Pasang Iklan Murah Disini
Pasang Iklan Murah Disini
Pasang Iklan Murah disini

Objek Wisata Sumsel Bagus! dan Rugi Kalau Tak Kamu Kunjungi

Objek Wisata Sumsel Bagus! dan Rugi Kalau Tak Kamu Dikunjungi
Objek Wisata Sumsel Bagus! dan Rugi Kalau Tak Kamu Dikunjungi

5 Pesona Tempat Wisata di Sumatera Selatan

ExtraNews – Sumatera Selatan adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia yang terletak di bagian selatan Pulau Sumatera. Provinsi yang beribukotakan Palembang ini juga mempunyai beberapa tempat wisata unggulan dan termasuk beberapa wisata favorit di Indonesia. Wisatawan lokal ataupun asing yang selalu memadati kota Palembang pada setiap tahunnya sekedar ingin menikmati tempat-tempat wisata ini.

Pada artikel ini akan dibahas 5 Tempat Wisata yang Patut Dikunjungi di Sumatera Selatan diantaranya: Air Terjun Bidadari, Bukit Serelo, Benteng Kuto Besak, Hutan Wisata Punti Kayu dan Tebat Gheban. Kelima Tempat Wisata ini akan ditampilkan juga dalam Google map sehingga Anda dapat dengan mudah mengetahui posisi Tempat Wisata tersebut.

Berikut 5 Tempat Wisata yang Patut Dikunjungi di Sumatera Selatan :

1. Air Terjun Bidadari Tempat Wisata Eksotik di Sumatera Selatan

Air Terjun Bidadari Tempat Wisata Eksotik di Sumatera Selatan
Air Terjun Bidadari Tempat Wisata Eksotik di Sumatera Selatan

Air Terjun Bidadari berada di Desa Karang Dalam, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Kira-kira berjarak 231 km dari kota Palembang. Air terjun ini juga memiliki nama lain Air Terjun Ayek Asam yang sering disebut oleh masyarakat setempat. Air yang mengalir di air terjun ini bermuara ke Sungai Lematang. Air terjun ini adalah Tempat Wisata air terjun tertinggi di aliran Sungai Asam, ketinggiannya adalah sekitar 30 meter dan lebar atasnya sekitar 10 meter serta lebar bawahnya sekitar 15 meter. Dinamakan Air Terjun Bidadari karena konon katanya air terjun ini tempat mandi para bidadari. Terlepas dari sejarah nama itu, air terjun ini cukup indah dan menarik. Air Terjun Bidadari ini memiliki daya tarik tersendiri untuk menarik pengunjung. Selain dapat menikmati pemandangan alam yang indah, Anda juga dapat menyegarkan badan dengan berenang di danau yang ada di bawah air terjun. Di sekitar danau terdapat batu koral yang berjejer secara alami yang terlihat sangat indah. Suara air terjun yang mengalir akan memberikan suasana yang menyejukkan hati.

2. Bukit Serelo Tempat Wisata Unik di Sumatera Selatan

Bukit Serelo Tempat Wisata Unik di Sumatera Selatan
Bukit Serelo Tempat Wisata Unik di Sumatera Selatan

Bukit Serelo atau yang lebih dikenal dengan Gunung Jempol atau ada juga yang memberi nama Bukit Telunjuk berada sekitar 900 meter di atas permukaan laut terletak di Desa Perangai, Kecamatan Merapi Selatan, Kabupaten Lahat, Sumatra Selatan atau berjarak 276 km dari Palembang. Bukit Salero merupakan salah satu landmark dan kebanggaan masyarakat Lahat. Warga setempat biasa menyebut Tempat Wisata ini dengan sebutan Bukit Tunjuk karena bentuk puncaknya yang mirip dengan telunjuk yang mencuat ke langit. Kalau diperhatikan dengan baik, bentuknya memang unik karena seperti sedang menunjuk ke langit. Masyarakat setempat pun percaya bahwa bukit tersebut mengingatkan manusia bahwa masih ada Tuhan yang posisinya lebih tinggi sehingga kita pun harus tetap membumi. Pesona bukit yang begitu menakjubkan membuat banyak pendaki dari luar daerah yang penasaran ingin menyaksikan bentuknya yang asli dari dekat.

