desa. (rel/nur)

 

Komentar