oleh

Astra Berhasil Kurangi 420 Ton Sampah Plastik

Jakarta, Extranews —  Seiring dengan hari ulang tahun (HUT) ke-64 pada bulan ini, Astra mengajak masyarakat dan insan Astra menggaungkan Semangat Melaju Bersama agar dapat memberikan inspirasi kepada masyarakat luas dan berkontribusi bagi bangsa.
Salah satu wujud inspirasi dari Grup Astra yang melibatkan masyarakat luas adalah gerakan Semangat Kurangi Plastik, yakni sebuah gerakan yang berangkat dari keprihatinan seluruh karyawan Grup Astra terhadap masalah yang ditimbulkan oleh
sampah plastik.
“Tema HUT ke-64 Astra menggambarkan ajakan kepada seluruh masyarakat dan insan Astra untuk tetap bertahan serta mulai melaju bersama-sama dalam menggapai cita-cita, harapan serta memberikan inspirasi bagi masyarakat luas dan berkontribusi bagi bangsa,” ujar Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah pada hari ini (24/2).
Gerakan Semangat Kurangi Plastik tersebut dilakukan melalui pengurangan penggunaan plastik sekali pakai, meningkatkan kesadaran akan bahaya pencemaran sampah plastik, meningkatkan kepedulian, dan memberikan edukasi tentang cara pengolahan sampah plastik secara efektif.
Sejak gerakan ini diluncurkan pada Februari 2020, Grup Astra berhasil mengurangi 420 ton sampah plastik hingga Februari 2021. Angka tersebut berasal dari 60 ton sampah plastik dari Grup Astra dan selebihnya yaitu 360 ton yang dikelola dari 86 bank sampah binaan Grup Astra di seluruh Indonesia.
Pengolahan sampah plastik dilakukan melalui program 6R yakni refine, reduce, reuse, recycle, recovery, retrieve to energy tidak hanya menghasilkan produk kerajinan tangan, tetapi juga bahan bakar.
Hingga saat ini, gerakan Semangat Kurangi Plastik diikuti oleh perusahaan- perusahaan Grup Astra dan yayasan di bawah naungan Astra dengan melibatkan masyarakat luas untuk ikut serta mengurangi pencemaran lingkungan dari limbah tersebut.
Inovasi Dari KBA Pekayon
Inspirasi kepada masyarakat luas juga ditunjukkan oleh Kampung Berseri Astra (KBA) Pekayon, Bekasi Selatan, yang bersama-sama mengajak masyarakat selalu sadar pentingnya mengurangi penggunaan sampah sekali pakai untuk melestarikan lingkungan sekitarnya.

Bagus DiBaca Juga:   Lima Kali Berturut-turut PHE Jambi Merang Raih PROPER Emas

“Tentu menjadi tantangan dalam mengajak 754 penduduk KBA untuk mengurangi penggunaan sampah plastik sekali pakai. Butuh proses panjang untuk mengubah kebiasaan lama menjadi kebiasaan baru,” ujar Lala Ratna Gozali, tokoh penggerak KBA Pekayon tersebut.
Berbagai aksi dilakukan untuk menekan pengurangan sampah plastik sekali pakai di wilayah KBA Pekayon. Salah satunya dengan program Gerakan Mengurangi Plastik Pasar (Gempar) yang baru saja diluncurkan.
Proses penyuluhan berlangsung dengan mendatangi pasar-pasar dan pedagang sayur keliling di sekitar KBA Pekayon untuk memberikan penyuluhan agar pedagang
tidak menyediakan kantong plastik sekali pakai.
KBA Pekayon juga memiliki program bank sampah untuk mengajak para warga memahami dalam memilah sampah, hingga saat ini para warga berhasil mengumpulkan 570 kg sampah plastik sekali pakai, serta program pemanfaatan minyak jelantah sebagai bahan dasar sabun organik.
“Meski telah tergabung dalam jaringan KBA selama 6 tahun, tetap saja saya bersama para aktivis disini rohnya sudah bergerak untuk lingkungan,” tutur Lala yang terus mengobarkan semangat peduli lingkungan selama 18 tahun.
Melalui gerakan Semangat Kurangi Plastik, program-program tersebut diharapkan dapat menekan jumlah sampah plastik sekali pakai di Indonesia dan mendorong masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitarnya.
Gerakan tersebut masih akan terus berlanjut, berbagai upaya akan terus dilakukan secara bersama-sama untuk melestarikan lingkungan dan alam kita untuk kualitas kehidupan yang lebih baik. Hal tersebut sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa.

Bagus DiBaca Juga:   Diminta Jadi Endorse, Dodi Reza Semangati Pelaku UMKM Jateng

Tentang Astra
PT Astra International Tbk didirikan di Jakarta pada tahun 1957 sebagai sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama Astra International Inc. Pada tahun 1990, dilakukan perubahan nama menjadi PT Astra International Tbk, dalam rangka penawaran umum perdana saham Perseroan kepada masyarakat, yang dilanjutkan dengan pencatatan saham Perseroan di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan ticker ASII.

Astra telah mengembangkan bisnisnya dengan menerapkan model bisnis yang berbasis sinergi dan terdiversifikasi pada tujuh segmen usaha, terdiri dari: 1) Otomotif, 2) Jasa Keuangan, 3) Alat Berat, Pertambangan, Konstruksi & Energi, 4) Agribisnis, 5) Infrastruktur dan Logistik, 6) Teknologi Informasi, dan 7) Properti.
Kegiatan operasional bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia dikelola melalui 238 anak perusahaan, ventura bersama serta entitas asosiasi, didukung oleh 187.365 karyawan, berdasarkan data Desember 2020.
Sebagai salah satu grup usaha terbesar nasional saat ini, Astra telah membangun reputasi yang kuat melalui penawaran rangkaian produk dan layanan berkualitas, dengan memerhatikan pelaksanaan tata kelola perusahaan dan tata kelola lingkungan yang baik. Astra senantiasa beraspirasi untuk menjadi perusahaan kebanggaan bangsa yang berperan serta dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.
Oleh karena itu, kegiatan bisnis Astra berupaya menerapkan perpaduan yang berimbang dalam aspek komersial
bisnis dan sumbangsih non-bisnis melalui 9 yayasan yang dibinanya, juga melalui beragam program tanggung jawab sosial berkelanjutan Astra Untuk Indonesia Sehat, Astra Untuk Indonesia Cerdas, Astra Untuk Indonesia Hijau, dan Astra Untuk Indonesia Kreatif.
Astra menginisiasi program Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards yang tahun ini memasuki tahun kesebelas dan telah mengapresiasi 397 anak muda, yang terdiri dari 70 penerima tingkat nasional dan 327 penerima tingkat provinsi di lima bidang, yakni Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan Teknologi. Beberapa penerima apresiasi tersebut telah dikolaborasikan oleh Astra dengan 116 Kampung Berseri Astra dan 755 Desa Sejahtera Astra di 34 provinsi di seluruh Indonesia.
Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.astra.co.id & www.satu-indonesia.com, serta ikuti kegiatan Astra melalui Instagram (@satu_indonesia), YouTube (SATU Indonesia), Facebook (Semangat Astra Terpadu), dan Twitter (@satu_indonesia). Rel/fk

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya