- “Sirkulasi Udara di Dalam Kabin Pesawat Terjaga Baik”
- “Semua Penumpang (Tamu) yang Mengikuti Penerbangan Telah Dinyatakan Sehat (Melakukan Uji Kesehatan Sesuai Ketentuan) dan Terverifikasi”
BALIK PAPAN–KALTIM, Extranews – Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW), Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group menginformasikan bahwa menambahkan 1 (satu) lokasi di Balikpapan untuk kerjasama dengan fasilitas kesehatan (faskes) dalam rangka memperkuat jaringan uji kesehatan Rapid ANTIGEN. Dengan demikian, area ini memiliki 2 (dua) fasilitas.
Calon penumpang akan mendapatkan nilai lebih, efektif dan efisien dengan kehadiran lokasi fasilitas kerjasama PAM Clinic. Layanan dimaksud akan mengakomodir kebutuhan setiap calon penumpang Lion Air Group dari Kota Balikpapan, Balikpapan Timur, Balikpapan Utara, Balikpapan Barat, Balikpapan Tengah, Balikpapan Selatan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Penajam Paser Utara dan daerah lainnya di sektiar.”Ujarnya Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, dalam keteranganya yang diterima redaksi ExtraNews, Minggu (27/6/2021)
Lion Air Group bersama fasilitas kesehatan setempat, menyedikan pelaksanaan Rapid Test ANTIGEN di:
PAM Clinic
PAM Tower, Jalan Jenderal Sudirman No. 47, Area Mall E-Walk BSB, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76114
Waktu pelayanan:
· Senin – Jumat pukul 12.00 – 20.00 WITA
· Sabtu pukul 12.00 – 18.00 WITA
· Minggu dan libur nasional – tutup (tidak melayani)
Catatan: pendaftaran ditutup 30 menit sebelum jam operasional.
Penyelenggaraan Rapid Test ANTIGEN Covid-19 tetap berjalan sebagaimana pedoman protokol kesehatan, sesuai apa yang telah dijalankan oleh Lion Air Group, terjangkau dengan masa berlaku menurut ketentuan yang berlaku.
Lion Air Group bersama faskes tersebut bertujuan guna menyediakan kemudahan bagi penumpang dalam mempersiapkan dan melengkapi persyaratan dokumen perjalanan udara, yang akan bepergian menggunakan pesawat udara melalui keberangkatan dari Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan (BPN) dan bandar udara sekitar.
Di salah satu pintu udara Kaltim ini, Lion Air Group menawarkan pilihan penerbangan yang akan memberikan kesempatan bagi penumpang untuk melanjutkan perjalanan udara secara langsung dan terkoneksi ke Tanjung Selor, Berau, Nunukan, Malinau, Samarinda, Tarakan, Palangkaraya, Banjarmasin, Kotabaru, Batulicin, Ketapang, Jakarta (Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang dan Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma), Medan, Padang, Pekanbaru, Batam, Palembang, Tanjung Karang-Lampung, Pangkalpinang, Bandung, Yogyakarta Kulonprogo, Yogyakarta Adisutjipto, Semarang, Solo, Surabaya, Denpasar, Lombok, Labuan Bajo, Kupang, Tambolaka, Rote, Makassar, Kendari, Palu, Gorontalo, Manado, Ambon, Ternate, Sorong, Manokwari, Jayapura, Merauke dan kota-kota lainnya.
Untuk informasi: program digitalisasi dijalankan secara bertahap, setiap calon penumpang akan memperoleh surat keterangan hasil uji kesehatan secara elektronik (digital) dan terintegrasi dengan platform kartu kewaspadaan kesehatan elektronik (electronic Health Alert Card – eHAC) sebagai salah satu kelengkapan dokumen penerbangan.
Harapan terbesar penambahan jaringan kerjasama di Balikpapan ini akan mendorong percepatan pemulihan ekonomi melalui transportasi udara, mendorong tren permintaan penerbangan sejalan dengan komitmen Lion Air Group dalam mengoperasikan layanan yang tetap mengutamakan dan memenuhi unsur-unsur keselamatan, keamanan penerbangan dan dijalankan sebagaimana pedoman protokol kesehatan.
