oleh

Kurniawan, Pemimpin Bertangan Dingin Pilihan HD Resmi Jabat Plh Bupati Muara Enim Gantikan HNU

Muara Enim, Extranews —- Tampuk kepemimpinan dijajaran Pemerintah Kabupaten Muara Enim berganti. Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 352/KPTS/I/2022, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sumatera Selatan, Kurniawan A.P. M.Si resmi menjabat sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Muara Enim dari sebelumnya Penjabat (Pj) Bupati Drs H Nasrun Umar SH MM (HNU).

 

Penyerahan Surat Keputusan (SK) Pengangkatan sebagai Plh Bupati Muara Enim diterima langsung oleh Kurniawan dari Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru di Griya Agung, Kamis (12/5).

Dalam pengarahannya, Gubernur Sumsel H Herman Deru menegaskan penunjukan Kurniawan sebagai Plh Bupati Muara Enim memenuhi syarat administratif untuk menduduki jabatan tersebut.

“Kurniawan secara administratif memenuhi syarat untuk menduduki Plh Bupati Muara Enim, jabatan ini tak ubahnya Plt dan Pj, hanya secara formal sebutannya berbeda,”ujar Gubernur

Gubernur mengatakan Muara Enim merupakan Kabupaten tersohor di Sumatara Selatan karena kekayaan sumber daya alam melimpah. Untuk itu, sangat diperlukan sosok bertangan dingin yang dia percayakan kepada Kurniawan.

Selain itu, Muara Enim juga memiliki karekteristik masyarakat yang beragam seperti di Kecamatan Gelumbang hingga Semendo Raya.

“Sebagai Plh Bupati berdarah keturunan Muara Enim, saya yakin Kurniawan sangat tahu dan paham karakter masyarakat, Ibunya orang Lebak Budi,”ungkapnya

Gubenur melanjutkan, penunjukan Kurniawan sebagai Plh Bupati solusi dari kekosongan kepemimpinan setelah pensiunnya Drs H Nasrun Umar SH MM (HNU) per 11 Mei 2022.

Dengan dilanjutkannya tongkat estapet kepada Kurniawan, Gubernur tak ingin pelayanan pemerintahan kepada masyarakat terganggu. “Pembangunan yang telah terprogram juga tak boleh terganggu,”ucapnya

Bicara kapasitas, Gubernur menyebut Kurniawan telah meniti karir sangat tertata. Mulai dari jabatan Lurah, Camat, Kepala Dinas, Sekretaris Daerah kota Palembang hingga menjadi Kepala Kesbangpol Sumsel.

“Pengalaman-pengalaman ini diharap dapat menavigasi kerja dalam memimpin Muara Enim kedepan,”ulasnya

Sementara usai penyerahan SK, Plh Bupati Muara Enim Kurniawan A.P. M.Si mengatakan dirinya siap melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan di Kabupaten Muara Enim menggantikan Drs H Nasrun Umar SH MM. Kurniawan menegaskan untuk tahap awalnya, pihaknya akan fokus kepada pelayanan masyarakat.

“Pelayanan masyarakat dan roda pembangunan tak boleh terhenti, ini jangan sampai terganggu sesuai instruksi Gubernur,”tuturnya

Untuk segera mendekatkan diri kepada rakyat, Kurniawan mengaku siap terjun langsung untuk menjalin konsolidasi kepada masyarakat dan forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) Kabupaten Muara Enim.

Pihaknya juga belum memikirkan perombakan struktural dijajaran Pemerintah Kabupaten Muara Enim.

“Karena terjaminan pelayanan dan pembangunan di Kabupaten Muara Enim tetap berjalan semestinya yang paling utama, hal ini untuk melanjutkan pembangunan yang kondusif atau sesuai tujuan dan arah pembangunan,”pungkasnya.nur

Komentar