oleh

Media Massa dan Perhotelan Dapat Penghargaan Penggunaan Bahasa

Media Massa dan Perhotelan Dapat Penghargaan Penggunaan Bahasa. Kategori media massa diraih oleh masing-masing Harian Umum Sumatera Ekpres, Harian Sriwijaya Post, OKU Timur Pos, Palembang Ekpres, Harian Pagaralam Pos, dan terakhir peringkat enam OKU Ekspres.

Palembang, Extranews — Balai Bahasa Sumsel tahun anggaran 2020 memberikan penghargaan kepada pengelola hotel dan media massa yang telah terpilih sebagai pengguna Bahasa terbaik. Penghargaan kategori hotel diraih oleh peringkat 1 Hotel Duta Syariah Palembang, peringkat dua Wisma Sriwijaya Palembang, peringkat tiga Hotel Swarna Dwipa Palembang, peringkat empat Hotel Sukarami Palembang, dan peringkat lima Hotel Win Palembang serta peringkat enam Wisma Atlet Jakabaring, Palembang. Sedangkan kategori media massa diraih oleh masing-masing Harian Umum Sumatera Ekpres, Harian Sriwijaya Post, OKU Timur Pos, Palembang Ekpres, Harian Pagaralam Pos, dan terakhir peringkat enam OKU Ekspres. Penyerahan hadiah berupa uang tunai, piagam dan plakat, berlangsung di Hotel Emilia Palembang, Kamis (10/12).

Menyerahkan penghargaan ke pengelola Hotel Swarna Dwipa Palembang.
Ketua PWI Sumsel menyerahkan penghargaan ke pengelola Hotel Swarna Dwipa Palembang.

Hadir pada kesempatan itu, Kepala Balai Bahasa Sumsel Umar Solikhan, Walikota Palembang yang diwakili Asisten III Setda Palembang Agus Kelana, Ketua PHRI Sumsel Herlan Aspiudin, KTU Balai Bahasa Sumsel Sukamto SE, Ketua PWI Sumsel Firdaus Komar, dan para juri di antaranya Dr. Isnawijayani, PhD.
Kepala Balai Bahasa Sumsel Umar Solikhan, rangkaian kegiatan penghargaan ini dilaksanakan, dalam rangka pemartabatan Bahasa Indonesia dan pengutamaan bahasa negara khususnya di Lembaga swasta dan media massa. Menurut Umar, kegiatan ini sesuai dengan amanat undang-undang nomor 24 tahun 2009 tentang bendera, Bahasa dan lambing negara serta lagu kebangsaan. Hal ini juga diperkuat oleh Perpres nomor 64 tahun 2019 tentang penggunaan Bahasa Indonesia. Selain itu, jelas Umar kegiatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan sikap positif masyarakat terhadap penggunaan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa negara. Umar juga mengungkapkan secara nasional media massa di Sumsel baru tembus peringjkat 68 yang diraih oleh Harian Sumatera Ekspres dan peringkta 78 diraih oleh Harian Sriwijaya Post.
Sebelum acara pemberian penghargaan, melalui koordinator kegiatan tersebut, Rita Ariani sebagai koordinator pengawasan dan penilaian penggunaan bahsa Indonesia di Lembaga swasta (hotel) dan Basuki Sarwo Edi sebagai koordinator dan pengawasan dan penilaian penggunaan bahsa Indonesia di media massa. Pengwasan dilakukan pengawasan dan penilaian penggunaan Bahasa Indonesia pada Lembaga swasta (perhotelan) se-Palembang dan media massa se-Sumatera Selatan.
Baik Ketua PHRI Herlan Asfiudin dan Ketua PWI Sumsel Firdaus Komar, sangat mengapreasiasi kegiatan yang dilakukan oleh Balai Bahasa Sumsel. Menurut Herlan, pengelola hotel ternyata diawasi dan dinilai oleh Balai Bahasa. Oleh karena itu, Herlan mengucapkan terima kasih. Sementara itu Firdaus mengharapakn atas sinergi dengan Balai Bahasa Sumsel akan mengaktifkan Kembali Forum Bahasa Media Massa (FBMM) di Sumsel.” Pak Umar yang sebelumnya memimpin di Jabar, dan media massa di Jabar bisa tembus lima besar dalam penggunaan Bahasa Indonesia, dengan FBMM akan Kembali mengaktifkan dan semangat baru untuk meningkatkan keterampilan menggunakan Bahasa Indonesia. fk

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya