oleh

10 Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula (Tips Hiking For Beginner)

-Berita-392 views
Hai-Para pendaki.. Salam hormat dulu untuk para kakak-senior-suhu yang telah mengenalkan saya ke dunia pendakian kurang lebih 8 tahun yang lalu, tidak terlalu spesial record saya pada olahraga pendakian, tapi saya cukup bersyukur atas pencapaian saya saat ini. Karena dulu sebelum saya nimbrung ke kegiatan ini saya tidak pernah sama sekali membayangkan saya akan berada di berbagai tempat menakjubkan Negara kita ini “Indonesia”.

Hai juga buat kalian semua, yang hendak ingin berkecimpung di hobi baru kalian ini. Salam hangat dan salam kenal untuk kalian semua disana yang masih sangat pemula di kegiatan mendaki, atau kalian yang baru akan mencoba naik gunung, mungkin seminggu atau dua minggu lagi kalian akan menghadapi gunung pertama kalian. Hehee… Satu pesan untuk kalian, banyak baca-baca ya tentang olahraga naik gunung  karena banyak informasi banyak manfaat yang akan kalian dapat dan tentunya akan membantu di kegiatan pendakian kalian nanti.

Okeh kita mulai tipsnya ya, tips ini berdasarkan pengalaman dan hasil observasi baca-baca saya di banyak buku dan banyak blog. Check it Out..
Navigasi

      1.       Belajar Dasar-Dasar Ilmu Pendakian
Mendaki adalah olahraga berat dan banyak sekali resiko yang  mengitarinya, pengetahuan kalian tentang mendaki gunung rendah maka kalian akan membebani diri kalian sendiri kalau terjadi apa-apa dengan kalian. Mempersiapkan adalah lebih baik dari pada terjadi hal yang buruk dan kalian tidak bisa mengatasi hal tersebut, jadi mulai sekarang baca-baca ilmu tentang mendaki gunung. Bagaimana kalian membaca peta, bagaimana kalian membaca kompas, bagaimana kalian mengetahui istilah-istilah pendakian, sistem pendakian, navigasi dan masih banyak lagi. Semua itu sangat penting untuk diketahui oleh para pendaki pemula, mungkin sebagian dari kalian akan berfikir kalau ini adalah hal sepele dan akan mengenyampingkan hal ini.  Tidak ada salahnya kalian bertindak dengan insting kalian, tapi guru bijak saya mengajarkan bahwa orang yang bertindak alami tidak lebih baik dari yang berilmu dan orang yang hanya berilmu tidak lebih baik dari orang yang cerdas dan berilmu dan yang paling terbaik adalah berilmu, cerdas dan berpengalaman. So this is my advice for you.. take it or leave it, it is up to you..
Manajemen Perjalanan
    2.       Pahami Manajemen Perjalanan
Manajemen perjalanan itu mencakup agenda perencanaan waktu dan teknis perjalanan, termasuk hal penting di dalamnya adalah akomodasi dan sistem pembagian kerja (tugas). Percayalah dengan merencanakan perjalanan kalian sebaik mungkin maka perjalanan kalian akan merasa nyaman dan jauh dari resiko konflik yang biasanya terjadi pada kondisi drop kelelahan. Persiapkan dari jauh hari rencana akomodasi kalian dan rencanakan dengan matang, dan jangan lupa untuk membagi tugas kalian nanti di perjalanan, siapa yang membawa logistik, siapa yang membawa peralatan tenda, siapa yang memasak, siapa team sweeper dan masih banyak lagi. Jika hal ini sudah disepakati maka kalian tidak akan saling mengandalkan dan tentu saja perlu ada tenggang rasa jika ada teman satu team kita yang tidak bisa menjalankan tugasnya karena sakit atau kondisi lain..
Rafling
       3.       Pahami Sedikit Ilmu Mountenering
Tali temali adalah hal yang penting untuk kegiatan pendakian, karena ini akan berguna jika kalian menghadapi medan yang aduhai (baca : berbahaya). Jika kalian dituntut untuk turun dengan kemiringan hampir 90 derajat dan kalian perlu membuat Angkor dan Rafling maka kalian akan terbantu jika mengetahuinya teknik ini, atau kalian bisa menggunakan tali untuk memasang tenda dengan baik. Banyak manfaat yang akan didapat jika kalian paham ini, terlebih kalau kalian mendaki Gunung yang levelnya sudah menengah ke atas. J
      4.       Pahami Teknik Survival
Belajar untuk mengetahui cara bertahan hidup di alam liar, ketahui makanan-makanan apa saja yang harus kalian ketahui untuk bisa dikonsumsi. Dimana kita bisa mendapatkan tanaman itu dan bagaimana cara mengolahnya. Bagaimana cara menghadapi hewan buas, ular, macan, beruang, anjing hutan dan lain-lain, apa yang harus kita lakukan supaya mereka tidak mendekat.  Bagaimana membangun bivak dan bagaimana mencari atau mendapatkan air untuk kita bertahan hidup. Kalian bisa membaca atau bertanya kepada orang-orang yang paham akan hal ini. Dijamin kalian akan merasa tenang kalau kalian mengerti hal-hal ini karena kalian lebih siap.

