oleh

Alasan Kapok Naik Gunung

Mencoba untuk Menjadi Dirigen Alam
Siapa yang pernah menyesal naik gunung? Kaki rasanya udah kebas dan sakit, tapi track masih jauh dan terus nanjak ga habis-habis. Kadang perasaan menyesal terbesit di dalam hati, kenapa begini amat ya mendaki gunung. Capeknya ga habis-habis, sampai kapan nanjak ini berakhir?? Hahaha
Kalau sudah begini, mau ga mau kaki ini harus terus dipaksakan melangkah. Karena ga mungkin lagi kita turun balik ke basecamp, soalnya sama capeknya dengan turun gunung. Dilema ini kadang dimiliki oleh para pendaki, khususnya para pendaki pemula yang baru mulai mendaki dan terlalu banyak ekspektasi indah yang ada di benaknya dan lupa kalau naik gunung Gunung itu olahraga yang capek.
Ada beberapa alesan kok bisa sih rasa “Kapok” hinggap saat naik Gunung, menurut beberapa orang ada sebabnya dan ini menjadi alasan yang umum bagi para pendaki khususnya pendaki pemula.
Langsung ke Gunung dengan Medan yang Berat
Mereka yang belum pernah naik Gunung, disuruh ke naik Gunung Raung maka pasti mereka akan tersedu-sedu di perjalanan. Oleh karena medan di Gunung Raung termasuk dalam kategori yang extrim dan tidak cocok untuk pemula, mereka yang mendaki pertama kali akan menyesal karena medanya yang bikin lemes dengkul. Jadi jangan salah pilih gunung,  harus riset kalau perlu karena kalian perlu banyak informasi terlebih ini gunung pertama kalian.
Kurang Persiapan Fisik dan Mental
Fisik dan Mental yang tidak terlatih akan membuat perjalanan kalian tidak menyenangkan, karena perjalanan kalian akan dihiasi dengan kelelahan yang tak berkesudahan karena daya tahan kalian buruk. Disamping itu bisa jadi perjalanan kalian akan dihiasi dengan cidera yang tidak berkesudahan juga, karena tubuh kalian tidak terlatih secara fisik. 
Mental juga mempengaruhi ambisi kalian dalam mendaki, bulatkanlah tekad kalian bahwa kalian bisa mendaki gunung ini sampai puncak dan turun lagi dengan selamat. Hal ini sangat penting untuk dijadikan motivasi karena makna dari mendaki adalah tentang bagaimana kalian mengendalikan diri kalian.
Terlalu Menggampangkan Naik Gunung
Meremehkan gunung adalah salah satu kesalahan yang cukup fatal, mungkin pada saat itu kalian mendaki gunung yang relatif memiliki ketinggian yang rendah dan kalian yakin bahwa baik-baik aja dengan membawa persiapan yang seadanya. Ini adalah kesalahan yang cukup fatal, karena gunung adalah alam bebas yang tidak bisa diprediksi kondisinya. Persiapan yang matang sesuai dengan kebutuhan kalian akan membuat kalian mendaki dengan nyaman, tentu menjadikan perjalanan kalian penuh kesan yang baik.
Naik Gunung Bukan Keinginan Sendiri Tapi Diajak
Bukan keinginan pribadi tapi diajak teman membuat motivasi kalian kurang, seharusnya kalian bulatkan dulu keinginan kalian mendaki. Misal kalian harus punya tujuan saat mendaki, dan memiliki  motivasi yang kuat untuk melakukan pendakian. Alasan ini bisa membuat kekuatan spritual yang baik untuk kalian dan menjadikan pendakian kalian memiliki nilai lebih dari pengalaman hidup kalian.
Naik Gunung di Musim yang Salah
Mendaki saat musim buruk membuat kalian kapok naik gunung, basahlah, beceklah, dinginlah apapun itu membuat beberapa orang jadi menyesal dan malas naik gunung lagi. Saran yang paling baik adalah mendaki saat cuaca mendukung, pilihlah cuaca dalam cuaca yang baik dan jangan mendaki saat musim badai.
Mendaki dengan Teman yang Salah
Teman kalian rese, berisik, males, ga kompak dan lain sebagainya membuat kesan kalian buruk tentang pendakian, oleh karena itu carilah teman yang enak diajak jalan dan mau berkerja sama demi tercapainya tujuan dari pendakian kalian.
Termakan Film Petualang
Film petualang saat ini cukup banyak dan menjadi sebab utama tingginya antusias orang-orang mendaki saat ini. Memang tidak salah tapi banyak muncul pendaki asal-asalan yang mulai mendaki dengan tujuan karena hanya ingin terlihat keren di sosial medianya, dan mengabaikan beban moral kalian terhadap alam itu sendiri. Mendakilah dengan tujuan yang baik dan banyaklah belajar tentang pendakian yang baik dan benar sesuai dengan etik kita terhadap alam.
Inilah kira-kira alasan kenapa kok kadang ada orang yang kapok naik Gunung, mungkin salah satunya adalah beberapa hal yang disebutkan di atas. Mungkin saran yang paling baik adalah yuk kita belajar tentang manajemen pendakian sebelum melakukan pendakian. Banyak bertanya maka kalian akan dapat banyak ilmu, dan ini bisa membuat perjalanan kalian nyaman dan menyenangkan. 
Selamat Mendaki, Salam Lestari
Berita Terkait!:   TMMD Tambakrejo, Polres Bojonegoro Berikan Materi Bahaya Narkoba

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya