Desa Cinta Statistik Dilaunching di Lahat

Wakil Bupati Lahat Melaunching Desa Cinta Statistik

Lahat, Extranews – Dengan tema ” membangun data memberdayakan sumber daya”, wakil bupati Lahat H Haryanto, SE, MM, melaunching desa Manggul sebagai desa cantik ( cinta statistik ),yang bertempat di kantor desa Manggul, kecamatan Lahat, kabupaten Lahat, Rabu (30/06).

Desa cantik merupakan program percepatan dari badan pusat statistik, dalam ruang lingkup desa, kelurahan untuk meningkatkan kompetensi aparat dalam mengelola dan memanfaatkan data, sehingga perencanaan pembangunan desa menjadi lebih tepat sasaran, hal ini bertujuan agar perangkat desa lebih paham statistik, sehingga melahirkan komunitas cinta statistik di desa, dan dapat bertransformasi menjadi subyek pembangunan.

Kegiatan tersebut di hadiri unsur forkopimda, asisten ll, jajaran kepala SKPD lingkup Lahat, kepala BPS propinsi, kepala BPS kabupaten, camat, kepala desa dan tamu undangan lainnya.

Kepala BPS kabupaten Lahat, Ir, H, Chairanita Kurniarita MSI, menjelaskan dalam sambutannya, bahwa program desa cantik merupakan terobosan besar yang di buat badan pusat statistik ( BPS ).

” saat ini pembangunan indonesia di mulai dari desa, untuk itulah BPS mencoba terobosan dengan program desa cantik” urainya.
” program tersebut dilaksanakan di seluruh Indonesia, tetapi karna keterbatasan dana, BPS mencoba di seratus desa , yang salah satunya berada di kabupaten Lahat, yaitu desa Manggul” jelasnya.

Kepala BPS propinsi yang dalam hal ini di sampaikan oleh Irwanto S,si MM, berharap kepada aparat desa, agar belajar dan faham tentang statistik, dan juga berharap kiranya desa Manggul dapat menjadi contoh bagi desa – desa lain.

” Alhamdulillah desa Manggul telah memiliki sarana dan prasarana yang lengkap, guna melaksanakan program desa cantik” tuturnya.
” saya ucapkan selamat kepada desa Manggul, yang terpilih dari 100 desa yang ada di Indonesia” sambungnya.

Sementara di tempat sama, wakil bupati Lahat, H Haryanto SE, MM, menjelaskan bahwa inovasi perlu dorongan, karna ada format yang di atur oleh BPS , mulai dari luas wilayah, ruang ekonomi, kondisi infrastruktur, dan semua data lainnya.

” kita patut bersyukur dan bangga, kira nya salah satu desa yang ada di wilayah kabupaten Lahat terpilih untuk mengikuti program desa cantik” ungkapnya.
” Semoga kedepan desa Manggul dapat menjadi contoh dan teladan bagi desa lainnya” harapnya.
” Kami pemerintah kabupaten Lahat mendukung penuh, dengan program desa cantik ini, semoga hal ini dapat memicu pelayanan terhadap masyarakat lebih efektif dan efisien” tutupnya.

Kemudian acara di lanjutkan dengan pemberian piagam penghargaan dari kepala BPS propinsi, ke wakil bupati Lahat, dan selanjutnya pemberian piagam penghargaan dari wakil bupati kepada kepala desa Manggul.

Ahmad

Komentar