Pasang Iklan Murah Meriah

Pagelaran Seni Rupa, “Sukma Ekologis” Dalam Karya Iqbal J Permana dan Fir Azwar

Pagelaran Seni Rupa, “Sukma Ekologis” Dalam Karya Iqbal J Permana dan Fir Azwar
Suasana pagelaran seni rupa, “Sukma Ekologis” Dalam Karya Iqbal J Permana dan Fir Azwar di Auditorium RRI Palembang, Kamis (10/11/2022).

PALEMBANG-SUMSEL, ExtraNews – Iqbal J Permana dan Fir Azwar adalah dua seniman yang memiliki kemiripan dalam Orientasi karya.
Keduanya menyenangi puisi dan lukisan dengan tema ekologis Sungai, lebak, perahu, burung, ikan, hutan mangrove, alam pesisir serta kondisi pedesaan seringkali tampil dalam karya puisi dan lukis pada kedua seniman ini.

Kali ini keduanya berkolaborasi dalam pagelaran seni rupa, “Sukma Ekologis” Dalam Karya Iqbal J Permana dan Fir Azwar di Auditorium RRI Palembang, Kamis (10/11/2022).

Hadir diantaranya dalam acara tersebut Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Drs Reza Fahlevi MM , Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama R.M.Fauwaz Diradja,S.H.M.Kn, Staf Ahli Gubernur Sumsel bidang Kebudayaan Agus Sutikno, Rektor Universitas Sumatera Selatan (USS) yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Kota Palembang Yuda Pratomo, jajaran SMA 6 Palembang, sastrawan Sumsel Anwar Putra Bayu, sosiolog Sumsel Saudi Berlian, Soni dari Iwo dan para undangan lainnya.

BACA JUGA INI:   Forum Seniman Palembang Minta DPRD Perjuangkan Balai  Pertemuan Jadi Gedung Kesenian

Ketua Pelaksana Vebri Al Lintani menilai kegiatan ini adalah sesuatu yang langka, dimana kemiskinan sarana dan prasarana kesenian saat ini di Palembang pihaknya masih sempat berkarya.

“ Untung saja ada RRI, kalau hotel tentu mahal kami tidak sanggup bayar, dengan auditorium RRI berkerjasama dengan Kepala RRI, katanya silahkan pakai, jadi gedung ini cuma-cuma kita pakai,untuk kegiatan ini “ katanya.

Pihaknya berharap pihak Pemkot Palembang dan Pemprov Sumsel bisa menyediakan satu gedung kesenian yang ada di Palembang sehingga pameran seperti ini bisa dilaksanakan dengan baik.

“Di ruangan di depan , dengan ruangan seadanya kita pamerkan ada 53 karya lukis, 30 karya milik Fir Azwar dan 23 karya dari Iqbal J Permana yang semuanya bertema ekologis,” katanya.

BACA JUGA INI:   Safari Jumat, Gubernur Herman Deru Bantu Pengembangan Masjid Al-Ikhlas

Karena menurutnya kesenian idialis seperti ini kalau tidak dibantu tidak bisa .Dan pemerintah menurut Vebri seharusnya menyiapkan anggaran khusus kesenian .

“Kegiatan ini dapat terselenggaran semuanya , kerjasama gotong royong bapak-bapak , ibu-ibu sponsor kami ucapkan terima kasih telah membantu kegiatan ini,” katanya.

Selain itu pihaknya berharap yang hadir dapat melihat lukisan-lukisan yang semuanya tema ekologis di bagian depan.

“ Kalau ada rezeki , mau beli lukisannya silahkan beli, mungkin ada naksir salah satunya dan mudah-mudahan kepedulian bapak-bapak. Ibu-ibu dapat memberikan suasana kesenian di kota Palembang,” katanya.

BACA JUGA INI:   Gubernur Sumsel Lepas JCH Kloter 1 Embarkasi Palembang