oleh

Deru Minta PTQ Nasional RRI Lebih Gebyar

Deru Minta PTQ RRI Lebih Gebyar

Palembang, Extranews —-  Gubernur Sumsel H Herman Deru minta pelaksanaan Pekan Tilawatil Quran (PTQ) Nasional di Palembang agar lebih gebyar.  Ribuan santri dari sekitar 500 pesantren di Sumatera Selatan dipastikan akan menyemarakkan  kegiatan Pekan Tilawatil Quran (PTQ) Tingkat Nasional ke 51 yang akan diselenggarakan di Palembang, Sumatera Selatan, 5-10 Mei 2020.

Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, mengungkapkan, dipastikannya penyelenggaraaan PTQ tingkat nasional di Sumatera Selatan merupakan kabar gembira bagi seluruh umat muslim di Sumatera Selatan, terlebih penyelenggaraannya dilaksanakan dibulan Ramadhan.

PTQ RRI ke 51 akan menyelenggarakan tiga kategori lomba, masing-masing Tilawah, Tausiyah dan Tahfidz. Herman Deru mengatakan, selain kegiatan itu, dirinya juga mendorong keterlebatan semua pihak seperti pesantren, madrasah dan perguruan tinggi islam.

“Selain tiga lomba utama mungkin nanti ada juga acara yang menyertai seperti lomba mubaligh cilik atau lomba antar rumah tahfiz. Sumsel ini punya 500 pesantren, ribuan sekolah madrasah dan perguruan tinggi islam. Semua akan kami libatkan. Saya ingin PTQ ini semarak karena ini adalah syiar agama,” ujar Herman Deru kepada wartawan usai Penandatangana Kesepakatan Bersama (MoU) Pemprov Sumsel dengan LPP RRI tentang Dukungan Pelaksanaan Pekan Tilawatil Quran (PTQ) Tingkat Nasional 2020 di Ruang Rapat Gubernur Sumsel, Senin (3/2/2020).

Sementara Direktur Utama LPP RRI, M Rohanudin, mengaku siap untuk memberikan sesuatu yang berbeda dalam pelaksanaan PTQ yang menjadi agenda tahunan RRI. Penyelenggaraan PTQ ini diharapkan dapat memberikan dampak luas tidak hanya bagi daerah tapi juga untuk syiar agama islam.

“Semua akan kami libatkan, mulai dari Pemda, akademisi hingga penggiat seni islami. Ini adalah spirit yang bagus, saya pikir semangat Indonesia akan lahir dari Sumatera Selatan,” beber Rohanudin.

Tidak hanya penandatangan MoU, pada hari yang sama juga ditandatangani MoA (Memorandum of Action) antara Pemprov Sumsel dan RRI yang menandai segera dibentuknya kepanitiaan PTQ RRI tingkat Nasional 2020.

PTQ RRI tingkat Nasional 2020 direncanakan akan dipusatkan di Masjid Sultan Mahmud Badaruddin Jaya Wikramo Palembang. Tidak kurang dari 400 peserta hasil seleksi terbaik dari seluruh provinsi di tanah air akan bersaing pada ajang tersebut. Rri/ fk

Komentar