Pasang Iklan Murah Meriah

Lomba Bercerita Disambut Antusias

F31815E4 4290 426A B16D 229B2BB845E2

Budayakan Gemar Membaca Lewat Lomba Bercerita
Muara Enim,Extranews

Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muara Enim menggelar kegiatan lomba bercerita yang berlangsung di Hotel Griya Serasan Sekundang, Kota Muara Enim, Senin (22/3).
Lomba bercerita diikuti oleh para pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA Sederajat se-Kabupaten Muara Enim dalam upaya membudayakan minat baca. Lomba bercerita itu, dibuka langsung Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Pemkab Muara Enim, Amrullah Jamaluddin SE. Turut hadir Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muara Enim, Surya Panca Diharta.
Dia berharap, melalui lomba tersebut berdampak pada tumbuhnya kegemara budaya membaca masyarakat, utamanya anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. “Melalui kegiatan ini, diharapkan bisa memasyarakatkan perpustakaan dan kegemaran membaca melalui serangkaian kegiatan akan menambah semangat kita dalam meningkatkan budaya gemar membaca,” ucapnya .
Menurut Amrullah, menumbuhkan budaya gemar membaca di era sekarang ini diperlukan peran serta pemerintah daerah. Di antaranya melalui penyediaan fasilitas perpustakaan di tempat-tempat umum hingga pelosok daerah. Tak cukup itu, menumbuhkan budaya gemar membaca juga diperlukan peran guru dan orangtua. “Semua ini bagian upaya mewujudkan generasi yang cerdas dan berakhlak serta cinta akan budaya lokal di Bumi Serasan Sekundang,”ungkapnya.
Dirinya juga mengatakan perlu secara dini menanamkan pada anak-anak rasa gemar membaca berkesinambungan karena melalui membaca buku merupakan jembatan ilmu yang harus ditumbuh kembangkan pada diri anak-anak.
Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muara Enim, Panca Surya Diharta menerangkan tujuan lomba bercerita ini tidak lepas dari persoalan rendahnya minat baca pada anak-anak, pelajar dan masyarakat di Kabupaten Muara Enim.
Sehingga perlu dimotivasi dan support untuk lebih intensif mengunjungi perpustakaan serta menggerakkan dan menumbuhkan minat baca terutama pada anak-anak dan masyarakat. “Kita berharap agar kegiatan ini dapat terus diselenggarakan, mengingat kegiatan lomba bercerita ini merupakan salah satu wadah untuk menumbuh kembangkan kecintaan terhadap budaya lokal dan cerita rakyat dikalangan anak-anak yang pada akhirnya mereka dapat mengerti, mengetahui tentang cerita rakyat yang ada di Kabupaten Muara Enim dan juga Provinsi Sumatera Selatan,” pungkasnya.NH

BACA JUGA INI:   Taman Toga Mangun Jaya Memang Keren

FOTO BERSAMA : Staf Ahli Pemkab Muara Enim Amrullah Jamaluddin SE diampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muara Enim foto bersama dengan perserta.