Persyaratan Rapid Test ANTIGEN Covid-19 Lion Air Group bersama fasilitas kesehatan, sebagai berikut:
1. Khusus penumpang yang mempunyai tiket pada penerbangan Lion Air Group,
Pembelian tiket (issued ticket) dan informasi perjalanan udara dapat diperoleh melalui: Kantor Pusat dan Kantor Cabang Penjualan Tiket (Ticketing Town Office) Lion Air Group di seluruh kota di Indonesia; www.lionair.co.id ; www.batikair.com ; Aplikasi perangkat smartphone (mobile apps) Lion Air dan Batik Air (pembelian tiket Wings Air juga bisa melalui website dan aplikasi tersebut); Call center 021-6379 8000 dan 0804-177-8899; mitra agen perjalanan (tour travel) dan online travel agent (OTA).
2. Voucher Rapid Test ANTIGEN Covid-19 dapat diperoleh secara langsung pada saat melakukan pembelian tiket (issued ticket),
3. Bagi penumpang yang sudah memiliki tiket pesawat Lion Air Group dan belum melaksanakan Rapid Test ANTIGEN Covid-19, maka dapat membeli voucher Rapid Test ANTIGEN Covid-19 dengan menunjukkan kode pemesanan (booking code) melalui sales channel seperti call center, kantor penjualan Lion Air Group, www.lionair.co.id , www.batikair.com , agen perjalanan (tour and travel) dan lainnya.
Sistem Sirkulasi Udara Terjaga Baik
Seluruh armada dilengkapi High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter atau penyaringan partikel yang kuat. HEPA filter membantu menjaga kebersihan udara di dalam kabin dan menyaring lebih dari 99,9% jenis virus, kuman, serangga dan bakteri. Udara di dalam kabin pesawat diperbarui setiap 2-3 menit, sehingga lebih segar. Untuk udara dari toilet (lavatory) dan dapur (galley) langsung dialirkan ke luar pesawat.
Peningkatan kegiatan kebersihan dan sterilisasi pesawat udara Lion Air Group secara berkala dengan metode Aircraft Exterior and Interior Cleaning (AEIC) yang dijalankan di pusat perawatan pesawat Batam Aero Technic (BAT) dan di berbagai basis bandar udara (base station) dimana pesawat Lion Air Group berada.
Lion Air Group tetap menerapkan semua ketentuan penerbangan yang berlaku selama masa waspada pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Hal ini sesuai rekomendasi aturan dari regulator serta komitmen Lion Air Group dalam beroperasi yang tetap mengedepankan faktor keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan (safety first) serta dijalankan sebagaimana pedoman protokol kesehatan.
Catatan:
27 Juni 2021, Secara total layanan Rapid Test ANTIGEN dari kerjasama DDSM, Klinik Lion Air Medika dan fasilitas kesehatan (faskes) lainnya telah menjangkau 76 titik layanan strategis di berbagai kota atau daerah di seluruh Indonesia, antara lain di Banda Aceh; Sumatera Utara: Medan, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Pematang Siantar; Sumatera Barat: Padang; Riau: Pekanbaru, Kepulauan Riau: Batam; Sumatera Selatan: Palembang, Kepulauan Bangka Belitung: Pangkalpinang, Tanjung Pandan; Bengkulu: Kota Bengkulu; Jambi: Kota Jambi; Banten: Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Tangerang Selatan; DKI Jakarta; Jawa Barat: Depok, Bogor, Cikarang-Kabupaten Bekasi, Bandung, Ciamis, Kabupaten Cianjur; Sulawesi Selatan: Makassar, Maros; Sulawesi Tenggara: Kendari; Sulawesi Tengah: Palu; Sulawesi Utara: Kota Manado; Kalimantan Selatan: Banjarmasin, Kabupaten Banjar, Banjarbaru; Kalimantan Timur: Balikpapan; Kalimantan Utara: Tarakan; Bali: Kabupaten Badung; Jawa Timur: Malang, Surabaya, Sidoarjo; Nusa Tenggara Timur: Kupang, Maumere, Bajawa; Labuan Bajo, Alor; Yogyakarta: Bantul, Sleman; Jawa Tengah: Semarang, Kabupaten Kendal, Tegal; Maluku: Ambon serta mempersiapkan di kota-kota atau bandar udara-bandar udara lainnya. [red]