oleh

Covid 19 di Muaraenim : Tambah 2 Kasus Positif, 44 Sembuh

Covid 19 di Muaraenim : Tambah 2 Kasus Positif, 44 Sembuh

Muara Enim,Extranews -Hampir setiap hari Kasus positif covid-19 diMuara Enimengalami pertambahan di Wilayah Kabupaten Muara Enim. Seperti pada senin disebutkan Satuan Gugus Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Muara Enim menyebut ada penambahan 2 kasus baru pada, Senin (20/7). “Dua kasus baru berasal dari Kecamatan Muara Enim dan Rambang Niru,”ungkpa Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Muara Enim, Panca Surya Diharta SH, Senin (20/7) kemaren.

Panca mengatakan, penambahan kasus baru tersebut membuat jumlah warga yang terkonfirmasi covid-19 diwilayah Kabupaten Muara Enim menjadi 114 orang. Dari jumlah tersebut hanya 67 orang yang masih dirawat sementara 44 lainnya sembuh dan 3 meninggal dunia. 

Dijelaskannya, sebanyak 67 pasien yang dirawat ditempatkan di tiga rumah sakit yakni Rumah Sakit HM Rabain, Rumah Sehat Islamic Center dan Rumah Sakit Bukit Asam Medika, Tanjung Enim, Lawang Kidul. 

“Adapun jumlah pasien dirawat mayoritas berada di dua kecamatan zona merah yakni Muara Enim dan Lawang Kidul, masing-masing ada 27 orang pasien dirawat sehingga ditotal ada 54 pasien di zona merah,”paparnya.

Berita Terkait!:   Turnamen Gaplek Danrem, YLKI dan PWI Sumsel Berakhir Inilah Juaranya !

Selain jumlah warga yang terpapar, Satgas covid-19 Kabupaten Muara Enim juga mengupdate jumlah Pasien Dalam Pemantauan (PDP) dan Orang Dalam Pengawasan (ODP). Adapun jumla ODP di Muara Enim sebanyak 395 dengan selesai pemantauan 379 dan 16 lainnya masih dipantau. “Sedangkan PDP total ada 20 orang, 19 diantaranya selesai pengawasan dan 1 masih proses pengawasan,”jelasnya.

Terkait jumlah sampel PCR yang dikirim ke BBLK Palembang, Panca menyebut tim satgas telah mengirim sebanyak 700 sampel. Dari keseluruhan sampel dihasilkan 67 sampel positif dan 254 negatif. “Lalu sisanya 253 sampel masih proses pemeriksaan,”ujarnya.

Lanjutnya, guna menekan kasus dan penyebaran, selain berupaya meningkatkan angka kesembuhan pasien, tim satgas juga terus mengintensifkan sosialisasi protokol kesehatan kepada masyarakat. 

Menurutnya, sosialisasi mengenai 3 M atau Memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menghindari keramaian masih dinilai efektif untuk menekan laju angka penyebaran covid-19 di Muara Enim.  “Karena itu sangat diharapkan kewaspadaan dan kerjasama masyarakat supaya wabah covid-19 bisa segera diatasi,” terangnya.NH

Komentar