Hadiri Deklarasi Relawan ‘KIB’ Eks Petinggi KPK Terang-Terangan Dukung Anies jadi Presiden RI

JAKARTA, ExtraNews – Mantan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang terang-terangan menyatakan dukungan kepada Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk maju sebagai calon presiden pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Dukungan itu disampaikannya saat menghadiri deklarasi relawan Sekretariat Bersama (Sekber) Kuning-Ijo-Biru atau disingkat ‘KIB’ yang menyatakan dukungan kepada Anies di sebuah hotel kawasan Jakarta Pusat pada Rabu (1/2/2023).

“Jadi pertanyaannya Saut ngapain di sini? Jawabannya ya untuk presiden yang berintegritas-lah,” tegas Saut.

Dia mengaku, saat menjadi petinggi KPK, salah satu tugasnya memetakan tokoh-tokoh yang dominan.

“Kebetulan salah satu background saya banyak, jadi saya memetakan seseorang secara detail, kemudian karena memang salah satu tugas saya di KPK itu melihat tokoh-tokoh yang dominan,” ujarnya.

Dari sejumlah tokoh yang dianalisa, Saut berhenti pada sosok Anies. Dia meyakini Anies bisa menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada.

“Jadi saat ketika saya di KPK, menyimpulkan ini pasti bakal jadi presiden orang ini (Anies),” ujarnya.

“Ya saya melihat orang mencari presiden itu, orang yang bisa menjawab medan perang Indonesia itu seperti apa. Medan perang kita kan sangat ruwet,” sambungnya.

Dia menjelaskan, medan perang yang dimaksudnya yakni situasi negara yang penuh dengan ketidakpastian. Untuk menghadapinya membutuhkan sosok yang berintegritas.

“Saya bukan politisi, saya juga antikorupsi tapi saya juga harus berpihak pada kebenaran, kejujuran dan keadilan. Dan itu tidak boleh ditawar,” tegasnya.

Relawan Kuning-Ijo-Biru atau ‘KIB’ gabungan dari tiga kelompok relawan Anies yaitu Go-Anies (Kuning), Forum Ka’bah Membangun (Ijo) dan Amanat Indonesia (Biru).

Tiga kelompok relawan itu dipimpin kader dari tiga partai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yaitu Ketua Go-Anies, Sirajuddin Abdul Wahab dari kader Golkar, Ketua Forum Ka’bah Membangun, Habil Marati kader partai PPP, dan Ketua Umum Amanat Indonesia, Sahrin Hamid dari PAN.

Ketiganya pun telah mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan untuk maju sebagai calon presiden.

“Kami tiga simpul relawan Go-Anies, Forum Ka’bah Membangun, Amanat Indonesia (Anies) di seluruh Indonesia dengan ini menyatakan membentuk Sekretariat Bersama dengan nama Kuning-Ijo-Biru (Sekber KIB),” kata Sirajuddin Abdul Wahab membacakan deklarasinya.

Relawan Kuning-Ijo-Biru yang mereka bentuk dijadikan wadah untuk memenangkan Anies pada pemilihan umum 2024 mendatang.

“Sebagai wadah bersama, setara, dan solid untuk memperjuangkan dan memenangkan Anies Rasyid Baswedan sebagai Presiden Republik Indonesia,” kata Sirajuddin. [*suara]

 

Komentar