Pasang Iklan Murah Meriah

Janji Bangun Fly Over dari KAI Belum Terwujud

00001D79 3FCA 4ED1 9673 DEBAB6FF6068

Pemkab Kembali Tagih Janji Flyover dari PT KAI
Muara Enim-Extranews

Pemerintah Kabupaten Muara Enim kembali menagih janji perusahaan Kereta Api Indonesia (PT KAI) untuk segera merealisasikan pembangunan infrastruktur jalan layang (flyover) di jalan yang dilewati perlintasan KA.
Infrastruktur fly over ataupun terowongan (underpass) mendesak dibangun dalam upaya mengantisipasi kecelakaan hingga kemacetan diwilayah Kabupaten Muara Enim.
Hal ini dikemukakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Perekobang) Pemkab Muara Enim, Riswandar saat mengadakan pertemuan bersama Deputy Executive Vice President (EVP) PT KAI Divisi Regional (Divre) III Palembang, M Arifudin di Ruang Rapat Serasan Sekundang Kantor Bupati Muara Enim, pekan lalu.
Dikatakan Riswandar, Pemkab Muara Enim mempertanyakan kembali usulan mengenai pembangunan jalan layang ataupun jalan terowongan di beberapa titik jalan sebidang dengan perlintasan jalur kereta api.
Seperti di Kecamatan Gelumbang, Gunung Megang, Ujan Mas dan Muara Enim sehingga dapat mengatasi kemacetan, mengurangi risiko kecelakaan dan memperlancar aksesibiltas masyarakat.
“Pemkab Muara Enim serius akan usulan tersebut agar segera direalisasikan sehingga keselamatan dan kenyamanan masyarakat tetap diutamakan seiring terus bertambahnya intensitas angkutan maupun pembangunan infrastruktur PT KAI di Kabupaten Muara Enim,”kata Riswandar.
Disampaikannya, bahwa usulan Pemkab. Muara Enim kepada PT KAI tersebut merupakan tindak lanjut dari usulan Bupati Muara Enim, H Juarsah SH pada pertemuan 21 September 2020 lalu di Kantor Pusat PT KAI.
Kemudian dipertegas kembali oleh Plh. Bupati Muara Enim, Dr H Nasrun Umar SH MM, pada rapat koordinasi pelaksanaan program pembangunan dan pengembangan prasarana perkeretaapian di Kabupaten Muara Enim pada 1 Maret 2021 lalu.
Selain menekankan realisasi pembangunan flyover, Pemkab Muara Enim, lanjut Riswandar juga meminta PT KAI memperhatikan palang perlintasan yang masih rentan terjadi kecelakaan kendaraan. “Disini hendaknya PT KAI juga menambah petugas penjaga yang saat ini masih dibantu oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Muara Enim,”ucapnya.
Lebih lanjut, Riswandar juga menyampaikan pesan khusus Plh. Bupati agar nantinya jembatan kereta api dibangun dapat disesuaikan dengan estetika perbaikan arsitektur Jembatan Enim I dan Jembatan Enim II yang mengakomodir ke-khasan lokal.
Sementara itu, Deputy EVP PT KAI Divre III Palembang yang didampingi oleh APL Project Director 12 Unit Pengembangan PT KAI Divre III Palembang, Irfan, menegaskan PT KAI komitmen dengan janjinya untuk segera merealisasikan jalan layang dibeberapa titik perlintasan yang ada di Kabupaten Muara Enim.
Menurutnya usulan Pemkab. Muara Enim telah menjadi perhatian dan bagian prioritas PT KAI. “Pembangunan infrastruktur flyover di Kabupaten Muara Enim perlu ditindaklanjuti, mengingat kepentingan usaha maupun kegiatan PT KAI sangat banyak di Kabupaten Muara Enim,”jelasnya.NH
RAKOR : Asisten II H Riswandar mengadakan pertemuan bersama Deputy Executive Vice President (EVP) PT KAI Divisi Regional (Divre) III Palembang.

BACA JUGA INI:   Gubernur se Sumbagsel Dukung IPDN di Pagaralam