oleh

51 PNS Ikuti Ujian Dinas Kenaikan Pangkat

51 PNS Ikuti Ujian Dinas Kenaikan Pangkat
Muara Enim -Extranews —- Sebanyak 51 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Muara Enim, akan mengikuti ujian dinas kenaikan pangkat tingkat I dan II di Bengkulu Tengah. Sebab, PNS yang ingin naik pangkat dari golongan yang lebih tinggi disyaratkan harus mengikuti ujian dinas dan ujian penyesuaian ijazah.
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Muara Enim Harson Sunardi melalui Kabid Pengembangan Kompetensi Aparatur BKPSDM Muara Enim Helyus Afrian, mengatakan PNS Muara Enim yang akan mengikuti ujian secara keseluruhan sebanyak 51 orang yang terdiri dari ujian dinas tingkat I sebanyak 11 orang, ujian dinas tingkat II sebanyak 5 orang dan Ujian Penyesuaian Ijazah SMA ke S1 sebanyak 35 orang.
“Ujian nanti, bisa saja tidak lulus. Jadi yang tidak lulus ujian, otomatis tidak naik pangkat karena persyaratan mutlak sesuai dengan aturan perundangan-undangan. Tujuannya untuk pengembangan karier dan syarat kenaikan pangkat bagi PNS di lingkungan Pemkab Muara Enim,” jelas Harson, Selasa (3/11).
Ditambahkan Helyus Afrian, materi ujian diantaranya untuk tingkat II dari golongan III ke IV, ada presentasi makalah. Kemudian wawancara dari makalah yang dipaparkan dan penelitian. Tema makalahnya harus sesuai dengan tugas dan fungsi dari PNS yang bersangkutan bertugas. Sehingga dia harus menjelaskan kepada penguji bagaimana dia menjalankan tugasnya sesuai makalah yang dibuat. Setelah presentasi dilakukan wawancara. Kemudian ada juga tes kemampuan penggunaan teknologi informatika seperti pengoperasian komputer.
Ketika ditanya mengapa tidak dilaksanakan di Kabupaten Muara Enim, tambah Helyus, karena Diklat Muara Enim terkendala masalah Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB) dan belum BLUD, karena syaratnya untuk PNPB Diklatnya harus BLUD dan gedung saprasnya harus presentatif. Kalau selama ini, kita mengikuti ujian tersebut di Diklat Baturaja, Lubuk Linggau dan Lahat. Namun karena masalah anggaran di recofucing mereka tidak mengadakan dan yang mengadakan yang paling dekat ada di Provinsi Bengkulu.NH-

Komentar

Berita Hangat Terbaru Lainya