3. Benteng Kuto Besak Tempat Wisata Bersejarah di Sumatera Selatan

Benteng Kuto Besak Tempat Wisata Bersejarah di Sumatera Selatan
Benteng Kuto Besak Tempat Wisata Bersejarah di Sumatera Selatan, dimalam hari

Palembang juga punya bangunan Keraton Benteng Kuto Besak yang bersejarah. Benteng Kuto Besak berada di Jalan Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Bukit Kecil, Palembang, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Benteng Kuto Besak atau BKB, merupakan Tempat Wisata dengan bangunan kokoh dan megah yang terletak di tepian Sungai Musi. Benteng yang terbuat dari batu setinggi 10 meter tersebut hingga saat ini berdiri kokoh di tengah kota Palembang. Sejarahnya, Benteng Kuto Besak adalah bangunan keraton dari abad ke-18 yang menjadi pusat Kesultanan Palembang. Benteng ini mulai dibangun pada tahun 1780 atas prakarsa Sultan Mahmud Badaruddin I yang memerintah pada tahun 1724-1758, lalu diselesaikan oleh penerusnya yaitu Sultan Mahmud Bahauddin yang memerintah pada tahun 1776-1803. Terkadang tempat wisata ini juga menjadi lokasi penyelanggaraan acara atau festival dengan panggung hiburan berlatar Sungai Musi dan Jembatan Ampera yang memesona.

4. Hutan Wisata Punti Kayu Tempat Wisata Menarik di Sumatera Selatan

Hutan Wisata Punti Kayu Tempat Wisata Menarik di Sumatera Selatan
Hutan Wisata Punti Kayu Tempat Wisata Menarik di Sumatera Selatan

Punti Kayu adalah sebuah taman atau hutan wisata yang menjadi Tempat Wisata keluarga di Palembang, Sumatera Selatan. Taman Wisata Alam Punti Kayu terletak di Kota Palembang, Jalan Raya Palembang – Jambi tepatnya di Jalan Kol H Burlian Km 6,5 Palembang. Ditetapkan menjadi Hutan Wisata Punti Kayu seluas 50 ha berdasarkan SK Menteri Kehutanan. Sebelum Punti Kayu, taman wisata alam tersebut pernah dinamakan Taman Sari serta Syailendra. Hutan Punti Kayu merupakan satu-satunya lokasi wisata hutan di Kota Palembang. Hutan yang memiliki luas 12 hektar ini merupakan paru-paru kota yang di dalamnya tumbuh tanaman yang didominasi oleh tanaman jenis pinus. Di awal pencanangannya sebagai hutan wisata, Hutan Wisata Punti Kayu memegang teguh fungsinya sebagai tempat konservasi, Tempat Wisata dan rekreasi, tempat penelitian dan pendidikan, hingga tempat penunjang kegiatan budaya. Jika memasuki masa liburan, banyak siswa yang datang dari berbagai sekolah dan mahasiswa yang datang untuk meneliti, belajar sambil mengenal kekayaan flora dan fauna Indonesia.

5. Tebat Gheban Tempat Wisata Alami di Sumatera Selatan

Tebat Gheban Tempat Wisata Alami di Sumatera Selatan
Tebat Gheban Tempat Wisata Alami di Sumatera Selatan

Danau Tebat Gheban ini berada di Kecamatan Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam, Provinsi Sumatera Selatan. Berjarak sekitar 7 km dari pusat Kota Pagaralam, Tebat atau sepadan dengan kata danau dalam bahasa Indonesia ini menyimpan keindahan lain dari eksotika bumi besemah. Sebenarnya, nama Tempat Wisata ini adalah Gheban saja, karena Kata Tebat artinya adalah Danau, dan kebanyakan penduduk asli Pagar Alam menyebut Gheban adalah Reban. Jadi, Tebat Gheban berarti adalah Danau Gheban / Danau Reban. Danau Tebat Gheban ini adalah sebuah kolam besar yang terbentuk secara alami, luasnya kurang lebih sekitar 4 hektar dengan kedalaman mencapai 12 meter, dan disekitarnya di bangun beberapa Gazebo atau pondokan kecil yang digunakan sebagai tempat duduk-duduk sembari bercengkrama atau berpiknik bersama keluarga. Menjelang sore, danau ini akan diramaikan oleh para penggila olahraga memancing. [Aji Corps/*]

 

 

 

BACA JUGA INI:   TMMD Bojonegoro, Persit Tambakrejo Ajarkan Buat Tas Rajut Pada Ibu-Ibu Desa Jatimulyo