oleh

Berenang di Cibulan dengan Ikan Dewa

Ucapan Terimakasih atas suksesnya HPN dan HUT PWI Sumsel ke 75
Ikan Dewa yang Terkenal dan Dikeramatkan itu
ExtraNews -Kuningan, salah satu kabupaten  yang terkenal di Provinsi Jawa Barat. Dikenal dengan kota yang memiliki banyak tempat wisata, karena terletak di kaki Gunung Ceremai menjadikan kuningan memiliki banyak mata air dan curug untuk dijadikan tempat wisata. 
Tempat yang menjadi destinasi wisata favorit di wilayah Kuningan adalah Pemandian Cibulan, berenang bersama ikan dewa yang tidak hidup didaerah lain selain di wilayah ini menjadi kesenangan tersendiri terlebih ikan-ikan disini sudah biasa dan cenderung jinak dengan manusia.

Kolam mata air ini menjadi berkah untuk masyarakat setempat, karena dengan adanya tempat wisata ini mereka bisa membuka berbagai macam warung untuk menjual dari berbagai jenis makan sampai kerajinan tangan khas Kuningan Jawa Barat. Bisa dibilang tempat ini menmbuhkan perkembangan ekonomi masyarakat setempat dan tentu jika Kolam Cibulan di jaga dan ditata dengan baik akan membawa manfaat yang besar dan panjang untuk masyarakat setempat.

Lokasi Kolam Pemandian Cibulan

Terletak di Desa Manis Kidul, Jalaksana, Kuningan Jawa Barat. Cukup dekat jika ditempuh dari Kota Kuningan, sekitar 7 Kilometer dan memiliki jalan yang cukup jelas dan baik kondisinya. Patokanya cukup mudah yaitu dibawah gunung Ceremai dekat dengan jalan menuju museum Perjanjian Linggarjati.

Kendaraan yang bisa digunakan antara lain kendaraan pribadi dan angkutan umum, jika menggunakan angkutan umum kalian bisa memilih dari jalur jalan Kuningan Cirebon. Hanya saja memang agak sulit menggunakan angkutan umum karena harus beberapa kali naik angkutan.

Kolam 1 yang terbagi untuk anak-anak dan Kedalam Sedang

Tiket Masuk dan Parkir.
Tiket masuk berkisar Rp. 12.000 untuk anak-anak dan Rp. 15.000 untuk dewasa.
Parkir berkisar antara Rp. 5.000 untuk motor dan Rp. 10.000 untuk Mobil.
Jam Operasional jam 08.00 – 17.00 WIB

Fasilitas di Kolam Pemandian Cibulan.
Terdapat 3 kolam yang bisa di coba untuk merasakan sensasi berenang dengan ikan dewa, kolam untuk anak-anak, untuk dewasa yang tidak terlalu dalam dan kolam dalam khusus untuk yang ingin merasakan sensai melompat dari ketinggian dan ditunggu oleh ratusan ikan dewa di Kolam tersebut.

Terdapat pula fasilitas kamar mandi bilas, ganti pakaian, dan toilet yang cukup bersih. Terdapat pula area untuk berkumpul bersama keluarga dan warung-warung untuk membeli makanan. Untuk shalat pun disediakan untuk pengunjung yang ingin menunaikan ibadah shalat.

Tempat parkir yang disediakan tempat wisata inipun relatif luas dan nyaman, dan antara tempat parkir dan pintu masuk pemandian Cibulan juga tidak terlampau jauh. Tempat ini dikelilingi pepohonan yang rimbun dan membuat suasana adem dan cenderung sejuk, disamping itu suhu disini juga dingin karena memang terletak diketinggian.

Kolam Pemandian masih alami.  Airnya pun Jernih dan Dingin.

Ikan Dewa Kolam Pemandian Cibulan.

Memiliki 3 kolam, yang memiliki kedalam berkisar 60 – 120 cm, bagusnya adalah disini ada tempat khusus yang diperuntukan untuk anak-anak. Oleh pengelola kola mini dikuras setiap 2 minggu sekali, walaupun ini adalah mata air tapi tetap perlu dibersihkan dan ajaibnya kata masyarakat setempat saat di kuras ikan-ikan dewa menghilang secara tiba-tiba seakan tidak ada, tapi setelah proses menguras selasai maka ikan-ikan tersebut muncul kembali.

Ikan dewa dianggap sacral karena mitosnya adalah bermula dari Prabu Siliwangi yang murka terhadap para pengikutnya sehingga dikutuklah mereka menjadi ikan, jadi masyarakat setempat percaya bahwa ikan dewa adalah jelmaan manusia. Dan mereka percaya bahwa ikan dewa jumlahnya tidak bertambah dan berkurang, entahlah apakah kisah ini benar atau tidak.

Sumur Tujuh.

Ada tempat yang dikeramatkan di tempat ini, yaitu sumur 7 yang memiliki mata air yang disakralkan. Sumur ini berbentuk kolam-kolam kecil yang memiliki nama-nama yang asing bagi saya. Sumur Cirancana, Cisadane, Kemulyaan, Pengabulan, Kemudahan Kejayaan, Keselamatan. Mitosnya adalah jika seseorang melihat munculnya kepiting emas di Sumur Cirancana, maka segala keinginanya akan terkabul. Entahlah kisah ini benar atau tidak, mungkin ini hanya kearifan lokal yang dijaga oleh masyarakat setempat untuk menjaga kelestarian tempat ini.

Tips berwisata di Cibulan
  • Datang Pagi-Pagi, karena tempat ini masih sepi dan sehingga berenang cukup nyaman.
  • Jagalah barang-barang pribadi, membawa keluarga lebih enak.
  • Bawa kamera under water, karena bisa berfoto dengan ikan dewa di bawah air.
  • Bawa baju ganti dan alat mandi.
  • Jagalah kebersihan dan ikuti aturan di yang dibuat oleh pengelola.
[red/*]

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya