oleh

Pemerintah Ringankan Beban Industri Media

Palembang, EXTRANEWS – Presiden RI Joko Widodo menyampaikan bahwa selama pandemi Covid-19  Pemerintah telah berusaha meringankan beban produksi perusahaan media karena saat ini sedang mengalami masa-masa sulit. Hal itu disampaikan Presiden dalam siaran virtual  Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021 di Istana Negara Jakarta, Selasa (9/2/2021).

Ketua Umum PWI H.Atal S Depari

Presiden menekankan Pemerintah berupaya meringankan beban media diantaranya PPh21 bagi awak media telah disukkan daftar pajak yang ditanggung Pemerintah sampai dengan bulan Juni 2021. Juga dilakukan pengurangan PPh badan dan pembebasan PPh2 impor dan percepatan restitusi dan insentif hingga Juni 2021.

“Insentifyang diberikan ke industri lain juga diberikan ke indutri media, termasuk ambondemen listrik.Keringanan tersbut tidk seberapa,saya itu.Perlu saya sampaikan beban fiskal Pemerintah juga sangat berat , selain berat untuk menangani permasalahan kesehatan juga berat mengatasi sektor ekonomi manakala sector swasta juga mengalami perlambatan yang signifikan”, katanya.

Para Ketua PWI Kabupaten / Kota di Sumatera Selatan

Ditambahakan Presiden salah satu belanja besar Pemerintah adalah pengadaan vaksin untuk vaksinasi dan saat ini Pemerintah berusaha untuknyak  memperoleh vaksin. Saat ini pemerintah menyediakan vaksin bagi wartawan sebanyak ial 5000 vial vaksin.

“Tahap awal jika vaksin produksi Bio Farma telah keluar dari 12.000 vial yang diproduksi kita sediakan 5.000 vial vaksin untuk wartawan”, jelas Presiden Joko Widodo.

H.Herman Deru : Eksistensi Pers Harus Terus Bersinar

Gubernur Sumatera Selatan H.Herman Deru didampingi Forkopimda juga berkesempatan menghadiri Puncak Peringatan HPN 2021 secara virtual di Griya Agung. Peringatan HPN 2021 kali ini mengusung tema , “Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi dengan Pers sebagai Akselerator Perubahan” acara yang digelar serentak secara Nasional bersama Presiden RI, Joko Widodo.

Dalam sambuatannya  Herman Deru mengatakan bahwa eksistensi pers harus bersinar meski dalam keadaan sulit, karena pers merupakan profesi yang menjadi tonggak perubahan perilaku dimasa kenormalan baru.

“Terus berkarya dan membantu perekonomian masyarakat dalam percepatan pembangunan dengan berita-berita yang bermanfaat dan menginspirasi”, ucap Gubernur yang akrab disapa HD.

Peringatan HPN 2021 seyogyanya diselenggarakan di Kendari, Sulawesi Tenggara namun karena Pandemi Covid – 19 yang tak kunjung sirna semua agenda dibatalkan dan dirubah secara virtual dan diikuti secara serentak dari seluruh provinsi termasuk Sumatera Selatan. Peringatan HPN 2021 di Sumsel  sendiri hanya diikuti ratusan wartawan saja dengan protokol kesehatan.

Selain Gubernur Sumsel H.Herman Deru dan Forkopimda yang hadir dalam Peringatan HPN 2021 di Griya Agung diantaranya Ketua DPRD Sumsel Hj. R.A. Anita Noeringhati, SHMH, Ketua PWI Sumsel  H.Firdaus Komar,  Ketua DKP H.Kurnati Abdullah, para Pimpinan Redaksi, para Ketua organisasi Pers, para Ketua PWI Kabupaten / Kota,wartawan senior dan para wartawan yang update dari media cetak, elektronik dan online.(EMPE)

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya