Investasi Hulu Migas 2022 Lampaui Capaian Sebelum Pandemi Covid-19

Investasi Hulu Migas 2022 Lampaui Capaian Sebelum Pandemi Covid-19

Jakarta, Extranews — Berbagai upaya telah dilakukanSatuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyakdan Gas Bumi (SKK Migas) dengan dukungan dari Pemerintahdalam meningkatkan iklim investasi hulu migas membuahkanhasil yang menggembirakan. Meskipun masih dalam situasipandemi Covid-19 serta ketidakpastian geopolitik akibatperang Rusia-Ukraina yang berdampak pada melambatnyaperekonomian dunia, realisasi investasi hulu migas di tahun2022 tercatat tertinggi dalam kurun waktu 7 (tujuh) tahunterakhir sejak 2016.

Realisasi investasi hulu migas 2022 mencapai US$ 12,3 miliaryang setara dengan Rp 182 triliun, lebih tinggi dibandingkaninvestasi di tahun 2021 yang sebesar US$ 10,9 miliar atausebesar 113% dari target. Capaian Investasi 2022 juga telahmelampaui investasi hulu migas sebelum pandemi Covid-19 di tahun 2019 yang tercatat sebesar US$ 11,7 miliar. Kinerjainvestasi hulu migas nasional di tahun 2022 yang naik 13% dibandingkan tahun lalu juga tercatat lebih baik dibandingkanrata-rata kenaikan investasi global yang hanya naik sebesar5%.

Realisasi investasi hulu migas tahun 2022 yang merupakantertinggi dalam 7 (tujuh) tahun terakhir sejak 2016 menunjukkan upaya meningkatkan iklim investasi sektor hulumigas telah menunjukkan kemajuan dan peningkatan dayasaing yang signifikan. Hal ini tentu tidak bisa lepas daridukungan yang diberikan oleh Pemerintah, baik dalam bentukinsentif maupun kemudahan-kemudahan lainnya. Kami jugalebih aktif melakukan jemput bola, melakukan promosi dantidak menunggu investor datang”, kata Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto dalam konferensi pers awal tahun 2023 di Jakarta (18/1).

Dwi menambahkan bahwa keberhasilan dalam meningkatkandaya saing industri hulu migas nasional yang ditandai denganmeningkatnya investasi adalah salah satu pencapaian positifdari transformasi SKK Migas yang telah dimulai sejak tahun2019.Pencapaian investasi hulu migas nasional di tahun2022 yang meningkat menunjukkan bahwa ada kepercayaanterhadap industri hulu migas nasional, bahwa industri ini akanterus berkelanjutan. Untuk tahun 2023, target investasi hulumigas sebesar US$ 15,5 miliar atau meningkat 26% dibandingkan realisasi investasi 2022 lebih tinggidibandingkatan peningkatan investasi global yang sebesar6,5%”, ujar Dwi.

Tingginya investasi hulu migas tahun 2022 berdampak positifpada peningkatan aktivitas eksplorasi dan aktivitas utama hulumigas. Deputi Eksplorasi Pengembangan Dan ManajemenWilayah Kerja Benny Lubiantara menyampaikan sejakpenurunan aktivitas eksplorasi akibat pandemi Covid-19 di tahun 2020, pada tahun-tahun selanjutnya aktivitas eksplorasiterus meningkat. “Jika tahun 2020 jumlah kegiatanpengeboran sumur eksplorasi sebanyak 21 sumur dengan nilaiinvestasi US$ 0,5 miliar, maka di tahun 2022 sudah meningkatmenjadi 30 pengeboran sumur eksplorasi dengan nilaiinvestasi US$ 0,8 miliar.  Target tahun 2023 sebesar US$ 1,7 Miliar untuk 57 pengeboran sumur eksplorasi”, kata Benny.

SKK Migas juga bisa merealisasikan penggantian cadanganyang diproduksikan bisa direalisasikan diatas 100% sejaktahun 2018, sebagai pondasi peningkatan produksi migasnasional di 2030 untuk mencapai produksi minyak 1 juta barelper hari (BOPD) dan gas 12 miliar kaki kubik perhari (BSCFD).

Deputi Eksploitasi Wahju Wibowo menyampaikan kegiatanpengeboran sumur pengembangan, workover dan well servicemeningkat. Kegiatan pengeboran sumur pengembanganterealisasi 760 sumur lebih tinggi dibandingkan tahun 2021 sebanyak 480 sumur atau meningkat 158%. Jumlahpengeboran sumur pengembangan tahun 2022 adalahterbanyak dalam 8 (delapan) tahun terakhir sejak 2015.

Wahju menambahkan untuk capaian lifting minyak dan gas belum mencapai target yang disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya tingginya kejadian unplanned shutdown. Terkaithal tersebut, SKK Migas sudah melakukan audit maintenancedan menyusun langkah-langkah implementasinya, harapannyadengan fasilitas produksi yang semakin baik dapat mendukungkegiatan program yang masif di tahun 2023.

Keselamatan kesehatan kerja dan lindungan lingkungan(K3LL) adalah prioritas di industri hulu migas. Capaian incident rate (IR) sebagai tolok ukur K3LL industri hulu migas, padatahun 2022 mencapai 0,25 atau lebih baik dibandingkan rata-rata IR hulu migas global yang sebesar 0,7. Terkait adanyaincident yang terjadi di hulu migas, maka hal ini menjadi alert bagi SKK Migas untuk terus melakukan perbaikan”, kata Wahju.

Selain mendorong peningkatan aktivitas dan investasi, SKK Migas juga melakukan upaya-upaya untuk meningkatkanefisiensi operasional hulu migas sehingga dapat memberikankontribusi yang optimal bagi penerimaan negara dan imbalhasil yang optimal bagi Kontraktor Kontrak Kerja Sama(KKKS).

Deputi Keuangan dan Komersialisasi, Kurnia Chairimenyampaikan bahwa efisiensi operasional hulu migas terusmeningkat. Tingginya aktvitasi operasional hulu migas, dapatdijaga seefisien mungkin. Efisiensi operasional hulu migasterlihat dari alokasi biaya cost recovery yang telah ditetapkanpada APBN sebesar US$ 8,65 miliar dapat digunakan denganefisien sehingga hanya terealisasi sebesar          US$ 7,8 miliaratau hanya sebesar 90,1% dari pagu anggaran.

Di tengah tingginya harga energi dunia serta kemampuanmenjaga biaya-biaya di industri hulu migas tetap efisien, menunjukkan bahwa daya saing industri ini terus mengalamipeningkatan. Hal ini juga sebagai bukti bahwa pengawasanoleh SKK Migas dapat dijalankan secara efektif sehinggamendorong peningkatan penerimaan negara yang lebihoptimal”, imbuh Kurnia.

Sebagai dari hasil peningkatan investasi dan kemampuanmenjaga biaya-biaya secara efisien, maka penerimaan negaradari hulu migas di tahun 2022 mencapai US$ 18,19 miliar atausetara dengan                     Rp 269 triliun atau 183% daritarget yang ditetapkan US$ 9,95 miliar. Jika dibandingkandengan data penerimaan negara sejak 2016, makapenerimaan di tahun 2022 adalah yang paling besar. Untuktahun 2023 target penerimaan negara ditetapkan sebesar US$ 15,88 miliar atau meningkat 159% dibandingkan target 2022”, terang Kurnia.

Selain sebagai sumber penerimaan negara, industri hulumigas turut mendukung peningkatan kapasitas nasional. Padatahun 2022 pencapaian TKDN hulu migas mencapai 64,75%atau lebih besar dibandingkan target 57% dan capaian tahun2021 sebesar 59%. Deputi Dukungan Bisnis Rudi Satwiko menjelaskan dengan capaian TKDN 2022 yang sebesar64,75%, dengan nilai pengadaan barang/jasa yang mencapaiUS$ 6,129 miliar maka yang dinikmati oleh pengusaha dalamnegeri mencapai US$ 3,704 miliar atau setara dengan Rp 45,5 triliun sehingga berkontribusi dalam menggerakkanperekonomian nasional dan daerah.

