Pasang Iklan Murah Meriah

IPSI Kabupaten Muara Enim Lantik Pengurus Tingkat Kecamatan

IPSI Kabupaten Muara Enim Lantik Pengurus Tingkat Kecamatan
Ketua Pengkab IPSI Muara Enim Jonidi SH melantik pengurus IPSI Kecamatan secara simbolis

Muara Enim, Extranews – Disela laga kejuaraan pencak silat Bupati Muara Enim CUP dalam rangka HUT Kabupaten Muara Enim ke-76. Pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) tingkat kecamatan di Kabupaten Muara Enim periode 2022-2026 resmi dilantik, Jumat (28/10/2022) di Gor Takraw. Pengurus IPSI di 22 kecamatan ini dilantik Ketua Pengkab IPSI Muara Enim Jonidi SH

Hadir dalam acara tersebut, diantaranya Dandim 0404 Letkol Arh Rimba Anwar, Sekretaris IPSI Sumatera Selatan Drs Darlis, Ketua Bidang Sport Science KONI Muara Enim Emir Faisal, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Muara Enim Syarifudin, Sekretari IPSI Muara Enim Isa Ansori SE MSi dan stake holder.

Dalam kesempatan itu, Ketua Pengkab IPSI Muara Enim Jonidi SH mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus IPSI kecamatan yang dilantik. “Semoga mampu menjalankan amanah, dan harus dapat mempersatukan perguruan pencak silat yang ada di wilayah Muara Enim,” terangnya.

Jonidi menjelaskan, tugas IPSI selain sebagai pemelihara bidang olahraga juga sebagai pemelihara silatuhrahmi antar IPSI kecamatan dan harus membantu pembinaan olahraga di masyarakat. IPSI berada di bawah naungan KONI, yang merupakan wadah organisasi resmi beladiri. Selain itu, IPSI punya AD/ART berlaku dan harus dipatuhi.

BACA JUGA INI:   Championship Tingkat Nasional 2024, Pesilat Sudahan Bertabur Medali

“Berlangsungnya kegiatan kejuaraan pencak silat Bupati Muara Enim CUP dalam rangka HUT Kabupaten Muara Enim ke-76 dan pelantik serta pengukuhan IPSI Kcamatan ini berkat kerja keras dari kawan-kawan pengurus IPSI Kabupaten Muara Enim,” ujarnya.

Harapannya kepada pengurus IPSI Kecamatan untuk berkoordinasi menjalankan pembinaan para atlet mulai dari tingkat desa. “Inilah yang kami harapkan kepada kawan-kawan pengurus IPSI Kecamatan. Selain itu, kami juga berharap kepada Dispora dan KONI Muara Enim dalam persiapan agenda-agenda Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2023 mendatang, untuk kuota kejuaraan pesilat itu di full-kan,” harapnya.

Menanggapi permintaan Ketua Pengkab IPSI Muara Enim Jonidi SH tersebut, Ketua Bidang Sport Science KONI Muara Enim Emir Faisal, mengatakan pihaknya sangat mensuport pelantikan IPSI kecamatan sebagai bentuk pembinaan. “Oleh karena itu, kami membackup cabang olahraga dalam bentuk apa pun. Untuk diketahui juga, dalam waktu dekat KONI Kabupaten akan membentuk KONI Kecamatan agar tingkat kecamatan dan desa dapat mengetahui kegiatan program KONI sesungguhnya. Selain itu KONI Muara Enim akan memberangkatkan atlet untuk mengikuti kejuaraan sebanyak-banyaknya,” jelasnya.

BACA JUGA INI:   HNU Sidak, ASN Absen Dihukum

Dalam kesempatan yang sama Sekretaris IPSI Sumatera Selatan Drs Darlis, menyampaikan Seni budaya pencak silat ini adalah warisan leluhur yang harus kita kembangkan, kalau bukan kita siapa lagi? Diharapkan Pemerintah dan KONI siap bersinergi secara bersama dengan IPSI untuk sama-sama melestarikan dan mengembangkan pencak silat ini agar di setiap kecamatan terlahir para atlit yang yang berprestasi.

“Saya akan terus mendorong seni budaya dan olahraga pencak silat guna berkembangnya pelestarian seni budaya warisan leluhur kita agar bisa melahirkan para atlit pencak silat yang berprestasi. Untuk diketahui penyumbang prestasi mendali emas terbanyak adalah pencak silat, IPSI Kabupaten dan Kecamatan harus tau dan bangga,” ungkapnya.

BACA JUGA INI:   Upacara Sertijab Kabag Ops Polres Muara Enim

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Muara Enim Syarifudin menuturkan kegiatan ini diantaranya membangun cabang olah raga unggulan yaitu pencak silat secara berjenjang di tingkat kecamatan. “Dispora Muara Enim siap mensuport dan berjuang meningkatkan sarana dan prasarana dalam mendukung atlet-atlet Kabupaten Muara Enim. Tahun depan kami telah mengajukan pembangunan gedung bela diri, tolong doa-nya apa yang menjadi harapan kita dapat terwujud,” nyapungkasnya. [nur]