     5.       Cermati dan Siapkan Peralatan Mendaki
Baju, Jakcet, Sleeping Bag, Carrier dan masih banyak lagi harus kalian siapkan sebaik mungkin. Pilih carrier yang sesuai dengan tubuh kalian dan kekuatan kalian, jangan memaksakkan. Gunakan pakaian layer system, jangan gunakan pakian berbahan cotton atau fleec karena sulit sekali kering, gunakan bahan  pakian yang cepat kering. Jangan lupa untuk mempacking yang benar supaya tas tidak membebani kalian pada saat mendaki, dan gunakan carrier yang nyaman untuk kalian. Sleeping bag, jacket dan jas hujan adalah benda yang wajib untuk dibawa saya sangat menyarankan untuk membawa ketiga benda ini karena ini sangat dibutuhkan untuk istirahat waktu malam dan kondisi hujan.  Bawa alat penerang (senter), kompas dan peta gunung yang kalian daki, untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan.
      6.       Siapkan Logistik dan Perbekalan dengan baik
Makanan adalah hal yang sangat-sangat penting saat mendaki gunung, karena ini adalah sumber kehidupan kita dan ini adalah hal mutlak yang harus kita persiapkan. Makanan tinggi kalori dan protein sangat diperlukan dan tentu saja vitamin dan mineral juga harus diperhatikan. Bawalah makanan yang ringkas dan tahan lama, tidak sulit membawanya dan praktis jika dimasak. Air juga adalah hal yang pantang di abaikan, manajemen air juga harus diperhatikan untuk para pendaki karena kehabisan air maka kalian kehabisan langkah kalian. Kompor untuk memasak, bisa menggunakan minyak, gas atau paraffin tinggal pilih sumber api yang akan kalian bawa, periksa kompor dan gas sebelum keberangkatan karena ini akan membuat kalian sangat kesal jika sudah sampai di gunung tapi kompor mati
Logistik Lengkap
     7.  Ikuti Prosedur Pendaftaran di Pihak Balai Taman Nasional
Daftar dengan benar, ditempat yang benar dan secara legal. Jangan gunakan jalur tikus atau jalur yang tidak diperuntukkan untuk pendakian karena akan membuat kalian tersesat dan sudah pasti jalur tikus itu jarang di lalui manusia dan sangat berbahaya. Ikuti dan hormati peraturan Balai Taman Nasional karena kalian berada dalam wilayah kerja mereka dan kalian menjadi tanggung jawab mereka, oleh karena itu mereka memiliki peraturan dan prosedur yang harus di patuhi pada saat mendaki gunung.
       8.       Latihan Fisik dan Mental
Tingkatkan endurance kalian, daya tahan fisik adalah modal penting untuk kesuksesan mendaki. Walaupun hampir lebih dari 50% itu adalah mental, tapi dengan sokongan fisik yang kuat maka kekuatan mental kita pun bertambah. Larilah 3-5x seminggu, lakukan minimal selama 2-3 minggu. Tambahkan porsi kekuatan dengan melakukan pushup 100x/hari dan situp 100x hari, lakukan setiap hari. Berenanglah untuk meningkatkan kekuatan dan kapasitas paru. Latihan ini akan membantu kalian pada saat mendaki gunung dan akan mempercepat pemulihan pasca pendakian. Jangan lupa latihan fisik itu penting!
      9.       Pahami dan Hayati Etika Pendaki
Leave No Trace, bijaklah dalam mendaki gunung. Bawa turun kembali sampah kalian, dan cemari sumber air, jangan membangun tenda dengan menebas pohon dan hal-hal kejahatan lainnya. Jangan minuman keras dan bermain alat musik di gunung, ikuti kearifan lokal yang ada di wilayah setempat, ikuti saja jangan langgar. Tatakrama terhadap alam harus kita patuhi supaya kita tetap nyaman dan aman juga tidak merusak ekosistem hayati di Gunung.
Bersyukur
Berita Terkait!:   Warga Hadiri Penyuluhan Dampak Covid-19 Oleh Satgas TMMD dan Satgas Covid-19

     10.   Mensyukuri Tiap Pencapaian Yang Telah Kalian Capai
Hal yang paling penting dalam kegiatan pendakian adalah rasa syukur, hargai apa yang telah kalian capai dalam mendaki gunung. Bersyukurlah di setiap pos yang kalian capai, jangan berpaku pada puncak yang sejatinya masih jauh di depan kalian. Nikmati perjalanan kalian dan hargai usaha kalian sudah sampai di posisi saat itu dan syukuri atas pencapian kalian. Ini akan memperbaiki psikologis kalian yang akan berdampak positif pada kondisi fisik kalian dan jangan saling melemahkan harus saling memotivasi antar pendaki supaya kalian semua sukses sampai puncak dan pulang dengan selamat.
Itulah kira-kita tips yang bisa saya berikan untuk kalian semua para pemula, jangan mendaki jika tidak ada orang yang berpengalaman di samping kalian. Mendakilah dengan orang yang berpengalaman supaya kalian bisa di bombing untuk tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Satu lagi hal yang paling penting, JANGAN MEREMEHKAN GUNUNG!

Terima kasih sudah membaca, silahkan berlangganan artikel di KilometerIndonesia.Blogspot.com dengan memasukkan email kalian di kolom yang telah disediakan. Jangan plagiat ya! Cantumkan Sumber kalian!

Komentar