Rudi melanjutkan terkait upaya mempercepat rekomendasiperizinan di SKK Migas melalui layanan One Door Service Policy (ODSP) di tahun 2022 mencapai 1,02 hari atau lebihcepat 0,53 hari dibandingkan capaian 2021, dan jauh lebihcepat dibandingkan sebelum ada ODSP yang mencapai 14 hari.

Terkait dukungannya terhadap keberlanjutan lingkungan, salah satu kegiatan hulu migas dalam rangka Low Carbon Initiative, yaitu penanaman pohon di tahun 2022 mencapai2,06 juta pohon atau 12% diatas target yang ditetapkan 1,65 juta pohon”, ujar Rudi.

Untuk mendukung kinerja dan pengawasan yang efektif, SKK Migas telah membangun tata kelola dan organisasi yang dapatmenciptakan budaya bersih. Pengawas Internal SKK Migas Eko Indra Heri menyampaikan bahwa selain menerapkanprinsip 4 No (No Bribery, No Kickback , No Gift, No Luxurious Hospitality) dan PRUDENT, SKK Migas telah mendapatkansertifikasi ISO 3700:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan. Kepatuhan terhadap LHKPN dapat dipertahankandengan 100% pimpinan dan pegawai SKK Migas telah mengisiLHKPN, serta pakta integritas yang terus diingatkan pada saatmembuka perangkat komputer yang terhubung denganjaringan SKK Migas.

Perkembangan Long Term Planning (LTP)

Wakil Kepala SKK Migas Nanang Abdul Manaf menyampaikanuntuk mencapai target 2030, untuk strategi improving existing asset di tahun 2023 program lebih agresif dengan target pengeboran sumur pengembangan mencapai 991 sumur ataumeningkat 59% dibandingkan 2022. Dalam posisi 3 tahunterakhir, 2021-2023, target minyak di 2020-2021 belummencapai target sehingga menimbulkan GAP, menyikapi haltersebut di tahun 2023 SKK Migas dan KKKS telah menyusunberbagai langkah agar tahun ini menjadi turning point melaluieksekusi program kerja yang masif sehingga dapatmeningkatkan produksi migas nasional.  Nanangmenambahkan terkait dengan ekstraksi sumber daya alamnaturalnya adalah decline sehingga bagaimana melakukantransformasi dari sumber daya menjadi produksi.

Lebih lanjut Nanang menyampaikan kegiatan waterflood danenhance oil recovery (EOR) sebagai tertiary recovery telahberprogres di WK Rokan, Tanjung, Jatibarang dan Gemah. Seperti di Tanjung saat ini sedang field trial polymer dan ketikaberhasil akan diikuti dengan kegiatan full scale.  Tahun 2022, KKKS cukup masif melakukan eksplorasi, dan dari 31 sumursebanyak 10% ada di area terbuka yang artinya lama tidakada eksplorasi dan berhasil menemukan cadangan di Andaman. Ada harapan eksplorasi kedepannya dapatmenghasilkan giant discovery – giant discovery yang baru.

TENTANG SKK MIGAS

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyakdan Gas Bumi (SKK Migas) adalah institusi yang dibentuk olehpemerintah Republik Indonesia melalui Peraturan Presiden(Perpres) Nomor 9 Tahun 2013 tentang PenyelenggaraanPengelolaan Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi. SKK Migas bertugas melaksanakan pengelolaan kegiatan usahahulu minyak dan gas bumi berdasarkan Kontrak Kerja Sama. Pembentukan lembaga ini dimaksudkan supaya pengambilansumber daya alam minyak dan gas bumi milik negara dapatmemberikan manfaat dan penerimaan yang maksimal baginegara untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.Rel 

Komentar